• KAKAO INDONESIA merupakan pusat informasi dan jejaring pertama di Indonesia, yang fokus pada komoditas kakao. KAKAO INDONESIA didukung para pakar, praktisi, pabrikan kakao yang ada di Indonesia. Melalui layanan yang disediakan, para pekebun kakao diharapkan bisa mendapatkan informasi teraktual, dan terhubung dengan para pakar kakao terbaik di Indonesia.

    OFFICE: Jl. Duta III no. 11, Pondok Duta I, Cimanggis Jawa Barat. (CALL CANTRE: 085395459624. Email: kakaoindonesia1@gmail.com)

  • Kakao Indonesia menyediakan informasi tentang klon-klon kakao terbaik dan sumber bahan tanam kakao bermutu. Melalui layanan ini, para pekebun kakao di seluruh Indonesia diharapkan bisa memperoleh bahan tanam unggu

     

  • KAKAO INDONESIA menyediakan informasi terkini terkait budidaya kakao. Kami juga siap membantu pekebun kakao yang ingin terhubung dengan praktisi atau para-para ahli kakao terbaik di Indonesia, melalui layanan konsultasi atau pelatihan

    .

  • KAKAO INDONESIA menyediakan informasi terkait pengolahan biji kakao dan pemasaran. Kami juga siap membantu pekebun, kelompok tani, atau GAPOKTAN yang ingin memasok biji kakaonya secara langsung ke "pabrik pengolahan" untuk jumlah besar, dan kepada pemasok besar untuk jumlah yang terbatas. Melalui layanan ini diharapkan para kebun bisa mendapatkan harga jual yang lebih baik.

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterToday179
mod_vvisit_counterYesterday849
mod_vvisit_counterThis week4888
mod_vvisit_counterLast week6764
mod_vvisit_counterThis month28447
mod_vvisit_counterLast month33362
mod_vvisit_counterAll days235954

We have: 10 guests online
Your IP: 75.101.220.230
 , 
Today: Sep 30, 2020

Ketahanan Kakao pada Penyakit

PDF Print

Penerapan study laborat secara inokulasi mempunyai ketahanan yang berbeda. Factor pengaruh perkembangan berhubungan dengan pembusukan buah terhadap terinfeksi dari P. palmivora. Perlakuan Analisa metode silang alel gen menghasilkan informasi tentang daya gabung secara umum dan khusus, bahkan meghasilkan heterosis untuk pemulihan kakao.

Uji penelitian dikembangkan melalui infeksi bakteri murni P.palmivora dengan pengingkubasian kultur. Upaya penggabungan dalam klon kakao mempunyai pengaruh yang nyata terhadap metode alel gen yang dibuat. Hal ini adanya fungsi adivitas alel berhubungan langsung dengan efek kuantitatif, sehingga karakter tinggi jorget dan pembungaan kakao terekspresi sebagai hasil banyaknya gen. Hipositesis yang didapat bahwa terdapat kombinasi persilangan tetua tertentu menghasilkan hibrida yang diinginkan.

Penelitian menggunakan populasi turunan antar pasangan tetua sebagai heterozigot. Memperhatikan dalam daya gabung bahwa rerata keturunan unggul berasal dari tetua, secara system khusus merupakan konsekuensi dari interaksi gen intra alel (dominan) dan interaksi gen antar alel (epistasis). Pada pewarisan karakter ketahanan dapat dijadikan kriteria seleksi, terutama pemilihan tetua dalam persilangan sebagai varietas hibrida atau secara sintetik kakao (Rubiyo, dkk. 2011).

 

Produksi kakao penyebab penyakit (Vascular Streak Dieback) VSD yang merupakan penyakit pembuluh kayu pada batang disebabkan oleh cendawan. Penyakit ini tersebar melalui angin dari spora yang terbang kemudian menempel dan berkoloni pada jaringan. Ciri terinfeksinya berwarna kecokelatan. Melalui penginduksian untuk meningkatkan kemampuan mempertahankan diri dari serangan penyakit tersebut dengan cara memberikan unsur S, K, Ca, Mn dan B (Hari, dkk. 2019).

Ketahanan kakao tergantung kondisi cekamannya, hingga batas pertahanannya menghadapi intensitas variasi bermacam level penyakitnya. Jika terinfeksipun perlu penangan segera sebelum menjalar ke organ tumbuhan lainnya. Rentan daya tahan secara genetic alel induk tumbuhan lebih kuat dari yang lebih muda. Diterapkan juga terhadap uji persilangan pada daya tahan cekaman penyakit, bahwa hasil dominan gabungan persilangan berbeda daya tahannya terhadap penyakit dari induknya sendiri.

Reference:

Rubiyo, dkk. 2011. Pendugaan daya gabung dan heterosis ketahaan tanaman kakao (Theobroma cacao L.) terhadap penyakit busuk buah (Phytophthora palmivora). Jurnal Litri, Vol. 17, No.3, Hal. 124-131.

Harni, Rita., dkk. 2019. Penyakit vascular streak dieback (VSD) pada tanaman kakao, perkembangan teknologi pegendalian dan strategi penerapannya. Jurnal perspektif, Vol.18, No.2, Hal. 120-134.

 

Call Kakao Indonesia 

+6285395459624

+6285395459624 (WA)

kakaoindonesia1@gmail.com

versi

English French German Italian Portuguese Russian Spanish