• KAKAO INDONESIA merupakan pusat informasi dan jejaring pertama di Indonesia, yang fokus pada komoditas kakao. KAKAO INDONESIA didukung para pakar, praktisi, pabrikan kakao yang ada di Indonesia. Melalui layanan yang disediakan, para pekebun kakao diharapkan bisa mendapatkan informasi teraktual, dan terhubung dengan para pakar kakao terbaik di Indonesia.

    OFFICE: Jl. Duta III no. 11, Pondok Duta I, Cimanggis Jawa Barat. (CALL CANTRE: 085395459624. Email: kakaoindonesia1@gmail.com)

  • Kakao Indonesia menyediakan informasi tentang klon-klon kakao terbaik dan sumber bahan tanam kakao bermutu. Melalui layanan ini, para pekebun kakao di seluruh Indonesia diharapkan bisa memperoleh bahan tanam unggu

     

  • KAKAO INDONESIA menyediakan informasi terkini terkait budidaya kakao. Kami juga siap membantu pekebun kakao yang ingin terhubung dengan praktisi atau para-para ahli kakao terbaik di Indonesia, melalui layanan konsultasi atau pelatihan

    .

  • KAKAO INDONESIA menyediakan informasi terkait pengolahan biji kakao dan pemasaran. Kami juga siap membantu pekebun, kelompok tani, atau GAPOKTAN yang ingin memasok biji kakaonya secara langsung ke "pabrik pengolahan" untuk jumlah besar, dan kepada pemasok besar untuk jumlah yang terbatas. Melalui layanan ini diharapkan para kebun bisa mendapatkan harga jual yang lebih baik.

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterToday424
mod_vvisit_counterYesterday593
mod_vvisit_counterThis week2807
mod_vvisit_counterLast week5483
mod_vvisit_counterThis month14164
mod_vvisit_counterLast month21653
mod_vvisit_counterAll days977779

We have: 72 guests online
Your IP: 3.91.157.213
 , 
Today: Apr 18, 2019

Produktivitas Kakao Bisa Mencapai 5 Ton/ha

PDF 

https://images-na.ssl-images-amazon.com/images/I/61JrFP3MNhL._SX425_.jpg

JAKARTA-KAKAO INDONESIA. Konon produktivitas perkebunan kakao rakyat di Indonesia berkisar 0,5 sd 0,7 ton per ha/ tahun. Namun fakta di lapangan sangat bervariasi bahkan ada yang hanya 400 kg/ha/tahun.

Namun yang menarik adalah, potensi produksi kebun yang dirawat dengan baik berdasarkan hasil penelitian bisa mencapai 2 – 4,6 toh/ha/tahun. Di Indonesia sejumlah kebun di Sulawesi Selatan khususnya Luwu Utara, bisa mencapai angka tersebut. Tentu dengan perawatan yang intensif.

Hanya saja yang tidak diketahui pekebun potensi tertinggi yang pernah tercatat adalah 5 – 6,8 ton/ha/tahun. Sementara secara teori potensi produksi yang bisa dicapai perkebunan kakao bisa mencapai 11 ton/ha/tahun. Artinya produksi yang dicapai rata-rata petani sangat jauh dari potensi optimal pertanaman kakao.

Tentu dengan meningkatkan produksi hingga 2 ton per ha sudah dapat dipastikan akan mensejahterakan petani meskipun harga berfluktuasi. Hanya tantangan perkebunan kakao Indonesia saat ini adalah masalah serangan hama khususnya penggerak buah kakao dan penyakit yang belum sepenuhnya dapat ditangani dengan baik. Belum lagi kondisi degradasi lahan sehingga perlu kerja keras untuk mendapatkan angka produksi di atas 1 ton/ha/tahun.

 

 

Add comment


Security code
Refresh

Call Kakao Indonesia 

+6285395459624

+6285395459624 (WA)

kakaoindonesia1@gmail.com

versi

English French German Italian Portuguese Russian Spanish