• KAKAO INDONESIA merupakan pusat informasi dan jejaring pertama di Indonesia, yang fokus pada komoditas kakao. KAKAO INDONESIA didukung para pakar, praktisi, pabrikan kakao yang ada di Indonesia. Melalui layanan yang disediakan, para pekebun kakao diharapkan bisa mendapatkan informasi teraktual, dan terhubung dengan para pakar kakao terbaik di Indonesia.

    OFFICE: Jl. Duta III no. 11, Pondok Duta I, Cimanggis Jawa Barat. (CALL CANTRE: 085395459624. Email: kakaoindonesia1@gmail.com)

  • Kakao Indonesia menyediakan informasi tentang klon-klon kakao terbaik dan sumber bahan tanam kakao bermutu. Melalui layanan ini, para pekebun kakao di seluruh Indonesia diharapkan bisa memperoleh bahan tanam unggu

     

  • KAKAO INDONESIA menyediakan informasi terkini terkait budidaya kakao. Kami juga siap membantu pekebun kakao yang ingin terhubung dengan praktisi atau para-para ahli kakao terbaik di Indonesia, melalui layanan konsultasi atau pelatihan

    .

  • KAKAO INDONESIA menyediakan informasi terkait pengolahan biji kakao dan pemasaran. Kami juga siap membantu pekebun, kelompok tani, atau GAPOKTAN yang ingin memasok biji kakaonya secara langsung ke "pabrik pengolahan" untuk jumlah besar, dan kepada pemasok besar untuk jumlah yang terbatas. Melalui layanan ini diharapkan para kebun bisa mendapatkan harga jual yang lebih baik.

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterToday512
mod_vvisit_counterYesterday1622
mod_vvisit_counterThis week2134
mod_vvisit_counterLast week8824
mod_vvisit_counterThis month20519
mod_vvisit_counterLast month27558
mod_vvisit_counterAll days349154

We have: 13 guests online
Your IP: 3.232.96.22
 , 
Today: Jan 18, 2021

Strategi Budidaya Kakao Sukses

PDF Print

JAKARTA - KAKAO INDONESIA Setiap petani berharap tanaman yang dibudidayakan dapat menghasilkan buah berkualitas dan bernilai tinggi, tak terkecuali petani Kakao. Dalam menciptakan tanaman dan hasil yang unggul diperlukan persiapan bahan tanaman yang baik. Dengan begitu, kegiatan budidaya yang dilakukan dapat menghasilkan keuntungan lebih bagi petani.

Dalam menghasilkan Kakao berkualitas yang bernilai tinggi diperlukan persiapan Bahan tanaman untuk kakao yang sukses dan budidaya Kakao terpadu.

Herman Zaini yang merupakan Praktisi Kakao PT Hasfarm International menanggapi hal ini dalam Webinar "Persiapan Bahan Tanam Untuk Kakao yang Sukses" (16/12), di mana ada beberapa faktor yang mempengaruhi bahan tanam Kakao unggul.

"Yang pertama kita harus memakai klon unggul, Yang kedua kita harus memanfaatkan naungan yang selama ini tidak menambah pendapatan, itu harus menambah pendapatan. Saya sarankan kelapa, karena kelapa dengan Kakao itu sangat cocok," kata Herman.

Budidaya Kakao terpadu ini memang harus didukung dengan bahan tanaman unggul, sehingga petani harus memperhatikan klon yang digunakan.

"Ada beberapa klon unggul seperti MCC 01, dimana hasilnya lebih dari 303.000 kg per hektar," lanjutnya

Adapun beberapa klon unggul lainnya seperti MCC 02/M 45, Sulawesi 1, Sulawesi 2, ICCRI 03, ICCRI 04, dan lainnya. Dengan memakai klon unggul ini maka pendapatan petani akan meningkat dan menguntungkan.

Sedangkan untuk pupuk, Pak Herman menyarankan, untuk mendukung budidaya, pupuk yang harus dibeli oleh petani yang berkualitas. "Disarankan petani memelihara ternak sapi."

Saat membeli bibit, Anda harus memastikan legalitasnya. Anda bisa mendapatkan bibit dari penangkar yang mempunyai izin usaha produsen benih, legalitas benih seperti sertifikat mutu benih, label biru, Hasil pengujian benih di laboratorium, legalitas sumber entres serta memiliki hasil pemeriksaan dari UPTD perkebunan setempat.

"ingin membeli bibit dari penangkar bibit, kalau bibitnya tidak legal, itu tidak bisa dipasarkan ke pemerintah, jadi kita harapkan menggunakan bibit legal. Legalitasnya harus diperhatikan." Ucapnya

 

Call Kakao Indonesia 

+6285395459624

+6285395459624 (WA)

kakaoindonesia1@gmail.com

versi

English French German Italian Portuguese Russian Spanish