• KAKAO INDONESIA merupakan pusat informasi dan jejaring pertama di Indonesia, yang fokus pada komoditas kakao. KAKAO INDONESIA didukung para pakar, praktisi, pabrikan kakao yang ada di Indonesia. Melalui layanan yang disediakan, para pekebun kakao diharapkan bisa mendapatkan informasi teraktual, dan terhubung dengan para pakar kakao terbaik di Indonesia.

    OFFICE: Jl. Duta III no. 11, Pondok Duta I, Cimanggis Jawa Barat. (CALL CANTRE: 085395459624. Email: kakaoindonesia1@gmail.com)

  • Kakao Indonesia menyediakan informasi tentang klon-klon kakao terbaik dan sumber bahan tanam kakao bermutu. Melalui layanan ini, para pekebun kakao di seluruh Indonesia diharapkan bisa memperoleh bahan tanam unggu

     

  • KAKAO INDONESIA menyediakan informasi terkini terkait budidaya kakao. Kami juga siap membantu pekebun kakao yang ingin terhubung dengan praktisi atau para-para ahli kakao terbaik di Indonesia, melalui layanan konsultasi atau pelatihan

    .

  • KAKAO INDONESIA menyediakan informasi terkait pengolahan biji kakao dan pemasaran. Kami juga siap membantu pekebun, kelompok tani, atau GAPOKTAN yang ingin memasok biji kakaonya secara langsung ke "pabrik pengolahan" untuk jumlah besar, dan kepada pemasok besar untuk jumlah yang terbatas. Melalui layanan ini diharapkan para kebun bisa mendapatkan harga jual yang lebih baik.

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterToday228
mod_vvisit_counterYesterday559
mod_vvisit_counterThis week787
mod_vvisit_counterLast week3848
mod_vvisit_counterThis month15320
mod_vvisit_counterLast month26821
mod_vvisit_counterAll days647088

We have: 14 guests online
Your IP: 3.234.211.61
 , 
Today: Oct 25, 2021

Hindari 4 Kesalahan Peremajaan Kakao Dengan Sambung Pucuk

PDF Print

Tips Peremajaan Pada Budidaya Tanaman Kakao Baca Di Sini

JAKARTA-KAKAO INDONESIA. Peremajaan pada kakao bertujuan untuk meningkatkan kembali produksi tanaman kakao yang sudah tidak bereproduksi secara maksimal. Oleh karena itu, selain harus mengerti tentang teknik sambung pucuk pada kakao, kita juga wajib tahu apa saja kesalahan yang bisa menurunkan produksinya, sehingga dapat kita hindari.

Nah apa saja sih kesalahan tersebut?

1.Terlambat melakukan pemotongan pohon induk. Apabila terlambat melakukan pemotongan akibatnya pertumbuhan kurang bagus, lebih rimbun ke samping, karena bagian atas tertutup oleh tangkai pohon induknya.

2.Pemotongan pohon induk terlalu rendah. Pemotongan yang terlalu dekat dengan hasil sambung pucuk terlalu beresiko. Sehingga saat pemotongan perlu di perhatian hal-hal berikut :

a. Kondisi sambungan sudah harus lumayan besar

b. Pemotongan di luar musim kemarau, agar menghindari kekeringan pada pohon induk.

c. Memiliki pohon pelindung yang cukup

3. Hanya menyambung satu mata tunas saja. Banyaknya cekaman dari luar seperti cuaca ekstrem ataupun gangguan hama, mengakibatkan sambung pucuk kakao tidak terjamin pertumbuhannya. Sehingga perlu menyambung lebih dari satu mata tunas, biasanya satu pohon dapat disambung hingga 3 mata tunas.

4.Lupa mengikat hasil sambungan yang sudah produktif. Cuaca yang ekstrem seperti angin kencang dapat merobohkan sambungan kakao apabila hasil sambungannya tidak melekat dengan baik pada tanaman induk, sehingga pada daerah yang memiliki cuaca ekstrem wajib mengikat sambungan agar tetap melekat dengan kokoh. (AA)

 

Call Kakao Indonesia 

+6285395459624

+6285395459624 (WA)

kakaoindonesia1@gmail.com

versi

English French German Italian Portuguese Russian Spanish