• KAKAO INDONESIA merupakan pusat informasi dan jejaring pertama di Indonesia, yang fokus pada komoditas kakao. KAKAO INDONESIA didukung para pakar, praktisi, pabrikan kakao yang ada di Indonesia. Melalui layanan yang disediakan, para pekebun kakao diharapkan bisa mendapatkan informasi teraktual, dan terhubung dengan para pakar kakao terbaik di Indonesia.

    OFFICE: Jl. Duta III no. 11, Pondok Duta I, Cimanggis Jawa Barat. (CALL CANTRE: 085395459624. Email: kakaoindonesia1@gmail.com)

  • Kakao Indonesia menyediakan informasi tentang klon-klon kakao terbaik dan sumber bahan tanam kakao bermutu. Melalui layanan ini, para pekebun kakao di seluruh Indonesia diharapkan bisa memperoleh bahan tanam unggu

     

  • KAKAO INDONESIA menyediakan informasi terkini terkait budidaya kakao. Kami juga siap membantu pekebun kakao yang ingin terhubung dengan praktisi atau para-para ahli kakao terbaik di Indonesia, melalui layanan konsultasi atau pelatihan

    .

  • KAKAO INDONESIA menyediakan informasi terkait pengolahan biji kakao dan pemasaran. Kami juga siap membantu pekebun, kelompok tani, atau GAPOKTAN yang ingin memasok biji kakaonya secara langsung ke "pabrik pengolahan" untuk jumlah besar, dan kepada pemasok besar untuk jumlah yang terbatas. Melalui layanan ini diharapkan para kebun bisa mendapatkan harga jual yang lebih baik.

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterToday17
mod_vvisit_counterYesterday357
mod_vvisit_counterThis week17
mod_vvisit_counterLast week4113
mod_vvisit_counterThis month17
mod_vvisit_counterLast month24145
mod_vvisit_counterAll days956193

We have: 10 guests online
Your IP: 44.200.137.63
 , 
Today: Oct 01, 2022

Inilah Cara Fermentasi Biji Kakao Guna Tingkatkan Mutu dan Pendapatan Petani.

PDF 

JAKARTA-KAKAO INDONESIA. Kurangnya pengetahuan dan kemampuan dalam pemanfaatan teknologi pengolahan hasil, petani kakao alami kesenjangan pendapatan. Petani hanya menjual biji basah yang mana berorientasi pada rendahnya mutu biji kakao yang diproduksi.

Biji kakao yang diperdagangkan oleh petani umumnya biji yang belum melalui proses fermentasi. Sedangkan patokan harga yang digunakan dalam negeri ditentukan dari harga pasar internasional berdasarkan biji yang difermentasi. Hal ini menyebabkan petani mendapatkan harga jual yang lebih rendah.

Biji kakao yang diperdagangkan tanpa melalui proses fermentasi akan berpengaruh pada cita rasa yang dihasilkan. Dimana biji kakao yang difermentasi akan menghasilkan cita rasa khas kakao dan mengurangi rasa pahit serta mengurangi kerusakan lainnya.

Untuk itu perlu diberikannya pengetahuan kepada petani kakao mengenai pengolahan biji kakao sesuai standar. Dengan begitu petani kakao akan terbiasa melakukan fermentasi dan mampu mendapatkan harga jual yang lebih tinggi.

Berikut merupakan langkah yang perlu dilakukan dalam proses fermentasi biji kakao :

1)   Buah kakao hasil panen dibelah kemudian pulp yang menyelimuti bijinya dikeluarkan.

2)   Biji kakao dikumpulkan pada suatu wadah dimana wadah yang digunakan berupa keranjang yang dilapisi daun atau container kayu. Beri lubang kecil di dasar container yang berguna untuk drainase dan aerasi

3)   Biji yang diletakan dalam container tidak diisi penuh, berjarak 10 cm dari atas . lalu permukaan ditutupi dengan daun pisang yang berguna untuk menahan padas dan mencegah kekeringan pada biji.

4)   Container disimpan di atas tanah guna menampung pulp juices yang dihasilka selama fermentasi.

5)   Lamanya fermentasi dalam kotak yaitu 4-6 hari, dengan membalik isi kotak setiap hari dengan memindahkannya ke kotak yang lainnya.

Itulah cara fermentasi yang bisa dilakukan oleh petani kakao agar mendapatkan biji kakao hasil fermentasi yang bermutu dan mendapatkan nilai tambah. (TW)

 

Call Kakao Indonesia 

+6285395459624

+6285395459624 (WA)

kakaoindonesia1@gmail.com

versi

English French German Italian Portuguese Russian Spanish