• KAKAO INDONESIA merupakan pusat informasi dan jejaring pertama di Indonesia, yang fokus pada komoditas kakao. KAKAO INDONESIA didukung para pakar, praktisi, pabrikan kakao yang ada di Indonesia. Melalui layanan yang disediakan, para pekebun kakao diharapkan bisa mendapatkan informasi teraktual, dan terhubung dengan para pakar kakao terbaik di Indonesia.

    OFFICE: Jl. Duta III no. 11, Pondok Duta I, Cimanggis Jawa Barat. (CALL CANTRE: 085395459624. Email: kakaoindonesia1@gmail.com)

  • Kakao Indonesia menyediakan informasi tentang klon-klon kakao terbaik dan sumber bahan tanam kakao bermutu. Melalui layanan ini, para pekebun kakao di seluruh Indonesia diharapkan bisa memperoleh bahan tanam unggu

     

  • KAKAO INDONESIA menyediakan informasi terkini terkait budidaya kakao. Kami juga siap membantu pekebun kakao yang ingin terhubung dengan praktisi atau para-para ahli kakao terbaik di Indonesia, melalui layanan konsultasi atau pelatihan

    .

  • KAKAO INDONESIA menyediakan informasi terkait pengolahan biji kakao dan pemasaran. Kami juga siap membantu pekebun, kelompok tani, atau GAPOKTAN yang ingin memasok biji kakaonya secara langsung ke "pabrik pengolahan" untuk jumlah besar, dan kepada pemasok besar untuk jumlah yang terbatas. Melalui layanan ini diharapkan para kebun bisa mendapatkan harga jual yang lebih baik.

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterToday1247
mod_vvisit_counterYesterday869
mod_vvisit_counterThis week2708
mod_vvisit_counterLast week9831
mod_vvisit_counterThis month18623
mod_vvisit_counterLast month34381
mod_vvisit_counterAll days873461

We have: 59 guests online
Your IP: 54.147.16.12
 , 
Today: Dec 18, 2018

ICCRI 09 “Dark Choclate”: Produksi Tinggi, Kakao Penyakit, Cita Rasa Unik

PDF 

JAKARTA-KAKAO INDONESIA. Ingin mendapatkan tanaman kakao yang produksi tinggi, tahan penyakit namun punya cita rasa yang special yang cocok diolah menjadi dark chocolate yang memanjakan lidah? Maka klon ini patut menjadi pilihan Anda.

ICCRI 09 merupakan klon kakao yang memiliki kombinasi keunggulan yang menarik. Bagaimana tidak, hasil persilangan TSH 858 dengan Sulawesi 1 ini memiliki potensi produksi hingga 2,7 ton/ha/tahun. Dengan potensi buah per pohon mencapai 70 dengan jumlah biji 40 – 44 butir. Berdasarkan pengujian di Tarengge, Luwu Timur, Sulawesi Selatan, potensi daya hasil dari ICCRI 09 lebih baik daripada Sulawesi 1 dan MCC 01. Sulawesi 01 memiliki rerata hasil biji kering 1,6 kg per pohon, MCC 01 1,5 kg per pohon sementara ICCRI 09 mencapai 2,5 kg/pohon.

 

Sementara dari bobot biji bisa mencapai 1,07 – 1,55 gram atau setara bean counting 65 – 85. Ukuran biji yang cukup besar. Jika dilihat hasil pengujian lapangan di Sulawesi, ICCRI 09 memiliki bean counting yang lebih baik yakni 85 daripada Sulawesi 1 dengan ukuran biji 95, namun masih lebih kecil daripada MCC 01 yang bisa mencapai 62. Namun ICCRI memiliki kandungan lemak tertinggi yakni 48,5 % sementara MCC 01 dan Sulawesi 01 sekitar 48,20 % dan 40,3 %. Sehingga kakao ini sangat berpeluang disukai industri pengolahan.

Lalu terkait ketahanan penyakit klon berdasarkan hasil pengujian di lapangan, klon dark chocolate ini memiliki ketahanan terhadap VSD seperti induknya Sulawesi 1. Demikian halnya dengan busuk buah, ICCRI 09 memiliki ketahanan terhadap penyakit ini, sementara klon Sulawesi 1 dan Sulawesi 2 masing-masing agak rentan dan agak tahan terhadap busuk buah. Sementara untuk PBT, klon ICCRI 09 moderat tahan.

Namun yang layak menjadi perhatian dari klon ini. Berdasarkan hasil uji cita rasa yang dilakukan panel Cocoa of Excellent biji kakao ICCRI 09 memiliki cita rasa cokelat yang jelas, rasa pahit dan sepat yang lebih rendah, dimana ini adalah indikator yang disukai industri. Mengingat biji kakao asal Indonesia umumnya memiliki kadar keasaman yang tinggi. Klon ini memiliki keunikan tersediri yakni dengan adanya citarasa bunga (flower) yang lembut. Jenis citarasa bunga yang muncul adalah seperti vegetasi hijau, serta sedikit keharuman bunga kopi atau melati.Profil unik ICCRI 09 ini memiliki kemiripan profil citarasa dengan kakao Martinique salah satu pemenang dalam Cocoa of Excellence 2017.

Kakao specialty selain harus memiliki keunikan juga harus terbebas dari citarasa asing, seperti rasa debu, kotor, berjamur, busuk, asap atau cita rasa asing lainnya. ICCRI 09 ini tidak memiliki cacat citarasa. Lalu rasa pahit dan sepat yang rendah menjadikan kakao ini berpeluang diolah menjadi dark chocolate dengan kandungan cocoa yang tinggi, yakni di atas 45 %. Cokelat ini sangat cocok dikonsumsi tanpa campuran susu dan gula sehingga nilai nutrisi yang lebih tinggi dan kalori lebih rendah.

Klon ini diperbanyak melalui cara vegetatif dan bahan tanam unggulnya dapat diperolah dari Pusat Penelitian Kopi dan Kakao Indonesia di Jember. ICCRI 09 cocok ditanam di daerah endemik VSD dengan tipe iklim kering atau basah dengan ketinggian tempat 0 – 600 dpl. Penanamannya bisa secara monoclonal tetap disarankan secara poliklonal dengan klon MCC 02 dan Sulawesi untuk meningkatkan ketahanan horizontal terhadap serangan VSD.

 

 

Add comment


Security code
Refresh

Call Kakao Indonesia 

+6285395459624

+6285395459624 (WA)

kakaoindonesia1@gmail.com

versi

English French German Italian Portuguese Russian Spanish