• KAKAO INDONESIA merupakan pusat informasi dan jejaring pertama di Indonesia, yang fokus pada komoditas kakao. KAKAO INDONESIA didukung para pakar, praktisi, pabrikan kakao yang ada di Indonesia. Melalui layanan yang disediakan, para pekebun kakao diharapkan bisa mendapatkan informasi teraktual, dan terhubung dengan para pakar kakao terbaik di Indonesia.

    OFFICE: Jl. Duta III no. 11, Pondok Duta I, Cimanggis Jawa Barat. (CALL CANTRE: 085395459624. Email: kakaoindonesia1@gmail.com)

  • Kakao Indonesia menyediakan informasi tentang klon-klon kakao terbaik dan sumber bahan tanam kakao bermutu. Melalui layanan ini, para pekebun kakao di seluruh Indonesia diharapkan bisa memperoleh bahan tanam unggu

     

  • KAKAO INDONESIA menyediakan informasi terkini terkait budidaya kakao. Kami juga siap membantu pekebun kakao yang ingin terhubung dengan praktisi atau para-para ahli kakao terbaik di Indonesia, melalui layanan konsultasi atau pelatihan

    .

  • KAKAO INDONESIA menyediakan informasi terkait pengolahan biji kakao dan pemasaran. Kami juga siap membantu pekebun, kelompok tani, atau GAPOKTAN yang ingin memasok biji kakaonya secara langsung ke "pabrik pengolahan" untuk jumlah besar, dan kepada pemasok besar untuk jumlah yang terbatas. Melalui layanan ini diharapkan para kebun bisa mendapatkan harga jual yang lebih baik.

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterToday459
mod_vvisit_counterYesterday478
mod_vvisit_counterThis week937
mod_vvisit_counterLast week5417
mod_vvisit_counterThis month3817
mod_vvisit_counterLast month24867
mod_vvisit_counterAll days680756

We have: 18 guests online
Your IP: 3.81.89.248
 , 
Today: Dec 06, 2021

Pengusaha Pemula Kakao, Wajib Tau Klasifikasi Mutu Biji Kakao!

PDF Print

JAKARTA-KAKAO INDONESIA. Sahabat kakao, tentu saja bagi kalian yang baru terjun dalam dunia perkebunan tanaman kakao, pastinya merasa bingung dengan istilah-istilah pada mutu kakao. Padahal mengenal mutu adalah hal yang penting dan wajib diketahui untuk para pengusaha guna mencapai target yang diinginkan.

Klasifikasi atau penggolongan mutu biji kakao kering berdasarkan SNI 2323 terbagi menjadi 3, diantaranya yaitu :

1. Menurut jenis tanaman, biji kakao digolongkan dalam 2 (dua) jenis yaitu jenis mulia (fine cocoa/F) dan jenis lindak (bulk cocoa/B). Adapun ciri dari masing-masing jenis kakao tersebut, antara lain :

a) Kakao jenis mulia (fine cocoa/F), berasal dari tanaman kakao jenis Criolo atau Trinitario, dengan ciri-ciri : buah berwarna merah/merah muda, kulit tipis berbintik-bintik kasar dan lunak, buah bulat telur sampai lonjong, biji besar dan bulat serta memiliki mutu yang baik, berat biji kering lebih dari 1,2 gram dan memiliki kandungan lemak biji kurang dari 56% , kotiledon biji berwarna putih saat masih segar dan bila sudah kering berwarna cerah.

b) Kakao jenis lindak (bulk cocoa/B), berasal dari tanaman kakao jenis Forastero, dengan ciri – ciri buah berwarna hijau, kulit buah tebal, buah umumnya bulat sampai bulat telur, biji buahnya tipis, kecil dan gepeng serta memiliki mutu sedang, berat biji kering rata-rata 1 gram dan memiliki kandungan lemak biji mendekati atau lebih dari 56%, kotiledon berwarna ungu.

 

2. Menurut ukuran biji yang dinyatakan dalam jumlah biji/100 gram, biji kakao dikelompokkan menjadi 5 golongan, yaitu :

a. Golongan AA : maksimal 85 biji/100 gram;

b. Golongan A : 86 - 100 biji/100 gram;

c. Golongan B : 101 - 110 biji/100 gram;

d. Golongan C : 111 – 120 biji/100 gram dan

e. Golongan S : >120 biji/100 gram.

Dari lima golongan tersebut, ukuran biji kakao yang memenuhi kriteria standar eksport adalah golongan AA, A dan B.

3.  Menurut persyaratan mutu, biji kakao kering dikelompokkan menjadi tiga dengan kriteria :

a. Kelas Mutu I : kadar biji berjamur maksimal 2 biji; kadar biji tidak terfermentasi maksimal 3 biji; kadar biji berserangga maksimal 1 biji; kadar kotoran              maksimal 1,5 biji dan kadar biji berkecambah maksimal 2 biji.

b. Kelas Mutu II : kadar biji berjamur maksimal 4 biji; kadar biji tidak terfermentasi maksimal 8 biji; kadar biji berserangga maksimal 2 biji; kadar kotoran              maksimal 2 biji dan kadar biji berkecambah maksimal 3 biji.

c. Kelas Mutu III : kadar biji berjamur maksimal 4 biji; kadar biji tidak terfermentasi maksimal 20 biji; kadar biji berserangga maksimal 2 biji; kadar kotoran           maksimal 3 biji dan kadar biji berkecambah maksimal 3 biji. (AA)

 

 

Call Kakao Indonesia 

+6285395459624

+6285395459624 (WA)

kakaoindonesia1@gmail.com

versi

English French German Italian Portuguese Russian Spanish