• KAKAO INDONESIA merupakan pusat informasi dan jejaring pertama di Indonesia, yang fokus pada komoditas kakao. KAKAO INDONESIA didukung para pakar, praktisi, pabrikan kakao yang ada di Indonesia. Melalui layanan yang disediakan, para pekebun kakao diharapkan bisa mendapatkan informasi teraktual, dan terhubung dengan para pakar kakao terbaik di Indonesia.

    OFFICE: Jl. Duta III no. 11, Pondok Duta I, Cimanggis Jawa Barat. (CALL CANTRE: 085395459624. Email: kakaoindonesia1@gmail.com)

  • Kakao Indonesia menyediakan informasi tentang klon-klon kakao terbaik dan sumber bahan tanam kakao bermutu. Melalui layanan ini, para pekebun kakao di seluruh Indonesia diharapkan bisa memperoleh bahan tanam unggu

     

  • KAKAO INDONESIA menyediakan informasi terkini terkait budidaya kakao. Kami juga siap membantu pekebun kakao yang ingin terhubung dengan praktisi atau para-para ahli kakao terbaik di Indonesia, melalui layanan konsultasi atau pelatihan

    .

  • KAKAO INDONESIA menyediakan informasi terkait pengolahan biji kakao dan pemasaran. Kami juga siap membantu pekebun, kelompok tani, atau GAPOKTAN yang ingin memasok biji kakaonya secara langsung ke "pabrik pengolahan" untuk jumlah besar, dan kepada pemasok besar untuk jumlah yang terbatas. Melalui layanan ini diharapkan para kebun bisa mendapatkan harga jual yang lebih baik.

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterToday1253
mod_vvisit_counterYesterday869
mod_vvisit_counterThis week2714
mod_vvisit_counterLast week9831
mod_vvisit_counterThis month18629
mod_vvisit_counterLast month34381
mod_vvisit_counterAll days873467

We have: 65 guests online
Your IP: 54.147.16.12
 , 
Today: Dec 18, 2018

Yuzarmin: Penangkar Kakao Asal Sumatera Barat

PDF 

PADANG-KAKAO INDONESIA. Berbekal pengalamannya mengawasi benih tanaman perkebunan dan mempelajari berbagai persoalan dalam penyediaan benih unggul tanaman perkebunan, Yuzarmin Yusuf memutuskan menjadi penangkar bibit tanaman perkebunan.

Selama lebih dari 3 dekade membina penangkar dan melakukan pengawasan terhadap mutu benih, penangkar asal Sumatera Barat, menjadikan penangkaran bibit tanaman perkebunan sebagai aktivitas pasca pensiun sebagai PNS. Tidak tanggung-tanggung ia sempat menjabat sebagai Kepala Balai Pengawalan dan Pengujian Mutu Benih Sumatera Barat Provinsi Sumatera Barat dan terkenal sangat tegas terkait penengakan aturan perbenihan.

“Saya memulai usaha ini sejak tahun 2013. Saya memulai pembibitan di Nagari Cubadak, Kecamatan Lima Kaum Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat. Modal utama saya adalah pengalaman berkecimpung di bidang perbenihan. Sejak ditunjuk sebagai pengawas bibit ternyata bidang ini sangat banyak memberikan motivasi pada saya dan begitu menjanjikan untuk mengisi masa pension. Agar ilmu yang saya miliki bisa bermanfaat. Saya awalnya menangkar kopi sebanyak 50 ribu batang. “, jelasnya.

Dalam perjalanan lebih dari 5 tahun pembibitannya mampu bertahan. Bahkan ia tidak hanya jumlah bibit yang bertambah namun juga komoditasnya. Saat ini ia tengah membibit kelapa sawit dengan varietas Simalungun sebanyayk 40 ribu, kakao 150 ribu dengan jenis ICS dan TSH 585 dan kopi 200 ribu dengan Varietas Sigararutang. “Sementara untuk menangkap peluang peningkatan kebutuhan bibit kelapa sawit saya berencana akan membuka lahan pembibitan baru di Dhamasraya dengan kapasitas pembibitan 20 ribu”, katanya.

Ketika ditanyakan kunci sukses menjadi penangkar pasca pensiun sebagai seorang birokrat, Yurzamin menjelaskan jika terletak pada pemahaman soal mutu benih. “Pengalaman saya menjadi pengawas benih tanaman membuat saya memahami betul soal aturan perbenihan dan standar mutu bibit tanaman perkebunan. Karena kunci akhir untuk mampu bersaing di bisnis perbenihan adalah mutu””, tambahnya.

Sementara itu mayoritas bibitnya dipasarkan untuk program pemerintah, namun tidak sedikit juga bibitnya yang dipasarkan melalui pasar bebas. Khususnya untuk bibit kelapa sawit.

 

 

Add comment


Security code
Refresh

Call Kakao Indonesia 

+6285395459624

+6285395459624 (WA)

kakaoindonesia1@gmail.com

versi

English French German Italian Portuguese Russian Spanish