• KAKAO INDONESIA merupakan pusat informasi dan jejaring pertama di Indonesia, yang fokus pada komoditas kakao. KAKAO INDONESIA didukung para pakar, praktisi, pabrikan kakao yang ada di Indonesia. Melalui layanan yang disediakan, para pekebun kakao diharapkan bisa mendapatkan informasi teraktual, dan terhubung dengan para pakar kakao terbaik di Indonesia.

    OFFICE: Jl. Duta III no. 11, Pondok Duta I, Cimanggis Jawa Barat. (CALL CANTRE: 085395459624. Email: kakaoindonesia1@gmail.com)

  • Kakao Indonesia menyediakan informasi tentang klon-klon kakao terbaik dan sumber bahan tanam kakao bermutu. Melalui layanan ini, para pekebun kakao di seluruh Indonesia diharapkan bisa memperoleh bahan tanam unggu

     

  • KAKAO INDONESIA menyediakan informasi terkini terkait budidaya kakao. Kami juga siap membantu pekebun kakao yang ingin terhubung dengan praktisi atau para-para ahli kakao terbaik di Indonesia, melalui layanan konsultasi atau pelatihan

    .

  • KAKAO INDONESIA menyediakan informasi terkait pengolahan biji kakao dan pemasaran. Kami juga siap membantu pekebun, kelompok tani, atau GAPOKTAN yang ingin memasok biji kakaonya secara langsung ke "pabrik pengolahan" untuk jumlah besar, dan kepada pemasok besar untuk jumlah yang terbatas. Melalui layanan ini diharapkan para kebun bisa mendapatkan harga jual yang lebih baik.

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterToday628
mod_vvisit_counterYesterday814
mod_vvisit_counterThis week628
mod_vvisit_counterLast week6481
mod_vvisit_counterThis month16897
mod_vvisit_counterLast month27618
mod_vvisit_counterAll days257293

We have: 7 guests online
Your IP: 34.204.183.113
 , 
Today: Feb 22, 2020

Perkebunan Kakao Butuh Anak Muda

PDF 

KENDARI-KAKAO INDONESIA. Usman S.P atau yang lebih dikenal dengan sapaan Emmang sudah tidak asing lagi bagi petani kakao di Kolaka Utara. Pasalnya mantan petugas perkebunan kini aktif menjadi pembina generasi muda di Kabupaten yang ada Sulawesi Tenggara tersebut.

Emmang melakukan insiatif membina dan melatih generasi muda untuk menjadi petani yang hebat sejak tahun 2012. Ia membagi pengalaman dan pengetahuan yang dimiliki dalam hal mengurus kebun kakao. Saat komoditas kakao sedang menurun seperti saat ini, maka akan sangat membutuhkan inovasi dan kretivitas dari petani muda yang dapat berkontribusi pada peningkatan produksi dan mutu.

"Generasi muda harus dibina dan dilatih untuk menjadi petani yang mampu menguasai pengetahuan dibidangnya. Sehingga mereka hadir sebagai agen perubahan dan dapat mencegah petani tidak mudah dibohongi pedagang, jelasnya.

Dari hasil tangan madasnya beberapa petani muda binaanya ada yang mendapatkan penghargaan. Yaitu juara harapan II dalam kebun kakao berproduksi tinggi, juara I kategori kebun kakao sehat pada lomba revitalisasi kebun kakao tahun 2019 silam .

Sementara terkait petugas dari pemerintah ia berharap agar pendamping petani dibekali wawasan dalam berbisnis kakao dan mengetahui secara mendalam kebutuhan petani. Karena, , menurutnya, petugas yang ada belum kurang mengerti persoalan mendasar dari perkebunan kakao rakyat.

"Saya mau generasi muda di sini menjadi petani yang pintar. Generasi yang percaya akan potensi dirinya, sehingga dapat meninggalkan kebiasaan buruk dengan menggantikannya ke hal yang lebih positif lagi. Salah satunya dengan menjadi petani kakao yang hebat” imbuhnya.

 

Add comment


Security code
Refresh

Call Kakao Indonesia 

+6285395459624

+6285395459624 (WA)

kakaoindonesia1@gmail.com

versi

English French German Italian Portuguese Russian Spanish