• KAKAO INDONESIA merupakan pusat informasi dan jejaring pertama di Indonesia, yang fokus pada komoditas kakao. KAKAO INDONESIA didukung para pakar, praktisi, pabrikan kakao yang ada di Indonesia. Melalui layanan yang disediakan, para pekebun kakao diharapkan bisa mendapatkan informasi teraktual, dan terhubung dengan para pakar kakao terbaik di Indonesia.

    OFFICE: Jl. Duta III no. 11, Pondok Duta I, Cimanggis Jawa Barat. (CALL CANTRE: 085395459624. Email: kakaoindonesia1@gmail.com)

  • Kakao Indonesia menyediakan informasi tentang klon-klon kakao terbaik dan sumber bahan tanam kakao bermutu. Melalui layanan ini, para pekebun kakao di seluruh Indonesia diharapkan bisa memperoleh bahan tanam unggu

     

  • KAKAO INDONESIA menyediakan informasi terkini terkait budidaya kakao. Kami juga siap membantu pekebun kakao yang ingin terhubung dengan praktisi atau para-para ahli kakao terbaik di Indonesia, melalui layanan konsultasi atau pelatihan

    .

  • KAKAO INDONESIA menyediakan informasi terkait pengolahan biji kakao dan pemasaran. Kami juga siap membantu pekebun, kelompok tani, atau GAPOKTAN yang ingin memasok biji kakaonya secara langsung ke "pabrik pengolahan" untuk jumlah besar, dan kepada pemasok besar untuk jumlah yang terbatas. Melalui layanan ini diharapkan para kebun bisa mendapatkan harga jual yang lebih baik.

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterToday252
mod_vvisit_counterYesterday559
mod_vvisit_counterThis week811
mod_vvisit_counterLast week3848
mod_vvisit_counterThis month15344
mod_vvisit_counterLast month26821
mod_vvisit_counterAll days647112

We have: 12 guests online
Your IP: 3.234.211.61
 , 
Today: Oct 25, 2021

Ini Dia Syarat Perbanyakan Sambung Pucuk Kakao

PDF Print

JAKARTA-KAKAO INDONESIA. Perbanyakan tanaman kakao dapat dilakukan sambung pucuk. Keunggulan metoda ini, dapat dihasilkan anakan yang sesuai dengan induknya.

Lalu ketentuan apa saja yang perlu diperhatikan dalam melakukan perbanyakan ini?

Batang bawah yang digunakan sudah berumur 2-6 bulan kira-kira memiliki diameter 2 cm, batang bawah diambil dari bibit kakao asal biji. Selain itu batang bawah harus dalam keadaan kuat, sehat dan bebas dari serangan hama penyakit.

Kemudian setelah bibit disambung dipelihara hingga 3-8 bulan. Kriteria siap tanam di lapangan dilihat dari tinggi tanaman yang sudah mencapai 25 cm dari pangkal batang, daun berwarna hijau, dengan diameter minimal 0,5 cm,  serta bebas dari organisme pengganggu tanaman.

Apabila akar batang bawah sudah menembus bagian bawah polybag, maka harus dilakukan pemotongan akar. Lalu mengganti polybag dengan ukuran yang lebih besar.

Bagi para pekebun yang ingin mempraktikkan cara sambung pucuk ini tentunya juga harus memperhatikan hal di atas yaa! (AA)

 

 

Call Kakao Indonesia 

+6285395459624

+6285395459624 (WA)

kakaoindonesia1@gmail.com

versi

English French German Italian Portuguese Russian Spanish