• KAKAO INDONESIA merupakan pusat informasi dan jejaring pertama di Indonesia, yang fokus pada komoditas kakao. KAKAO INDONESIA didukung para pakar, praktisi, pabrikan kakao yang ada di Indonesia. Melalui layanan yang disediakan, para pekebun kakao diharapkan bisa mendapatkan informasi teraktual, dan terhubung dengan para pakar kakao terbaik di Indonesia.

    OFFICE: Jl. Duta III no. 11, Pondok Duta I, Cimanggis Jawa Barat. (CALL CANTRE: 085395459624. Email: kakaoindonesia1@gmail.com)

  • Kakao Indonesia menyediakan informasi tentang klon-klon kakao terbaik dan sumber bahan tanam kakao bermutu. Melalui layanan ini, para pekebun kakao di seluruh Indonesia diharapkan bisa memperoleh bahan tanam unggu

     

  • KAKAO INDONESIA menyediakan informasi terkini terkait budidaya kakao. Kami juga siap membantu pekebun kakao yang ingin terhubung dengan praktisi atau para-para ahli kakao terbaik di Indonesia, melalui layanan konsultasi atau pelatihan

    .

  • KAKAO INDONESIA menyediakan informasi terkait pengolahan biji kakao dan pemasaran. Kami juga siap membantu pekebun, kelompok tani, atau GAPOKTAN yang ingin memasok biji kakaonya secara langsung ke "pabrik pengolahan" untuk jumlah besar, dan kepada pemasok besar untuk jumlah yang terbatas. Melalui layanan ini diharapkan para kebun bisa mendapatkan harga jual yang lebih baik.

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterToday445
mod_vvisit_counterYesterday412
mod_vvisit_counterThis week857
mod_vvisit_counterLast week4490
mod_vvisit_counterThis month14624
mod_vvisit_counterLast month19555
mod_vvisit_counterAll days139543

We have: 14 guests online
Your IP: 18.206.16.123
 , 
Today: Sep 22, 2019

Peneliti: Sulawesi 1 Tahan Kekeringan

PDF 

https://cdn.japantimes.2xx.jp/wp-content/uploads/2017/09/f-ethichoc-a-20170916-870x579.jpg

JAKARTA-KAKAO INDONESIA. Kekeringan merupakan salah satu ancaman terhadap perkebunan kakao ke depan. Salah satu strategi untuk mengurangi dampak kerugian adalah dengan menanam tanaman tahan kekeringan.

Peneliti dari UGM dan Pusat Penelitian Kopi dan Kakao menyebutkan jika kekeringan dapat menciptakan stress pada tanaman dan mengakibatkan produksi berlebihan reactive oxygen species (ROS), seperti superoxide ion (O2-), hydrogen peroxide (H2O2) dan hydroxyl radicals (OH-). ROS mengakibatkan kerusakan pada komponen selular seperti membran sel, protein, asam nukleus.

Selain itu ROS juga dapat merusak pigmen klorofil dan menghambat fotosintesis dan aktivitas psikologis lainnya. Agar dapat bertahan tanaman kakao melakukan respon dengan memproduksi senyawa biokimia untuk melindungi sel dari ROS. Salah satunya dengann memproduksi antioksidan.

Para peneliti tersebut menemukan jika dalam kondisi kekeringan penurunan jumlah klorofil, peningkatan ROS pada klon Sulawesi 1 relatif rendah dibandingkan ICS 60. Sehingga disimpulkan Sulawesi 1 relatif lebih tahan terhadap kekeringan dibandingkan klon ICS 60.

Penggunaan klon Sulawesi 1 sangat dianjurkan untuk daerah yang memiliki bulan kekeringan yang lebih panjang. Selain itu untuk menghadapi anomali iklim penggunaan kombinasi klon Sulawesi 1 dengan klon lain dapat menjadi strategi mengurangi dampak kehilangan akibat kekeringan.

 

Add comment


Security code
Refresh

Call Kakao Indonesia 

+6285395459624

+6285395459624 (WA)

kakaoindonesia1@gmail.com

versi

English French German Italian Portuguese Russian Spanish