• KAKAO INDONESIA merupakan pusat informasi dan jejaring pertama di Indonesia, yang fokus pada komoditas kakao. KAKAO INDONESIA didukung para pakar, praktisi, pabrikan kakao yang ada di Indonesia. Melalui layanan yang disediakan, para pekebun kakao diharapkan bisa mendapatkan informasi teraktual, dan terhubung dengan para pakar kakao terbaik di Indonesia.

    OFFICE: Jl. Duta III no. 11, Pondok Duta I, Cimanggis Jawa Barat. (CALL CANTRE: 085395459624. Email: kakaoindonesia1@gmail.com)

  • Kakao Indonesia menyediakan informasi tentang klon-klon kakao terbaik dan sumber bahan tanam kakao bermutu. Melalui layanan ini, para pekebun kakao di seluruh Indonesia diharapkan bisa memperoleh bahan tanam unggu

     

  • KAKAO INDONESIA menyediakan informasi terkini terkait budidaya kakao. Kami juga siap membantu pekebun kakao yang ingin terhubung dengan praktisi atau para-para ahli kakao terbaik di Indonesia, melalui layanan konsultasi atau pelatihan

    .

  • KAKAO INDONESIA menyediakan informasi terkait pengolahan biji kakao dan pemasaran. Kami juga siap membantu pekebun, kelompok tani, atau GAPOKTAN yang ingin memasok biji kakaonya secara langsung ke "pabrik pengolahan" untuk jumlah besar, dan kepada pemasok besar untuk jumlah yang terbatas. Melalui layanan ini diharapkan para kebun bisa mendapatkan harga jual yang lebih baik.

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterToday482
mod_vvisit_counterYesterday478
mod_vvisit_counterThis week960
mod_vvisit_counterLast week5417
mod_vvisit_counterThis month3840
mod_vvisit_counterLast month24867
mod_vvisit_counterAll days680779

We have: 29 guests online
Your IP: 3.81.89.248
 , 
Today: Dec 06, 2021

Kementan Era SYL Revolusi Perbenihan Perkebunan

PDF Print

https://mlld7orvw3cq.i.optimole.com/yUj_eTA.TNP4~54d1d/w:412/h:549/q:auto/https://www.cimmyt.org/content/uploads/2020/02/CIMMYT-Seed-102912-0002.jpg

JAKARTA-KAKAO INDONESIA. Masalah mutu adalah hal yang menjadi isu krusial dalam penyediaan benih tanaman perkebunan. Hanya saja selama ini tidak ada upaya signifikan dalam melakukan perbaikan dalam manajemen penyediaan benih. Namun kabar baiknya pada masa Jokowi khususnya di era kepemimpinan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo dilakukan revoluasi perbenihan perkebunan. Apa sajakah itu?

Menerapkan sertifikasi mandiri. Direktorat Jenderal Perkebunan menginsiasi penerapan sertifikasi mandiri yang sesungguhnya memiliki dasar hukum yang jelas. Tahun 2022 setidaknya akan ada penerapan sertifikasi mandiri pada produsen benih Pusat Penelitian Kopi dan Kakao Indonesia, serta produsen benih PT Palma Inti Lestari. Diharapkan dengan adanya terobosan ini akan segera diikuti produsen yang lain, dengan syarat wajib menerapkan manajemen mutu sehingga benih yang dihasilkan dijamin mutunya.

Menerapkan standarisasi UPTD. Salah satu kendala dalam proses sertifikasi adalah tidak standarnya lembaga yang melakukan sertifikasi. Melalui regulasi yang telah disusun maka UPTD Sertifikasi akan segera diwajibkan menerapkan ISO 9001: 2015 untuk menjamin kualitas pelayanan, petugas yang melakukan sertifikasi harus memiliki sertifikat kompetensi serta laboratorium pengujian mutu benih harus diterakreditasi. UPTD yang tidak memenuhi persyaratan kewenangannya akan dievaluasi.

Menerapkan uji kompetensi produsen benih. Salah satu penyebab tidak terjaminnya mutu benih yang beredar di masyarakat adalah pelaku usaha perbenihan tidak memiliki kemampuan yang memadai. Melalui berbagai terobosan tahun 2021 ini akan segera diterapkan uji kompetensi terhadap penangkar kelapa sawit dan tahun 2022 setiap calon produsen yang ingin mendapatkan izin usaha produksi, pelaku usaha perbenihan benih wajib mengikuti uji kompetensi.

Melakukan percepatan pembangunan kebun induk kelapa hibrida. Tahun 2021 ini Kementerian Pertanian mendorong pengembangan kebun induk kelapa hibrida melalui kerjasama waralaba antara Balai Penelitian Tanaman Palma dengan swasta, sehingga akan dibangun paling sedikit 300 ha kebun induk kelapa hibrida di pulau utama di Indonesia. Ini adalah langkah terobosan mengingat saat ini Indonesia belum memiliki kebun induk kelapa di luar pusat penelitian.

Langkah strategis ini diharapkan dapat meningkatkan mutu dari benih perkebunan yang beradar di masyarakat.

 

Call Kakao Indonesia 

+6285395459624

+6285395459624 (WA)

kakaoindonesia1@gmail.com

versi

English French German Italian Portuguese Russian Spanish