• KAKAO INDONESIA merupakan pusat informasi dan jejaring pertama di Indonesia, yang fokus pada komoditas kakao. KAKAO INDONESIA didukung para pakar, praktisi, pabrikan kakao yang ada di Indonesia. Melalui layanan yang disediakan, para pekebun kakao diharapkan bisa mendapatkan informasi teraktual, dan terhubung dengan para pakar kakao terbaik di Indonesia.

    OFFICE: Jl. Duta III no. 11, Pondok Duta I, Cimanggis Jawa Barat. (CALL CANTRE: 085395459624. Email: kakaoindonesia1@gmail.com)

  • Kakao Indonesia menyediakan informasi tentang klon-klon kakao terbaik dan sumber bahan tanam kakao bermutu. Melalui layanan ini, para pekebun kakao di seluruh Indonesia diharapkan bisa memperoleh bahan tanam unggu

     

  • KAKAO INDONESIA menyediakan informasi terkini terkait budidaya kakao. Kami juga siap membantu pekebun kakao yang ingin terhubung dengan praktisi atau para-para ahli kakao terbaik di Indonesia, melalui layanan konsultasi atau pelatihan

    .

  • KAKAO INDONESIA menyediakan informasi terkait pengolahan biji kakao dan pemasaran. Kami juga siap membantu pekebun, kelompok tani, atau GAPOKTAN yang ingin memasok biji kakaonya secara langsung ke "pabrik pengolahan" untuk jumlah besar, dan kepada pemasok besar untuk jumlah yang terbatas. Melalui layanan ini diharapkan para kebun bisa mendapatkan harga jual yang lebih baik.

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterToday248
mod_vvisit_counterYesterday919
mod_vvisit_counterThis week3906
mod_vvisit_counterLast week5589
mod_vvisit_counterThis month1167
mod_vvisit_counterLast month25595
mod_vvisit_counterAll days289043

We have: 12 guests online
Your IP: 3.215.182.81
 , 
Today: Apr 02, 2020

Pembangunan KI Kakao Gagal Terbangun ?

PDF 

https://novitaadeputri.files.wordpress.com/2017/12/kakao.png?w=506&h=284

JAKARTA-KAKAO INDONESIA. Salah satu program pemerintah yang sangat strategis adalah pembangunan kebun induk. Hanya sampai saat ini masih sangat terbatas kebun induk kakao yang berhasil ditetapkan.

Saat ini banyak daerah yang menganggap pembangunan kebun induk hanya sekedar proyek sampingan sehingga kurang tertangani dengan serius. Padahal berpotensi menjadi sumber pendapatan asli daerah ketika kebun sudah menghasilkan.

Sebagai gambaran, kebun induk seluas 2 ha di Kabupaten Lima Puluh Kota, Sumatera Barat dapat memproduksi benih hingga 1,6 juta kecambah. Dengan asumsi harga Rp. 1.000 maka bisa diperoleh pendapatan kotor hingga Rp. 1,6 Milyar.

Ironisnya, kebun induk kakao yang dibangun sejak tahun 2015 belum ada yang ditetapkan. Demikian juga untuk kebun-kebun benih yang dibangun lebih awal belum dapat tergambarkan potensi untuk dapat ditetapkan sebagai sumber benih.

Ada dugaan kondisi demikian terjadi karena pemerintah daerah belum menganggap pentingnya fasilitas ini. Sehingga pengerjaan tidak tuntas. Padahal pemeliharaan kebun induk tersebut dapat kemudian dikerjasamakan kepada penangkar lokal. Pasalnya untuk produsen bibit kakao, kebun sumber benih benih kakao merupakan aset yang sangat berharga.

Tahun 2020 ini Kementerian Pertanian mengalokasikan dana untuk pembangunan kebun induk kakao seluas 117 ha. Tepatnya di provinsi Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara dan Papua Barat. Tentunya diharapkan kebun ini dikembangkan dengan baik sehingga 5 tahun ke depan sudah dapat dimanfaatkan untuk menghasilkan benih kakao yang kebutuhan setiap tahunnya cukup tinggi dan menjadi sumber pendapatan asli daerah.

 

Add comment


Security code
Refresh

Call Kakao Indonesia 

+6285395459624

+6285395459624 (WA)

kakaoindonesia1@gmail.com

versi

English French German Italian Portuguese Russian Spanish