• KAKAO INDONESIA merupakan pusat informasi dan jejaring pertama di Indonesia, yang fokus pada komoditas kakao. KAKAO INDONESIA didukung para pakar, praktisi, pabrikan kakao yang ada di Indonesia. Melalui layanan yang disediakan, para pekebun kakao diharapkan bisa mendapatkan informasi teraktual, dan terhubung dengan para pakar kakao terbaik di Indonesia.

    OFFICE: Jl. Duta III no. 11, Pondok Duta I, Cimanggis Jawa Barat. (CALL CANTRE: 085395459624. Email: kakaoindonesia1@gmail.com)

  • Kakao Indonesia menyediakan informasi tentang klon-klon kakao terbaik dan sumber bahan tanam kakao bermutu. Melalui layanan ini, para pekebun kakao di seluruh Indonesia diharapkan bisa memperoleh bahan tanam unggu

     

  • KAKAO INDONESIA menyediakan informasi terkini terkait budidaya kakao. Kami juga siap membantu pekebun kakao yang ingin terhubung dengan praktisi atau para-para ahli kakao terbaik di Indonesia, melalui layanan konsultasi atau pelatihan

    .

  • KAKAO INDONESIA menyediakan informasi terkait pengolahan biji kakao dan pemasaran. Kami juga siap membantu pekebun, kelompok tani, atau GAPOKTAN yang ingin memasok biji kakaonya secara langsung ke "pabrik pengolahan" untuk jumlah besar, dan kepada pemasok besar untuk jumlah yang terbatas. Melalui layanan ini diharapkan para kebun bisa mendapatkan harga jual yang lebih baik.

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterToday134
mod_vvisit_counterYesterday918
mod_vvisit_counterThis week6653
mod_vvisit_counterLast week10394
mod_vvisit_counterThis month6653
mod_vvisit_counterLast month30043
mod_vvisit_counterAll days180798

We have: 17 guests online
Your IP: 3.228.220.31
 , 
Today: Aug 07, 2020

Manisnya Bisnis Kebun Sumber Benih Kakao

PDF Print

PADANG-KAKAO INDONESIA. Tidak banyak yang mengetahui jika penyediaan benih kakao merupakan bisnis yang sangat menggiurkan. Selain pasarnya tersedia setiap tahunnya, dan kebutuhannya cenderung melesat setiap tahunnya.

Seperti halnya kebun induk kakao yang berlokasi di Kabupaten Lima Puluh Kota. Dengan luasan hanya 2 ha bisa memproduksi benih kakao hingga 1,3 juta biji setiap tahunnya. Pendapatan yang ia peroleh daru dari kebun sumber benih tersebut cukup fantastis. Dengan asumsi harga biji Rp. 1000, maka pendapatan yang dapat dibukukan sekitar Rp. 1,3 Milyar.

Sementara itu kebun entres milik Suheri seluas 2 dapat menghasilkan entres sebanyak 40 ribu batang. Dengan harga entres yang memiliki sembilan mata Rp. 3000/batang maka income yang dapat diraup petani kakao asal Kabupaten Tanah Datar tersebut mencapai 120 ribu juta per tahun.

Bandingkan dengan pendapatan dari kebun produksi. Dengan asumsi produksi per ha 1 ton maka untuk 2 ha dapat diperoleh hasil sekitar 2 ton. Dengan asumsi harga Rp. 30.000,- maka pendapatan yang bisa dibukukan berada di angka Rp. 60 juta.

Tentu bisnis benih akan menarik jika pemiliki kebun sumber benih memahami pasar dengan baik dan memiliki pembeli tetap khususnya dari para penangkar. Selain itu aspek pemeliharaan kebun induk dan entres tentu lebih intensif pada kebun produksi.

Aspek legal adalah hal harus diperhatikan. Pasalnya memproduksi dan mengedarkan benih tidak sesuai ketentuan dapat berujung pada sanksi pidana. Sehingga produsen benih wajib memahami regulasi perbenihan dengan baik.

 

 

Call Kakao Indonesia 

+6285395459624

+6285395459624 (WA)

kakaoindonesia1@gmail.com

versi

English French German Italian Portuguese Russian Spanish