• KAKAO INDONESIA merupakan pusat informasi dan jejaring pertama di Indonesia, yang fokus pada komoditas kakao. KAKAO INDONESIA didukung para pakar, praktisi, pabrikan kakao yang ada di Indonesia. Melalui layanan yang disediakan, para pekebun kakao diharapkan bisa mendapatkan informasi teraktual, dan terhubung dengan para pakar kakao terbaik di Indonesia.

    OFFICE: Jl. Duta III no. 11, Pondok Duta I, Cimanggis Jawa Barat. (CALL CANTRE: 085395459624. Email: kakaoindonesia1@gmail.com)

  • Kakao Indonesia menyediakan informasi tentang klon-klon kakao terbaik dan sumber bahan tanam kakao bermutu. Melalui layanan ini, para pekebun kakao di seluruh Indonesia diharapkan bisa memperoleh bahan tanam unggu

     

  • KAKAO INDONESIA menyediakan informasi terkini terkait budidaya kakao. Kami juga siap membantu pekebun kakao yang ingin terhubung dengan praktisi atau para-para ahli kakao terbaik di Indonesia, melalui layanan konsultasi atau pelatihan

    .

  • KAKAO INDONESIA menyediakan informasi terkait pengolahan biji kakao dan pemasaran. Kami juga siap membantu pekebun, kelompok tani, atau GAPOKTAN yang ingin memasok biji kakaonya secara langsung ke "pabrik pengolahan" untuk jumlah besar, dan kepada pemasok besar untuk jumlah yang terbatas. Melalui layanan ini diharapkan para kebun bisa mendapatkan harga jual yang lebih baik.

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterToday544
mod_vvisit_counterYesterday1622
mod_vvisit_counterThis week2166
mod_vvisit_counterLast week8824
mod_vvisit_counterThis month20551
mod_vvisit_counterLast month27558
mod_vvisit_counterAll days349186

We have: 18 guests online
Your IP: 3.232.96.22
 , 
Today: Jan 18, 2021

Proses Fermentasi Kakao Bean Mengacu Standar Puslitkoka

PDF Print

JAKARTA - KAKAO INDONESIA. Fermentasi adalah proses agar biji kakao mengeluarkan aroma khas cokelat. Nah, ingin tahu bagaimana trik fermentasi sesuai  rekomendasi Pusat Penelitian Kopi dan Kakao Jember? Mari simak informasi berikut!

Bean Kakao yang telah diproses pengupasan akan diolah melalui fermentasi. Pada biji kakao diproses melalui tahap penyimpanan dengan meletakkannya di tempat khusus, berupa kotak kayu yang diselimuti karung goni. Warna biji akan berubah seiring waktu penyimpanan berjalan.

Selama proses, biji harus dibalik setelah kurun waktu 2 hari agar fermentasi merata.

Susunan kotak diatas memiliki standart ukuran kotak agar mendapatkan aroma dan cipta rasa sesuai capaian. Ukuran dalam kotak fermentasi menjadi faktor penentu rasa dan aroma.

Setelah proses fermentasi, akan dilakukan penjemuran hingga kadar air 7 persen. Lalu diproses dengan mesin pengayaan untuk membedakan dan mengelompokkan biji kakao berdasarkan ukuran. Hasil dari pembedaan ukuran bean dibagi menjadi ukuran besar, sedang dan kecil dari mesin pengayaan, setelah itu dikirim ke pengolahan pabrik sebagai produk jadinya.




 

Call Kakao Indonesia 

+6285395459624

+6285395459624 (WA)

kakaoindonesia1@gmail.com

versi

English French German Italian Portuguese Russian Spanish