• KAKAO INDONESIA merupakan pusat informasi dan jejaring pertama di Indonesia, yang fokus pada komoditas kakao. KAKAO INDONESIA didukung para pakar, praktisi, pabrikan kakao yang ada di Indonesia. Melalui layanan yang disediakan, para pekebun kakao diharapkan bisa mendapatkan informasi teraktual, dan terhubung dengan para pakar kakao terbaik di Indonesia.

    OFFICE: Jl. Duta III no. 11, Pondok Duta I, Cimanggis Jawa Barat. (CALL CANTRE: 085395459624. Email: kakaoindonesia1@gmail.com)

  • Kakao Indonesia menyediakan informasi tentang klon-klon kakao terbaik dan sumber bahan tanam kakao bermutu. Melalui layanan ini, para pekebun kakao di seluruh Indonesia diharapkan bisa memperoleh bahan tanam unggu

     

  • KAKAO INDONESIA menyediakan informasi terkini terkait budidaya kakao. Kami juga siap membantu pekebun kakao yang ingin terhubung dengan praktisi atau para-para ahli kakao terbaik di Indonesia, melalui layanan konsultasi atau pelatihan

    .

  • KAKAO INDONESIA menyediakan informasi terkait pengolahan biji kakao dan pemasaran. Kami juga siap membantu pekebun, kelompok tani, atau GAPOKTAN yang ingin memasok biji kakaonya secara langsung ke "pabrik pengolahan" untuk jumlah besar, dan kepada pemasok besar untuk jumlah yang terbatas. Melalui layanan ini diharapkan para kebun bisa mendapatkan harga jual yang lebih baik.

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterToday251
mod_vvisit_counterYesterday559
mod_vvisit_counterThis week810
mod_vvisit_counterLast week3848
mod_vvisit_counterThis month15343
mod_vvisit_counterLast month26821
mod_vvisit_counterAll days647111

We have: 11 guests online
Your IP: 3.234.211.61
 , 
Today: Oct 25, 2021

Begini Cara Sambung Samping Untuk Rehabilitasi Kakao

PDF Print

 

Teknik sambung samping tanaman kakao - ALAM TANI

JAKARTA-KAKAO INDONESIA. Teknik sambung samping merupakan salah satu upaya yang dapat dilakukan pada tanaman kakao yang produksinya tidak maksimal. Dengan teknik ini, para petani dapat meningkatkan produksi tanpa kehilangan hasil yang banyak.

Langkah pertama yang dilakukan yaitu mempersiapkan entres. Sumber entres yang diambil harus memiliki sumber yang jelas, sehat, dan subur. Batang memiliki warna hijau kecokelatan, tangkai daunnya di potong, entres dipotong-potong dengan panjang 10-12 cm, kira-kira memiliki 3-5 mata tunas.

Selain itu, untuk batang bawah juga harus dalam keadaan sehat. Periksa batang bawah yang dapat dipakai yaitu batang yang kulitnya mudah dibuka dan tidak lengket. Semakin muda dan sehat batang bawah, pejuang keberhasilan sambung samping akan semakin besar.

Selanjutnya, pelaksanaan penyambungan. Batang bawah disayat secara vertikal pada ketinggian 50 cm, jarak antar sayatan 2-3 cm. Ujung atas sayatan dipotong horizontal miring ke bawah. Salah satu sisi entres disayat miring, dengan panjang 2-3 cm. Sisipkan entres pada sayatan kulit batang bawah, lalu tutup kembali dengan lidah kulit batang bawah.

Setelah selesai, entres di tutup dengan kantong plastik dan diikat kuat dengan tali rafia. Usahakan pengikatan kuat agar tidak ada air yang masuk ke dalam plastik.

Dengan mengintroduksi klon-klon unggul pada tanaman yang tidak produktif, membantu petani untuk tetap mendapatkan hasil yang maksimal tanpa melakukan replanting, sehingga meminimalisir kehilangan hasil. (AA)

 

Call Kakao Indonesia 

+6285395459624

+6285395459624 (WA)

kakaoindonesia1@gmail.com

versi

English French German Italian Portuguese Russian Spanish