• KAKAO INDONESIA merupakan pusat informasi dan jejaring pertama di Indonesia, yang fokus pada komoditas kakao. KAKAO INDONESIA didukung para pakar, praktisi, pabrikan kakao yang ada di Indonesia. Melalui layanan yang disediakan, para pekebun kakao diharapkan bisa mendapatkan informasi teraktual, dan terhubung dengan para pakar kakao terbaik di Indonesia.

    OFFICE: Jl. Duta III no. 11, Pondok Duta I, Cimanggis Jawa Barat. (CALL CANTRE: 085395459624. Email: kakaoindonesia1@gmail.com)

  • Kakao Indonesia menyediakan informasi tentang klon-klon kakao terbaik dan sumber bahan tanam kakao bermutu. Melalui layanan ini, para pekebun kakao di seluruh Indonesia diharapkan bisa memperoleh bahan tanam unggu

     

  • KAKAO INDONESIA menyediakan informasi terkini terkait budidaya kakao. Kami juga siap membantu pekebun kakao yang ingin terhubung dengan praktisi atau para-para ahli kakao terbaik di Indonesia, melalui layanan konsultasi atau pelatihan

    .

  • KAKAO INDONESIA menyediakan informasi terkait pengolahan biji kakao dan pemasaran. Kami juga siap membantu pekebun, kelompok tani, atau GAPOKTAN yang ingin memasok biji kakaonya secara langsung ke "pabrik pengolahan" untuk jumlah besar, dan kepada pemasok besar untuk jumlah yang terbatas. Melalui layanan ini diharapkan para kebun bisa mendapatkan harga jual yang lebih baik.

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterToday714
mod_vvisit_counterYesterday2412
mod_vvisit_counterThis week8265
mod_vvisit_counterLast week9347
mod_vvisit_counterThis month21315
mod_vvisit_counterLast month53674
mod_vvisit_counterAll days391619

We have: 61 guests online
Your IP: 54.226.34.209
 , 
Today: Dec 13, 2017

Peta Kakao Indonesia

PDF 

Sumber: Seputar Sulawesi

JAKARTA. KAKAO INDONESIA. Kakao merupakan tanaman rakyat. Mengapa? Karena hampir di seluruh wilayah Indonesia tumbuh tanaman penghasil coklat tersebut. Dan 90 % kebunnya adalah milik petani.

Meskipun demikian, Sulawesi tetap merupakan daerah penghasil kakao terbesar di Indonesia. Dimana 60 persen dari luas kakao Indonesia terdapat di Sulawesi yang menyumbang produksi nasional hingga 500 juta ton.

Lalu urutan kedua adalah Sumatera dengan luas areal mendekati 300 ribu ha, menyumbang produksi hingga 150.000 ton, yang terpusat di Propinsi NAD. Selebihnya tersebar di Pulau Kalimantan, Bali, Maluku, dan Papua.

Tabel. Data Luas Areal dan Produksi Kakao Nasional Per Pulau


 

 

 

 

 

 

 

Sumber: Ditjenbun 2011

Dari kualitas hasil, petani kakao di Sulawesi umumnya paham tentang fermentasi. Namun petani di Sumatera, Bali dan Jawa relatif minim pengetahuannya tentang fermentasi, kecuali yang telah menjadi mitra dari perusahaan pengolahan kakao.

Hanya di beberapa wilayah, pekebunan kakao mulai terancam mengalami konversi. Misalnya saja di Sumatera, di beberapa kabupaten, petani mulai menganti tanaman kakao tuanya dengan sawit. Tentu pertimbangannya adalah alasan ekonomi.

Berbeda dengan kelapa sawit, tata niaga kakao masih membuka ruang spekulasi dan masih memungkikan para pedagang baru masuk pasar. Selain itu variasi harga antar kabupaten bahkan antar desa bisa berbeda sangat signifikan.

Namun , bagi pabrikan, kondisi demikian tidak kemudian dimanfaatkan untuk mendapatkan biji kakao murah. Pasalnya, kedepan, dengan adanya kebijakan BK, mendorong minat perusahaan asing berinvestasi mendirikan pabrik kakao di Indonesia. Sebaiknya, perusahaan pengolahan kakao mulai membangun kemitraan dengan petani.

Tujuannya agar perusahaan bisa mendapatkan jaminan supply, dan bisa mengarahkan petani kepada kualitasn yang sesuai dengan kebutuhan pabrik.

 

Add comment


Security code
Refresh

Call Kakao Indonesia 

+6285395459624

+6285395459624 (WA)

kakaoindonesia1@gmail.com

versi

English French German Italian Portuguese Russian Spanish