• KAKAO INDONESIA merupakan pusat informasi dan jejaring pertama di Indonesia, yang fokus pada komoditas kakao. KAKAO INDONESIA didukung para pakar, praktisi, pabrikan kakao yang ada di Indonesia. Melalui layanan yang disediakan, para pekebun kakao diharapkan bisa mendapatkan informasi teraktual, dan terhubung dengan para pakar kakao terbaik di Indonesia.

    OFFICE: Jl. Duta III no. 11, Pondok Duta I, Cimanggis Jawa Barat. (CALL CANTRE: 085395459624. Email: kakaoindonesia1@gmail.com)

  • Kakao Indonesia menyediakan informasi tentang klon-klon kakao terbaik dan sumber bahan tanam kakao bermutu. Melalui layanan ini, para pekebun kakao di seluruh Indonesia diharapkan bisa memperoleh bahan tanam unggu

     

  • KAKAO INDONESIA menyediakan informasi terkini terkait budidaya kakao. Kami juga siap membantu pekebun kakao yang ingin terhubung dengan praktisi atau para-para ahli kakao terbaik di Indonesia, melalui layanan konsultasi atau pelatihan

    .

  • KAKAO INDONESIA menyediakan informasi terkait pengolahan biji kakao dan pemasaran. Kami juga siap membantu pekebun, kelompok tani, atau GAPOKTAN yang ingin memasok biji kakaonya secara langsung ke "pabrik pengolahan" untuk jumlah besar, dan kepada pemasok besar untuk jumlah yang terbatas. Melalui layanan ini diharapkan para kebun bisa mendapatkan harga jual yang lebih baik.

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterToday202
mod_vvisit_counterYesterday533
mod_vvisit_counterThis week4456
mod_vvisit_counterLast week3906
mod_vvisit_counterThis month14983
mod_vvisit_counterLast month5364
mod_vvisit_counterAll days120347

We have: 31 guests online
Your IP: 18.232.53.231
 , 
Today: Aug 24, 2019

Melirik Potensi Ketersediaan Bibit Perkebunan

PDF 

JAKARTA-KAKAO INDONESIA. Berdasarkan data dari Direktorat Jenderal Perkebunan, jumlah produsen benih perkebunan se Indonesia tercatat sebanyak 951, dengan mayoritas merupakan penangkar benih tanaman perkebunan.

Pada tahun 2019 ini bibit yang ada di penangkar mencapai 65 juta batang untuk 8 komoditas unggul yakni kelapa, karet, kopi, kakao, lada, pala, cengkeh dan kelapa sawit. Namun menurut Ketua Perkumpulan Penangkar Benih Tanaman Perkebunan Indonesia (PPBTPI), Badaruddin Puang Sabang, potensi penyediaan bibit bisa melampaui angka itu mengingat penangkar melakukan penyediaan benih sesuai dengan kebutuhan. Ia juga mengaku belum semua bibit yang ada dipenangkar terserap oleh pasar.

“Saat ini kami melalui PPBTPI mendorong akselerasi penerapan standarisasi benih mengacu pada SNI. Sehingga benih yang dihasilkan oleh setiap penangkar anggota PPBTPI di berbagai provinsi memiliki kualitas yang standar dan berkualitas. Hal ini diwujudkan melalui standarisasi pengembangan nursey dan sistem produksi benih melalui SOP yang tengah disusun oleh pengurus PPBTPI yang nanti menjadi acuan semua anggota”, jelas Badaruddin.

 

Add comment


Security code
Refresh

Call Kakao Indonesia 

+6285395459624

+6285395459624 (WA)

kakaoindonesia1@gmail.com

versi

English French German Italian Portuguese Russian Spanish