• KAKAO INDONESIA merupakan pusat informasi dan jejaring pertama di Indonesia, yang fokus pada komoditas kakao. KAKAO INDONESIA didukung para pakar, praktisi, pabrikan kakao yang ada di Indonesia. Melalui layanan yang disediakan, para pekebun kakao diharapkan bisa mendapatkan informasi teraktual, dan terhubung dengan para pakar kakao terbaik di Indonesia.

    OFFICE: Jl. Duta III no. 11, Pondok Duta I, Cimanggis Jawa Barat. (CALL CANTRE: 085395459624. Email: kakaoindonesia1@gmail.com)

  • Kakao Indonesia menyediakan informasi tentang klon-klon kakao terbaik dan sumber bahan tanam kakao bermutu. Melalui layanan ini, para pekebun kakao di seluruh Indonesia diharapkan bisa memperoleh bahan tanam unggu

     

  • KAKAO INDONESIA menyediakan informasi terkini terkait budidaya kakao. Kami juga siap membantu pekebun kakao yang ingin terhubung dengan praktisi atau para-para ahli kakao terbaik di Indonesia, melalui layanan konsultasi atau pelatihan

    .

  • KAKAO INDONESIA menyediakan informasi terkait pengolahan biji kakao dan pemasaran. Kami juga siap membantu pekebun, kelompok tani, atau GAPOKTAN yang ingin memasok biji kakaonya secara langsung ke "pabrik pengolahan" untuk jumlah besar, dan kepada pemasok besar untuk jumlah yang terbatas. Melalui layanan ini diharapkan para kebun bisa mendapatkan harga jual yang lebih baik.

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterToday255
mod_vvisit_counterYesterday919
mod_vvisit_counterThis week3913
mod_vvisit_counterLast week5589
mod_vvisit_counterThis month1174
mod_vvisit_counterLast month25595
mod_vvisit_counterAll days289050

We have: 17 guests online
Your IP: 3.215.182.81
 , 
Today: Apr 02, 2020

Cara Budidaya Kakao Organik

PDF 

JAKARTA-KAKAO INDONESIA. Selain dapat menekan biaya produksi, budidaya kakao organik juga dapat tingkatkan produktivitas kakao yang tentunya ramah lingkungan. Tanaman kakao akan mempunyai sistem imun yang kuat terhadap hama dan penyakit serta tekstur tanah akan lebih subur.

Langkah pertama yaitu persiapan lahan. Bersihkan alang-alang dan gulma lainnya. Gunakan tanaman penutup tanah terutama jenis polong-polongan guna mencegah pertumbuhan gulma jenis rerumputan.

Dalam pembibitan harus diperhatikan dulu persiapan media. Campurkan pupuk organik dan pupuk kandang sebagai bahan campuran media. Dengan menyiram 1 kali setiap pagi hari dapat membantu bibit terjaga kelembabannya, dan setelah bibit berumur 21 hari bisa dipindahkan ke polibag hingga siap tanam saat berumur 2-6 bulan. Biasanya jenis bibit/ varietas yang dianjurkan yaitu klon lokal.

Pada saat penanaman sebelumnya sudah disiapkan lubang tanam dengan ukuran 60×60. Tanaman pelindung sudah ditanam satu tahun sebelumnya seperti Lamtoro atau Gleresidae.

Dalam pemeliharaan harus dipersiapkan pemangkasan dan pemupukannya. Pemangkasan bertujuan untuk mengoptimalkan fotosintesis sehingga merangsang peningkatan bunga dan buah, perawatan bentuk peremajaan, serta menekan resiko berkembangnya hama dan penyakit pada kakao. Pemupukan dapat dilakukan dengan menabur pupuk secara merata pada Tanaman Belum Menghasilkan (TBM) sesuai dosis penggunaanya.

Pada saat panen, buah yang sudah masak (umur 4-5 bulan) ditandai dengan perubahan warna kulit. Dan pasca panen dilakukan fermentasi yang merupakan inti pengolahan biji kakao, yaitu proses terbentuknya calon citarasa khas cokelat. Selanjutnya yaitu pengeringan yang bertujuan menurunkan kadar air dari 60% menjadi 6-7% saja. Kemudian tahap sortasi untuk memisahkan biji kakao dari kotoran yang tersangkut. Mutu biji kakao dikelompokkan berdasarkan persyaratan menurut Standar Nasional Indonesia (SNI). Dan yang terakhir yaitu penyimpanan yang biasanya biji kakao dikemas dalam wadah yang kuat, bersih, dan tidak terkontaminasi bau tajam. Biasanya biji disimpan menggunakan karung goni.

 

Add comment


Security code
Refresh

Call Kakao Indonesia 

+6285395459624

+6285395459624 (WA)

kakaoindonesia1@gmail.com

versi

English French German Italian Portuguese Russian Spanish