• KAKAO INDONESIA merupakan pusat informasi dan jejaring pertama di Indonesia, yang fokus pada komoditas kakao. KAKAO INDONESIA didukung para pakar, praktisi, pabrikan kakao yang ada di Indonesia. Melalui layanan yang disediakan, para pekebun kakao diharapkan bisa mendapatkan informasi teraktual, dan terhubung dengan para pakar kakao terbaik di Indonesia.

    OFFICE: Jl. Duta III no. 11, Pondok Duta I, Cimanggis Jawa Barat. (CALL CANTRE: 085395459624. Email: kakaoindonesia1@gmail.com)

  • Kakao Indonesia menyediakan informasi tentang klon-klon kakao terbaik dan sumber bahan tanam kakao bermutu. Melalui layanan ini, para pekebun kakao di seluruh Indonesia diharapkan bisa memperoleh bahan tanam unggu

     

  • KAKAO INDONESIA menyediakan informasi terkini terkait budidaya kakao. Kami juga siap membantu pekebun kakao yang ingin terhubung dengan praktisi atau para-para ahli kakao terbaik di Indonesia, melalui layanan konsultasi atau pelatihan

    .

  • KAKAO INDONESIA menyediakan informasi terkait pengolahan biji kakao dan pemasaran. Kami juga siap membantu pekebun, kelompok tani, atau GAPOKTAN yang ingin memasok biji kakaonya secara langsung ke "pabrik pengolahan" untuk jumlah besar, dan kepada pemasok besar untuk jumlah yang terbatas. Melalui layanan ini diharapkan para kebun bisa mendapatkan harga jual yang lebih baik.

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterToday191
mod_vvisit_counterYesterday533
mod_vvisit_counterThis week4445
mod_vvisit_counterLast week3906
mod_vvisit_counterThis month14972
mod_vvisit_counterLast month5364
mod_vvisit_counterAll days120336

We have: 32 guests online
Your IP: 18.232.53.231
 , 
Today: Aug 24, 2019

Persiapan Sebelum Pananaman Kakao

PDF 

JAKARTA-KAKAO INDONESIA. Banyak pekebun yang tidak menyadari pentingnya persiapan lahan sebelum penanaman bibit. Sementara fokus calon petani kakao hanya pada penyiapan bibit.

Menurut pentunjuk teknis yang dikeluarkan oleh Pusat Penelitian Kopi dan Kakao (Puslitkoka) Indonesia ada beberapa hal yang harus dilakukan petani sebelum melakukan penanaman bibit.

Pertama, adalah menyiapkan dan menanam penaung tetap atau penaung sementara. Adapun penaung tetap bisa berupa gamal, kelapa, lamtoro atau tanaman lainnya. Untuk penaung sementar yang lazim digunakan dipakai adalah pisang. Penaung ini perlu disiapkan mengingat kakao tidak menyukai kondisi penyinaran mata hari 100 persen.

Kedua, adalah penyiapan lubang tanam hingga 60 x 60 x 60 cm. Hal ini perlu diperhatikan. Ada banyak pekebun yang menganggap penting pembuatan lubang tanam. Padahal ini akan menjadi areal dimana tanaman muda menyerap hara.

Ketiga, setelah membuat lubang tanam, agar tanaman mendapatkan lingkungan yang nyaman maka pada lubang tanam tersebut harus diisi dengan pupuk organik seanyak 20 kg. Sehingga tanaman muda itu memiliki cukup makanan menopang pertumbuhannya,

 

Add comment


Security code
Refresh

Call Kakao Indonesia 

+6285395459624

+6285395459624 (WA)

kakaoindonesia1@gmail.com

versi

English French German Italian Portuguese Russian Spanish