• KAKAO INDONESIA merupakan pusat informasi dan jejaring pertama di Indonesia, yang fokus pada komoditas kakao. KAKAO INDONESIA didukung para pakar, praktisi, pabrikan kakao yang ada di Indonesia. Melalui layanan yang disediakan, para pekebun kakao diharapkan bisa mendapatkan informasi teraktual, dan terhubung dengan para pakar kakao terbaik di Indonesia.

    OFFICE: Jl. Duta III no. 11, Pondok Duta I, Cimanggis Jawa Barat. (CALL CANTRE: 085395459624. Email: kakaoindonesia1@gmail.com)

  • Kakao Indonesia menyediakan informasi tentang klon-klon kakao terbaik dan sumber bahan tanam kakao bermutu. Melalui layanan ini, para pekebun kakao di seluruh Indonesia diharapkan bisa memperoleh bahan tanam unggu

     

  • KAKAO INDONESIA menyediakan informasi terkini terkait budidaya kakao. Kami juga siap membantu pekebun kakao yang ingin terhubung dengan praktisi atau para-para ahli kakao terbaik di Indonesia, melalui layanan konsultasi atau pelatihan

    .

  • KAKAO INDONESIA menyediakan informasi terkait pengolahan biji kakao dan pemasaran. Kami juga siap membantu pekebun, kelompok tani, atau GAPOKTAN yang ingin memasok biji kakaonya secara langsung ke "pabrik pengolahan" untuk jumlah besar, dan kepada pemasok besar untuk jumlah yang terbatas. Melalui layanan ini diharapkan para kebun bisa mendapatkan harga jual yang lebih baik.

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterToday617
mod_vvisit_counterYesterday1606
mod_vvisit_counterThis week6084
mod_vvisit_counterLast week4657
mod_vvisit_counterThis month14595
mod_vvisit_counterLast month23036
mod_vvisit_counterAll days918871

We have: 19 guests online
Your IP: 3.235.140.84
 , 
Today: Aug 17, 2022

Ini Masalah Kakao Indonesia Dan Butuh Penanganan

PDF Print

JAKARTA-KAKAO INDONESIA. Saat ini Indonesia menghadapi ancaman usaha perkakao yang tidak berkelanjutan. Saat ini industri mengalami kelesuan akibat menumpuknya setok butter dan kelangkaan bahan baku. Sementara di tingkat petani, meskipun harganya masih cukup baik, namun masalah hama dan penyakit tetap menjadi momok. Karena daya tarik kakao semakin menurun mengakibatkan laju konversi juga meningkat.

Kondisi demikian terjadi karena sejak awal bisnis kakao Indonesia tidak berkelanjutan. Setidaknya dengan beberapa alasan

Pertama, hampir tidak ada kemitraan antara industri dengan perkebunan rakyat. Hubungan yang terbangun hanyalah dagang. Tidak ada aktivitas pendampingan dan investasi perusahaan di perkebunan. Selain itu ketiadaan kemitraan membuat harga di tingkat petani kadang kurang menarik. Sementara pembinaan yang ada tidak jarang mengedukasi petani untuk memasarkan biji basah yang membuat petani kesempatan mendapatkan nilai tambah.

Kedua, tidak ada makenisme pengumpulan dana yang bisa digunakan untuk penelitian terkait pengendalian hama dan inovasi pengembangan teknologi perkebunan. Di kelapa sawit setidaknya ada model pembiayaan dengan dengan kutipan ekspor terhadap CPO.

Ketiga, masih sangat langka koperasi tani kakao. Sehingga manfaat dari tata niaga kakao paling besar dinikmati oleh tengkulak. Padahal dengan adanya koperasi petani bisa kembangkan standarisasi perawatan kebun, unit pengelohan kakao fermentasi dan usaha produk turunan.

Kami beranggapan kalau ketiga masalah ini bisa diatasi, maka keberlanjutan kakao Indonesia dapat diwujudkan.

 

Call Kakao Indonesia 

+6285395459624

+6285395459624 (WA)

kakaoindonesia1@gmail.com

versi

English French German Italian Portuguese Russian Spanish