• KAKAO INDONESIA merupakan pusat informasi dan jejaring pertama di Indonesia, yang fokus pada komoditas kakao. KAKAO INDONESIA didukung para pakar, praktisi, pabrikan kakao yang ada di Indonesia. Melalui layanan yang disediakan, para pekebun kakao diharapkan bisa mendapatkan informasi teraktual, dan terhubung dengan para pakar kakao terbaik di Indonesia.

    OFFICE: Jl. Duta III no. 11, Pondok Duta I, Cimanggis Jawa Barat. (CALL CANTRE: 085395459624. Email: kakaoindonesia1@gmail.com)

  • Kakao Indonesia menyediakan informasi tentang klon-klon kakao terbaik dan sumber bahan tanam kakao bermutu. Melalui layanan ini, para pekebun kakao di seluruh Indonesia diharapkan bisa memperoleh bahan tanam unggu

     

  • KAKAO INDONESIA menyediakan informasi terkini terkait budidaya kakao. Kami juga siap membantu pekebun kakao yang ingin terhubung dengan praktisi atau para-para ahli kakao terbaik di Indonesia, melalui layanan konsultasi atau pelatihan

    .

  • KAKAO INDONESIA menyediakan informasi terkait pengolahan biji kakao dan pemasaran. Kami juga siap membantu pekebun, kelompok tani, atau GAPOKTAN yang ingin memasok biji kakaonya secara langsung ke "pabrik pengolahan" untuk jumlah besar, dan kepada pemasok besar untuk jumlah yang terbatas. Melalui layanan ini diharapkan para kebun bisa mendapatkan harga jual yang lebih baik.

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterToday256
mod_vvisit_counterYesterday919
mod_vvisit_counterThis week3914
mod_vvisit_counterLast week5589
mod_vvisit_counterThis month1175
mod_vvisit_counterLast month25595
mod_vvisit_counterAll days289051

We have: 17 guests online
Your IP: 3.215.182.81
 , 
Today: Apr 02, 2020

Ini Dia Kebun Induk Kakao di Papua

PDF 

JAYAPURA-KAKAO INDONESIA. Ternyata Papua tidak hanya terkenal dengan mutu biji kakaonya yang prima. Ternyata di Provinsi terujung tersebut juga terdapat sumber benih kakao.

Terdapat kebun induk seluas 10 Ha di Besum, Kampung Karya Bumi Distrik/Kecamatan Namblong Kabupaten Jayapura Provinsi Papua. Lokasinya dapat dijangkau 1,5 jam dari Jayapura. Kebun ini sendiri merupakan milik Pemerintah Daerah Provinsi Papua.

Gambar. Tampilan Kebun Induk Besum

Menurut Terry T. Ansanay, Kepala Balai Benih Induk Tanaman Perkebunan Provinsi Papua, potensi produksi dari kebun induk Besom mencapai 200.000 biji. Adapun waktu panen efektif atau bulan ketersediaannya panen besar di bulan Juni dan Juli, serta di Bulan November dan Desember.

“Kebun ini dibangun sejak tahun 1993/1994. Dengan koleksi indukan yang cukup beragam yakni TSH 858, ICS 60, ICS 3 dan UIT 1 berfungsi sebagai induk betina dan Sca 6 dan Sca12 sebagai induk jantan”, jelas Terry.

Benih ini selain memenuhi kebutuhan Papua juga telah tersebar hingga ke Provinsi lainnya. Sebagaimana ketentuan yang berlaku batang bawah untuk bibit kakao harus berasal dari kebun induk kakao.

 

Add comment


Security code
Refresh

Call Kakao Indonesia 

+6285395459624

+6285395459624 (WA)

kakaoindonesia1@gmail.com

versi

English French German Italian Portuguese Russian Spanish