• KAKAO INDONESIA merupakan pusat informasi dan jejaring pertama di Indonesia, yang fokus pada komoditas kakao. KAKAO INDONESIA didukung para pakar, praktisi, pabrikan kakao yang ada di Indonesia. Melalui layanan yang disediakan, para pekebun kakao diharapkan bisa mendapatkan informasi teraktual, dan terhubung dengan para pakar kakao terbaik di Indonesia.

    OFFICE: Jl. Duta III no. 11, Pondok Duta I, Cimanggis Jawa Barat. (CALL CANTRE: 085395459624. Email: kakaoindonesia1@gmail.com)

  • Kakao Indonesia menyediakan informasi tentang klon-klon kakao terbaik dan sumber bahan tanam kakao bermutu. Melalui layanan ini, para pekebun kakao di seluruh Indonesia diharapkan bisa memperoleh bahan tanam unggu

     

  • KAKAO INDONESIA menyediakan informasi terkini terkait budidaya kakao. Kami juga siap membantu pekebun kakao yang ingin terhubung dengan praktisi atau para-para ahli kakao terbaik di Indonesia, melalui layanan konsultasi atau pelatihan

    .

  • KAKAO INDONESIA menyediakan informasi terkait pengolahan biji kakao dan pemasaran. Kami juga siap membantu pekebun, kelompok tani, atau GAPOKTAN yang ingin memasok biji kakaonya secara langsung ke "pabrik pengolahan" untuk jumlah besar, dan kepada pemasok besar untuk jumlah yang terbatas. Melalui layanan ini diharapkan para kebun bisa mendapatkan harga jual yang lebih baik.

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterToday325
mod_vvisit_counterYesterday622
mod_vvisit_counterThis week325
mod_vvisit_counterLast week6797
mod_vvisit_counterThis month17940
mod_vvisit_counterLast month25593
mod_vvisit_counterAll days734965

We have: 10 guests online
Your IP: 54.225.57.230
 , 
Today: Aug 19, 2018

Keragaman Genetik Kakao Terancam

PDF 

https://ak1.picdn.net/shutterstock/videos/1696621/thumb/1.jpg?i10c=img.resize(height:160)

JAKARTA-KAKAO INDONESIA. Para peneliti mengkhawatirkan hilangkan kekayaan plasma nutfah kakao yang penting bagi perakitan varietas baru. Tony Lass dari Head of Global Cocoa Supply Cadbury, salah satu produsen cokelat ternama, dalam pertemuan di Amsterdam menyebutkan jika keragaman genetik kakao, yang sangat diperlukan untuk menghasilkan varietas baru yang tahan penyakit dan hama serta perubahan iklim, terancam hilang sebagai dikutip confectionerynews.com.

Berbagai jenis tanaman kakao yang belum dimanfaatkan industri namun memiliki sifat yang berguna untuk membuat varietas baru banyak tumbuh di hutan tropis lembah Amazon di Colombia, Ekuador dan Peru. Kerusakan hutan akibat perluasan lahan pertanian dan tambang menjadi salah satu penyebabnya.

Selama 80 tahun Cocoa Research Center di Trinidad dan Tobago telah melakukan penyelamatan plasma nutfah kakao. Namun baru sekitar 6 persen koleksi global yang dapat dikonservasi. Sisanya masih berada di alam liar.

Sementara varietas yang ada di produsen kakao seperti Afrika adalah turunan dari 15 sampai dengan 17 jenis tanaman kakao dari Amerika Selatan yang dibawa masuk ke wilayah beberapa dekade yang lalu. Kakao di negara tersebut membutuhkan pengayaan genetik untuk menghasilkan varietas baru yang lebih mampu beradaptasi dengan cengkraman lingkungan dan serangan hama penyakit.

 

 

Add comment


Security code
Refresh

Call Kakao Indonesia 

+6285395459624

+6285395459624 (WA)

kakaoindonesia1@gmail.com

versi

English French German Italian Portuguese Russian Spanish