• KAKAO INDONESIA merupakan pusat informasi dan jejaring pertama di Indonesia, yang fokus pada komoditas kakao. KAKAO INDONESIA didukung para pakar, praktisi, pabrikan kakao yang ada di Indonesia. Melalui layanan yang disediakan, para pekebun kakao diharapkan bisa mendapatkan informasi teraktual, dan terhubung dengan para pakar kakao terbaik di Indonesia.

    OFFICE: Jl. Duta III no. 11, Pondok Duta I, Cimanggis Jawa Barat. (CALL CANTRE: 085395459624. Email: kakaoindonesia1@gmail.com)

  • Kakao Indonesia menyediakan informasi tentang klon-klon kakao terbaik dan sumber bahan tanam kakao bermutu. Melalui layanan ini, para pekebun kakao di seluruh Indonesia diharapkan bisa memperoleh bahan tanam unggu

     

  • KAKAO INDONESIA menyediakan informasi terkini terkait budidaya kakao. Kami juga siap membantu pekebun kakao yang ingin terhubung dengan praktisi atau para-para ahli kakao terbaik di Indonesia, melalui layanan konsultasi atau pelatihan

    .

  • KAKAO INDONESIA menyediakan informasi terkait pengolahan biji kakao dan pemasaran. Kami juga siap membantu pekebun, kelompok tani, atau GAPOKTAN yang ingin memasok biji kakaonya secara langsung ke "pabrik pengolahan" untuk jumlah besar, dan kepada pemasok besar untuk jumlah yang terbatas. Melalui layanan ini diharapkan para kebun bisa mendapatkan harga jual yang lebih baik.

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterToday2065
mod_vvisit_counterYesterday2883
mod_vvisit_counterThis week12028
mod_vvisit_counterLast week12518
mod_vvisit_counterThis month14279
mod_vvisit_counterLast month47314
mod_vvisit_counterAll days489164

We have: 40 guests online
Your IP: 3.238.96.184
 , 
Today: May 07, 2021

Kakao Karawang yang Dilupakan

PDF Print

KARAWANG-KAKAO INDONESIA. Dulu masyarakat Karawang khususnya di Kecamatan Tegalwaru sempat menanam kakao. Namun saat ini tinggal cerita.

Asep, Kepala UPTD Pengelolaan Pertanian, Kecamatan Tegalwaru menjelaskan jika petani di Karawang banyak yang meninggalkan kakao menggantinya dengan kopi atau tanaman duren. Alasannya karena harga tidak menarik.

"Di tingkat petani harga biji kering hanya 10 ribu. Sehingga tidak lagi menggairahkan. Di sisi lain petani menghadapi tantangan hama tupai dan penyakit," jelas Asep.

Di Desa Cintalaksana, Kecamatan Tegalwaru, Kabupaten Karawang saat ini tersisa 500 batang dan dari hasil pengamatan tim Kakao Indonesia sudah berubah menjadi hutan kakao.

Padahal kakao karawang harusnya cukup strategis karena lokasinya dekat dari Jakarta dan Bandung. Lokasi perkebunan kakao hanya ditempuh sekitar satu jam dari pintu tol Karawang Barat.

 

Call Kakao Indonesia 

+6285395459624

+6285395459624 (WA)

kakaoindonesia1@gmail.com

versi

English French German Italian Portuguese Russian Spanish