• KAKAO INDONESIA merupakan pusat informasi dan jejaring pertama di Indonesia, yang fokus pada komoditas kakao. KAKAO INDONESIA didukung para pakar, praktisi, pabrikan kakao yang ada di Indonesia. Melalui layanan yang disediakan, para pekebun kakao diharapkan bisa mendapatkan informasi teraktual, dan terhubung dengan para pakar kakao terbaik di Indonesia.

    OFFICE: Jl. Duta III no. 11, Pondok Duta I, Cimanggis Jawa Barat. (CALL CANTRE: 085395459624. Email: kakaoindonesia1@gmail.com)

  • Kakao Indonesia menyediakan informasi tentang klon-klon kakao terbaik dan sumber bahan tanam kakao bermutu. Melalui layanan ini, para pekebun kakao di seluruh Indonesia diharapkan bisa memperoleh bahan tanam unggu

     

  • KAKAO INDONESIA menyediakan informasi terkini terkait budidaya kakao. Kami juga siap membantu pekebun kakao yang ingin terhubung dengan praktisi atau para-para ahli kakao terbaik di Indonesia, melalui layanan konsultasi atau pelatihan

    .

  • KAKAO INDONESIA menyediakan informasi terkait pengolahan biji kakao dan pemasaran. Kami juga siap membantu pekebun, kelompok tani, atau GAPOKTAN yang ingin memasok biji kakaonya secara langsung ke "pabrik pengolahan" untuk jumlah besar, dan kepada pemasok besar untuk jumlah yang terbatas. Melalui layanan ini diharapkan para kebun bisa mendapatkan harga jual yang lebih baik.

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterToday158
mod_vvisit_counterYesterday567
mod_vvisit_counterThis week2506
mod_vvisit_counterLast week4450
mod_vvisit_counterThis month16874
mod_vvisit_counterLast month22709
mod_vvisit_counterAll days846603

We have: 13 guests online
Your IP: 34.204.174.110
 , 
Today: May 23, 2022

Bagaimana Koperasi Kakao yang Bikin Petani Sejahtera

PDF Print

JAKARTA-KAKAO INDONESIA. Banyak yang beranggapan bahwa pengembangan koperasi tidak akan memberikan manfaat bagi petani. Namun dari pengalaman di berbagai belahan dunia membuktikan hal yang berbeda. Lembaga yang paling cocok dan efektif mensejahterakan petani adalah koperasi. Lalu seperti apa seharusnya mengembangkan lembaga berbasis kepemilikan anggota tersebut?

Untuk kakao maka koperasi harus memiliki setidaknya 3 fungsi:

Pertama, memfasilitasi pembelian dan pemasaran produk olahan

Kedua, membantu petani mengakses sarana pertanian

Ketiga, memfasilitasi pelatihan petani dan penyusunan SOP.

Kemudian bagaimana pengembangan dan pengelolaan koperasi kakao? Tentu diawali dengan mengumpulkan sejumlah kelompok tani atau sejumlah petani paling sedikit 20 orang untuk bergabung ke dalam koperasi.

Sebisa mungkin dalam proses awal ini dijajaki adanya kemitraan dengan offtaker, sehingga kemudian koperasi menjalankan fungsinya untuk membantu pemasaran. Sementara untuk modal operasional bisa diperoleh dari mitra, simpanan anggota atau pinjaman.

Pada saat pengembangan koperasi penting dibangun profil usaha, luas lahan yang dikelola serta potensi hasil yang dapat diraih. Ini sangat diperlukan untuk menyakinkan offtaker yang bersedia bermitra.

Setelah berjalan maka fungsi yang dijalankan adalah pembelian hasil petani. Koperasi kemudian membeli buah atau biji basah sesuai harga pasar untuk kemudian diolah hingga menjadi kakao fermentasi. Lalu biji fermentasi dijual melalui perusahaan mitra (offtaker).

Keuntungan yang diperoleh kemudian sebagian dikembalikan ke petani dalam bentuk simpanan. Sebagian disisihkan untuk pembelian pupuk dan bibit. Selebihnya masuk ke kas untuk pengembangan usaha.

Selanjutnya petani anggota dapat segera datang ke koperasi untuk mendapatkan bibit dan pupuk tanpa harus mengeluarkan uang. Serta secara berkala mendapatkan pelatihan dari koperasi. Dengan demikian maka produktivitas kebun masyarakat dapat meningkat.

Setelah modal yang dapat dihimpun koperasi semakin besar maka dapat digunakan untuk mengembangkan unit usaha atau menjadi modal untuk mendapatkan pinjam Bank atau dukungan berbagai pihak. Kemudian dapat digunakan untuk pengembangan pengolahan cokelat, agrowisata dan lain-lain.

Dengan metoda demikian maka koperasi akan bisa berkembang menjadi kooporasi petani dan memberikan kesejahteraan pada akhirnya.

 

Call Kakao Indonesia 

+6285395459624

+6285395459624 (WA)

kakaoindonesia1@gmail.com

versi

English French German Italian Portuguese Russian Spanish