• KAKAO INDONESIA merupakan pusat informasi dan jejaring pertama di Indonesia, yang fokus pada komoditas kakao. KAKAO INDONESIA didukung para pakar, praktisi, pabrikan kakao yang ada di Indonesia. Melalui layanan yang disediakan, para pekebun kakao diharapkan bisa mendapatkan informasi teraktual, dan terhubung dengan para pakar kakao terbaik di Indonesia.

    OFFICE: Jl. Duta III no. 11, Pondok Duta I, Cimanggis Jawa Barat. (CALL CANTRE: 085395459624. Email: kakaoindonesia1@gmail.com)

  • Kakao Indonesia menyediakan informasi tentang klon-klon kakao terbaik dan sumber bahan tanam kakao bermutu. Melalui layanan ini, para pekebun kakao di seluruh Indonesia diharapkan bisa memperoleh bahan tanam unggu

     

  • KAKAO INDONESIA menyediakan informasi terkini terkait budidaya kakao. Kami juga siap membantu pekebun kakao yang ingin terhubung dengan praktisi atau para-para ahli kakao terbaik di Indonesia, melalui layanan konsultasi atau pelatihan

    .

  • KAKAO INDONESIA menyediakan informasi terkait pengolahan biji kakao dan pemasaran. Kami juga siap membantu pekebun, kelompok tani, atau GAPOKTAN yang ingin memasok biji kakaonya secara langsung ke "pabrik pengolahan" untuk jumlah besar, dan kepada pemasok besar untuk jumlah yang terbatas. Melalui layanan ini diharapkan para kebun bisa mendapatkan harga jual yang lebih baik.

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterToday669
mod_vvisit_counterYesterday814
mod_vvisit_counterThis week669
mod_vvisit_counterLast week6481
mod_vvisit_counterThis month16938
mod_vvisit_counterLast month27618
mod_vvisit_counterAll days257334

We have: 10 guests online
Your IP: 34.204.183.113
 , 
Today: Feb 22, 2020

Cara Mengatasi Busuk Buah Kakao

PDF 

JAKARTA-KAKAO INDONESIA. Busuk buah (phytoptora palmivora) pada kakao masih menjadi masalah bagi petani. Musim penghujan menjadi salah satu alasan mengapa terjadinya busuk buah. Petani khawatir, kakao yang mengalami busuk buah akan menyebar ke buah kakao yang lainnya dan membuat kerugian besar.

Menurut Fahir Fadil petani kakao asal sulawesi selatan, penyakit busuk buah merupakan salah satu momok bagi petani kakao dan sulit diatasi jika sudah terserang. Penyakit ini disebabkan oleh jamur Phytoptora palmivora, yang menyebabkan buah busuk buah yang mikroorganisme patogen itu berasal dari tanah dan menyukai kelembapan.

Di musim hujan ini sangat rentan dengan busuk buah, karena jamur mudah menyebar melalui percikan air hujan. Hal ini seringkali dibahas dan bisa disiasati dengan panen sering, pemupukan, dan sanitasi (P3S) namun teknik ini  kadang tidak sepenuhnya mencegah serangan busuk buah.

“Busuk buah hanya bisa dihadapi dengan tanam klon unggul yang tahan dengan busuk buah dan pemangkasan secara rutin untuk menjaga kelembapan kebun” imbuhnya.

Sebaiknya juga tidak menanam pohon pelindung dengan jarak yang terlalu rapat agar sinar matahari bisa masuk ke dalam kebun. Kemudian melakukan penyemprotan agen hayati untuk mencegah buah sehat agar tidak tertular, ucap Fahir.

 

Add comment


Security code
Refresh

Call Kakao Indonesia 

+6285395459624

+6285395459624 (WA)

kakaoindonesia1@gmail.com

versi

English French German Italian Portuguese Russian Spanish