• KAKAO INDONESIA merupakan pusat informasi dan jejaring pertama di Indonesia, yang fokus pada komoditas kakao. KAKAO INDONESIA didukung para pakar, praktisi, pabrikan kakao yang ada di Indonesia. Melalui layanan yang disediakan, para pekebun kakao diharapkan bisa mendapatkan informasi teraktual, dan terhubung dengan para pakar kakao terbaik di Indonesia.

    OFFICE: Jl. Duta III no. 11, Pondok Duta I, Cimanggis Jawa Barat. (CALL CANTRE: 085395459624. Email: kakaoindonesia1@gmail.com)

  • Kakao Indonesia menyediakan informasi tentang klon-klon kakao terbaik dan sumber bahan tanam kakao bermutu. Melalui layanan ini, para pekebun kakao di seluruh Indonesia diharapkan bisa memperoleh bahan tanam unggu

     

  • KAKAO INDONESIA menyediakan informasi terkini terkait budidaya kakao. Kami juga siap membantu pekebun kakao yang ingin terhubung dengan praktisi atau para-para ahli kakao terbaik di Indonesia, melalui layanan konsultasi atau pelatihan

    .

  • KAKAO INDONESIA menyediakan informasi terkait pengolahan biji kakao dan pemasaran. Kami juga siap membantu pekebun, kelompok tani, atau GAPOKTAN yang ingin memasok biji kakaonya secara langsung ke "pabrik pengolahan" untuk jumlah besar, dan kepada pemasok besar untuk jumlah yang terbatas. Melalui layanan ini diharapkan para kebun bisa mendapatkan harga jual yang lebih baik.

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterToday326
mod_vvisit_counterYesterday622
mod_vvisit_counterThis week326
mod_vvisit_counterLast week6797
mod_vvisit_counterThis month17941
mod_vvisit_counterLast month25593
mod_vvisit_counterAll days734966

We have: 11 guests online
Your IP: 54.225.57.230
 , 
Today: Aug 19, 2018

Ini Dia Cara Penangkasan Kakao

PDF 

LAMPUNG-KAKAO INDONESIA. Untuk mendapatkan produksi yang tinggi tanaman kakao perlu dipangkas untuk mengefektifkan penyerapan sinar matahari dan pemanfaatan nutrisi dalam tanah. Setidaknya ada beberapa langkah yang perlu dilakukan pekebun dalam pemangkasan.

Menurut Aris Alfi, petani dari Lampung, pemangkasan pertama dilakukan pada saat umur 3 bulan pasca tanam. Ia menyebutkan dengan istilah penopingan. Caranya dengan pemotongan cabang primer pada bagian ujungnya. Tujuannya untuk mengeluarkan cabang sekunder atau cabang utama produksi. Lalu setelah muncul cabang sekunder biarkan tumbuh dengan alami tanpa dipangkas.


Gambar. Penopingan umur 3 bulan, potong garis pada garis merah

Nah yang menarik, petani andalan tersebut menyarankan untuk melakukan kastarasi atau pembuangan buah secara total pada umur 9 bulan. Tujuannya untuk memicu pertumbuhan vegetatif.


Gambar. Kastrasi setelah 9 bulan

Setelah tanaman berproduksi selanjutnya dilakukan pemangkasan bentuk. Tujuannya untuk mengatur percabangan dan memangkas semua tunas atau cabang yang muncul di cabang primer dan sekunder dengan jarak tertentu dari pangkal cabang [video cara pemangkasan bentuk]. Kegiatan pemangkasan ini dilakukan di awal musim hujan. Cukup satu kali dalam setahun.

Demikian trik pemangkasan menurut Aris Alfi. Anda ingin mencoba?

 

Add comment


Security code
Refresh

Call Kakao Indonesia 

+6285395459624

+6285395459624 (WA)

kakaoindonesia1@gmail.com

versi

English French German Italian Portuguese Russian Spanish