• KAKAO INDONESIA merupakan pusat informasi dan jejaring pertama di Indonesia, yang fokus pada komoditas kakao. KAKAO INDONESIA didukung para pakar, praktisi, pabrikan kakao yang ada di Indonesia. Melalui layanan yang disediakan, para pekebun kakao diharapkan bisa mendapatkan informasi teraktual, dan terhubung dengan para pakar kakao terbaik di Indonesia.

    OFFICE: Jl. Duta III no. 11, Pondok Duta I, Cimanggis Jawa Barat. (CALL CANTRE: 085395459624. Email: kakaoindonesia1@gmail.com)

  • Kakao Indonesia menyediakan informasi tentang klon-klon kakao terbaik dan sumber bahan tanam kakao bermutu. Melalui layanan ini, para pekebun kakao di seluruh Indonesia diharapkan bisa memperoleh bahan tanam unggu

     

  • KAKAO INDONESIA menyediakan informasi terkini terkait budidaya kakao. Kami juga siap membantu pekebun kakao yang ingin terhubung dengan praktisi atau para-para ahli kakao terbaik di Indonesia, melalui layanan konsultasi atau pelatihan

    .

  • KAKAO INDONESIA menyediakan informasi terkait pengolahan biji kakao dan pemasaran. Kami juga siap membantu pekebun, kelompok tani, atau GAPOKTAN yang ingin memasok biji kakaonya secara langsung ke "pabrik pengolahan" untuk jumlah besar, dan kepada pemasok besar untuk jumlah yang terbatas. Melalui layanan ini diharapkan para kebun bisa mendapatkan harga jual yang lebih baik.

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterToday485
mod_vvisit_counterYesterday736
mod_vvisit_counterThis week2274
mod_vvisit_counterLast week4650
mod_vvisit_counterThis month11643
mod_vvisit_counterLast month21921
mod_vvisit_counterAll days178985

We have: 4 guests online
Your IP: 35.173.234.140
 , 
Today: Nov 19, 2019

Pringsewu Segera Kembangkan Kampung Benih Kakao

PDF 

JAKARTA-KAKAO INDONESIA. Sebagai salah satu sentra pengembangan kakao di Provinsi Lampung, Kabupaten Pringsewu bersiap-siap untuk mengembangkan Kampung Benih Kakao yang digadang menjadi pusat pertumbuhan ekonomi masyarakat.

Menurut Wakil Bupati Pringsewu, Dr.H.Fauzi, S.E., M.Kom., Akt., C.A., C.M.A, mulai tahun 2020 pemerintah daerah akan mengakselerasi pengembangan Kampung Benih yang terpusat di Kecamatan Pagelaran, Kabupaten Pringsewu. Dengan pertimbangan, di kawasan tersebut telah terbangun nusery kakao modern binaan dari Barry Callebaut.

“Di Kampung Benih Kakao itu akan dikembangkan kebun entres, Desa Mandiri Benih, kebun koleksi plasma nutfah, pusat pelatihan dan pembibitan modern serta kebun kakao yang dibangun menggunakan klon-klon terbaru. Kampung ini akan dibangun dalam satu kawasan dengan melibatkan partisipasi masyarakat”, jelas Fauzi.

Selain itu, Pemda Pringsewu tengah menjajaki kemungkinan untuk teribat dalam program BUN 500. Saat ini tengah diinventarisir lahan milik pemerintah seluas 5 ha untuk lokasi pengembangna nursery dan kebun sumber benih  modern.

Melalui pengembangan Kampung Benih Kakao ini Kabupaten Pringsewu dapat berkontribusi dalam penyediaan bibit bermutu baik untuk Provinsi Lampung maupun Provinsi sekitar. Selain itu pengembangan Kampung Benih Kakao ini diharapkan juga dapat mendorong tumbuhnya usaha perbenihan.

Sementara itu Gamal Nasir, pengamat perkebunan, mengapresiasi langkah strategis yang dilakukan Pemeirntah Daerah Kabupaten Pringsewu. Menurutnya itu adalah salah satu bentuk implementasi pengembangan kawasan.

“Saya harapkan Kampung Benih Kakao dapat menjadi pusat pertumbuhan ekonomi karena kawasan tersbut dapat dikembangkan menjadi agrowisata atau pusat pembibitan benih skala nasional. Ketika itu Kampung tersebut terbangun dengan baik maka akan sangat besar kemungkinan akan menarik investor atau para pelaku usaha untuk mengembangkan usaha lain yang terkait dengan Kampung Benih Perkebunan”, jelas Gamal.

Setidaknya ide pengembangan Kampung Benih Kakao sesuatu yang orisinil dan belum pernah dikembangkan di Kabupaten lainnya. Sehingga ini menunjukkan pimpinan daerah di Pringsewu memiliki kreativitas dalam pengembangan usaha masyarakat.

 

 

Add comment


Security code
Refresh

Call Kakao Indonesia 

+6285395459624

+6285395459624 (WA)

kakaoindonesia1@gmail.com

versi

English French German Italian Portuguese Russian Spanish