• KAKAO INDONESIA merupakan pusat informasi dan jejaring pertama di Indonesia, yang fokus pada komoditas kakao. KAKAO INDONESIA didukung para pakar, praktisi, pabrikan kakao yang ada di Indonesia. Melalui layanan yang disediakan, para pekebun kakao diharapkan bisa mendapatkan informasi teraktual, dan terhubung dengan para pakar kakao terbaik di Indonesia.

    OFFICE: Jl. Duta III no. 11, Pondok Duta I, Cimanggis Jawa Barat. (CALL CANTRE: 085395459624. Email: kakaoindonesia1@gmail.com)

  • Kakao Indonesia menyediakan informasi tentang klon-klon kakao terbaik dan sumber bahan tanam kakao bermutu. Melalui layanan ini, para pekebun kakao di seluruh Indonesia diharapkan bisa memperoleh bahan tanam unggu

     

  • KAKAO INDONESIA menyediakan informasi terkini terkait budidaya kakao. Kami juga siap membantu pekebun kakao yang ingin terhubung dengan praktisi atau para-para ahli kakao terbaik di Indonesia, melalui layanan konsultasi atau pelatihan

    .

  • KAKAO INDONESIA menyediakan informasi terkait pengolahan biji kakao dan pemasaran. Kami juga siap membantu pekebun, kelompok tani, atau GAPOKTAN yang ingin memasok biji kakaonya secara langsung ke "pabrik pengolahan" untuk jumlah besar, dan kepada pemasok besar untuk jumlah yang terbatas. Melalui layanan ini diharapkan para kebun bisa mendapatkan harga jual yang lebih baik.

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterToday191
mod_vvisit_counterYesterday918
mod_vvisit_counterThis week6710
mod_vvisit_counterLast week10394
mod_vvisit_counterThis month6710
mod_vvisit_counterLast month30043
mod_vvisit_counterAll days180855

We have: 15 guests online
Your IP: 3.228.220.31
 , 
Today: Aug 07, 2020

Abu Sekam pada Penyimpanan Benih Kakao

PDF Print

JAKARTA-KAKAO INDONESIA. Abu sekam padi merupakan bahan desikan yang biasa digunakan oleh para petani untuk mempertahankan penyimpanan daya tumbuh benih. Karena bahan tersebut bermanfaat untuk menyerap kelembaban udara di sekitar benih.

Kandungan air benih dapat meningkat serta respirasi juga meningkat disebabkan oleh kelembaban udara yang tinggi. Hal tersebut juga mengakibatkan benih kehilangan daya tumbuhnya dengan cepat, karena terjadi pencadangan makanan secara besar.

Pemberian abu sekam padi untuk bahan dasar penyimpanan benih kakao menjadi objek penelitian para peneliti dari Pusat Penelitian Kopi dan Kakao (2012). Rancangan pemberian abu sekam padi pada 100 benih kakao mulai dari, 0 gram, 5 gram, 10 gram, 15 gram dan 20 gram.

Benih kakao disimpan dalam kantong plastik kedap udara, lalu dimasukkan ke dalam peti karton suhu ruangan selama satu 1, 2 hingga 3 minggu. Setiap minggu dilakukan pemeriksaan mulai dari daya hantar listrik air rendaman, daya berkecambah, kemunculan bibit perdana, tinggi bibit, berat kering bibit diameter, jumlah akar dan lainnya.

Dari penelitian tersebut diketahui jika pemberian abu sekam padi sebanyak 5 sampai 10 gram pada 100 benih kakao, mampu mempertahankan daya hantar listrik, dengan persentase daya kecambah 99-100%, serta presentase sebesar 79-91% kemunculan tunas, untuk penyimpanan benih berlangsung selama dua minggu.

Sementara pemberian abu sekam padi sebanyak 5 sampai 10 gram jenis kakao yang disimpan selama 2 minggu hanya berpengaruh pada tinggi bibit kakao, dan sisanya tidak berpengaruh, misalnya terhadap jumlah daun, diameter batang, berat kering, panjang akar bibit kakao.

 

Call Kakao Indonesia 

+6285395459624

+6285395459624 (WA)

kakaoindonesia1@gmail.com

versi

English French German Italian Portuguese Russian Spanish