• KAKAO INDONESIA merupakan pusat informasi dan jejaring pertama di Indonesia, yang fokus pada komoditas kakao. KAKAO INDONESIA didukung para pakar, praktisi, pabrikan kakao yang ada di Indonesia. Melalui layanan yang disediakan, para pekebun kakao diharapkan bisa mendapatkan informasi teraktual, dan terhubung dengan para pakar kakao terbaik di Indonesia.

    OFFICE: Jl. Duta III no. 11, Pondok Duta I, Cimanggis Jawa Barat. (CALL CANTRE: 085395459624. Email: kakaoindonesia1@gmail.com)

  • Kakao Indonesia menyediakan informasi tentang klon-klon kakao terbaik dan sumber bahan tanam kakao bermutu. Melalui layanan ini, para pekebun kakao di seluruh Indonesia diharapkan bisa memperoleh bahan tanam unggu

     

  • KAKAO INDONESIA menyediakan informasi terkini terkait budidaya kakao. Kami juga siap membantu pekebun kakao yang ingin terhubung dengan praktisi atau para-para ahli kakao terbaik di Indonesia, melalui layanan konsultasi atau pelatihan

    .

  • KAKAO INDONESIA menyediakan informasi terkait pengolahan biji kakao dan pemasaran. Kami juga siap membantu pekebun, kelompok tani, atau GAPOKTAN yang ingin memasok biji kakaonya secara langsung ke "pabrik pengolahan" untuk jumlah besar, dan kepada pemasok besar untuk jumlah yang terbatas. Melalui layanan ini diharapkan para kebun bisa mendapatkan harga jual yang lebih baik.

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterToday1711
mod_vvisit_counterYesterday840
mod_vvisit_counterThis week3871
mod_vvisit_counterLast week3561
mod_vvisit_counterThis month21901
mod_vvisit_counterLast month23515
mod_vvisit_counterAll days1001592

We have: 205 guests online
Your IP: 44.192.52.167
 , 
Today: Nov 30, 2022

Produktivitas Nasional Kakao masih di bawah Potensi, Inilah Strategi Pengembangan yang diperlukan.

PDF Print

JAKARTA-KAKAO INDONESIA. Minat kakao setiap tahunnya semakin meningkat, namun produktivitas nasional rata-rata kakao masih di bawah potensi. Untuk itu diperlukan strategi pengembangan kakao yang tepat dan tersealisasi dengan baik.

Hal ini disampaikan langsung oleh David Tanhungar sub koordinator dari Direktorat Tanaman Tahunan dan Penyegar, dalam webinar Gamal Institute yang bertajuk “Strategi Penyelamatan Kakao Indonesia”, Senin (19/09/2022).

Kakao di Indonesia masih di dominasi oleh tiga daerah yakni Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara dan Sulawesi Selatan. Ketiga daerah ini merupakan sentra Kakao Indonesia.

Rendahnya produktivitas menjadi permasalahan kakao Indonesia yang harus diperhatikan saat ini. Diketahui perkebunan rakyat sekitar 90,75% dari total perkebunan kakao yang ada, dengan tanaman tua/rusak/tidak produktif sekitar 16,26%. Pemeliharaan kurang intensif, inkonsentrasi penerapan GAP dan sarana produksi tidak tersedia.

Menurut David selain pada produktivitasnya, kualitas produksi kakao juga masih terbilang rendah. Hal ini karena manajemen panen dan pascapanen belum optimal, sarana kurang memadai, biji belum fermentasi, produk tidak seragam kualitasnya, belum ada insentif harga dan kurangnya inovasi teknologi.

Untuk menangani permasalahan itu terdapat strategi yang perlu dilakukan yaitu, peningkatan produksi dan produktivitas kakao, peningkatan nilai tambah dan daya saing, perbaikan panen dan pasca panen, serta peningkatan kemampuan sumber daya manusia.

“kita harus melakukan penguatan kelembagaan misalnya koperasi petani. Dan seperti yang kita ketahui pola kemitraan itu ada yang langsung dan tidak langsung. Mungkin dengan adanya webinar ini juga kita bisa berjejaring untuk usaha kakao, missal untuk bermitra dan sebagainya” ujar David Tanhungar.

Adanya koperasi kakao nantinya akan menjadi wadah bagi petani-petani untuk saluran pasar, bantuan dari pemerintah atau bantuan modalnya. Dengan koperasi ini petani mendapatkan manfaatnya meliputi peningkatan posisi tawar petani, jaminan pasar, dan jaminan ketersediaan input. (TW)

 

Call Kakao Indonesia 

+6285395459624

+6285395459624 (WA)

kakaoindonesia1@gmail.com

versi

English French German Italian Portuguese Russian Spanish