• KAKAO INDONESIA merupakan pusat informasi dan jejaring pertama di Indonesia, yang fokus pada komoditas kakao. KAKAO INDONESIA didukung para pakar, praktisi, pabrikan kakao yang ada di Indonesia. Melalui layanan yang disediakan, para pekebun kakao diharapkan bisa mendapatkan informasi teraktual, dan terhubung dengan para pakar kakao terbaik di Indonesia.

    OFFICE: Jl. Duta III no. 11, Pondok Duta I, Cimanggis Jawa Barat. (CALL CANTRE: 085395459624. Email: kakaoindonesia1@gmail.com)

  • Kakao Indonesia menyediakan informasi tentang klon-klon kakao terbaik dan sumber bahan tanam kakao bermutu. Melalui layanan ini, para pekebun kakao di seluruh Indonesia diharapkan bisa memperoleh bahan tanam unggu

     

  • KAKAO INDONESIA menyediakan informasi terkini terkait budidaya kakao. Kami juga siap membantu pekebun kakao yang ingin terhubung dengan praktisi atau para-para ahli kakao terbaik di Indonesia, melalui layanan konsultasi atau pelatihan

    .

  • KAKAO INDONESIA menyediakan informasi terkait pengolahan biji kakao dan pemasaran. Kami juga siap membantu pekebun, kelompok tani, atau GAPOKTAN yang ingin memasok biji kakaonya secara langsung ke "pabrik pengolahan" untuk jumlah besar, dan kepada pemasok besar untuk jumlah yang terbatas. Melalui layanan ini diharapkan para kebun bisa mendapatkan harga jual yang lebih baik.

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterToday496
mod_vvisit_counterYesterday736
mod_vvisit_counterThis week2285
mod_vvisit_counterLast week4650
mod_vvisit_counterThis month11654
mod_vvisit_counterLast month21921
mod_vvisit_counterAll days178996

We have: 5 guests online
Your IP: 35.173.234.140
 , 
Today: Nov 19, 2019

KOPBUN Penghasil Biji Kakao Bersertifikat

PDF 

BANDA ACEH-KAKAO INDONESIA. Tidak banyak petani kakao di Indonesia yang memproduksi kakao bersertifikat organik atau berkelanjutan. Padahal saat ini trend kebutuhan kakao bersertifikat cenderung meningkat.

Koperasi Perkebunan Kakao Bireuen mencoba memanfaat peluang tersebut dengan mengembangkan perkebunan kakao organik dan menerapkan pengelolaan kebun secara berkelanjutan. Sehingga saat ini kebunnya telah memiliki sertifikat UTZ.

Gambar. Tanaman Kakao yang Dikelola secara Organik Milik Anggota KOPBUN

Lahan yang milik anggota KOPBUN dengan pengelolaan secara organik seluas 200 ha dengan potensi produksi 150 ton per tahun untuk kakao fermentasi. Dengan adanya sertifikasi UTZ petani anggota koperasi mampu menjual biji kakao fermentasi dengan harga hingga Rp. 50.000/kg. Dari hasil penjualan kakao premium anggota KOPBUN berhasil mendapatkan mendapatkan premi hingga Rp. 2,4 M pada tahun 2018.

Tahun ini Koperasi yang berada di Desa Mee Teungoh Kabupaten Bireuen Provinsi Aceh ini, menargetkan memasarkan kakao premium sebanyak 50 ton. Kerjasama dengan pemilik café atau produsen cokelat premium masih terbuka luas.

Pengalaman Koperasi Perkebunan kakao Bireuen membuktikan penguatan kelembagaan dan pengembangan kakao premium dapat menjadi solusi peningkatan kesejahteraan petani. Jejak KOPBUN tentunya dapat menjadi contoh bagi petani di daerah lain.

 

Add comment


Security code
Refresh

Call Kakao Indonesia 

+6285395459624

+6285395459624 (WA)

kakaoindonesia1@gmail.com

versi

English French German Italian Portuguese Russian Spanish