• KAKAO INDONESIA merupakan pusat informasi dan jejaring pertama di Indonesia, yang fokus pada komoditas kakao. KAKAO INDONESIA didukung para pakar, praktisi, pabrikan kakao yang ada di Indonesia. Melalui layanan yang disediakan, para pekebun kakao diharapkan bisa mendapatkan informasi teraktual, dan terhubung dengan para pakar kakao terbaik di Indonesia.

    OFFICE: Jl. Duta III no. 11, Pondok Duta I, Cimanggis Jawa Barat. (CALL CANTRE: 085395459624. Email: kakaoindonesia1@gmail.com)

  • Kakao Indonesia menyediakan informasi tentang klon-klon kakao terbaik dan sumber bahan tanam kakao bermutu. Melalui layanan ini, para pekebun kakao di seluruh Indonesia diharapkan bisa memperoleh bahan tanam unggu

     

  • KAKAO INDONESIA menyediakan informasi terkini terkait budidaya kakao. Kami juga siap membantu pekebun kakao yang ingin terhubung dengan praktisi atau para-para ahli kakao terbaik di Indonesia, melalui layanan konsultasi atau pelatihan

    .

  • KAKAO INDONESIA menyediakan informasi terkait pengolahan biji kakao dan pemasaran. Kami juga siap membantu pekebun, kelompok tani, atau GAPOKTAN yang ingin memasok biji kakaonya secara langsung ke "pabrik pengolahan" untuk jumlah besar, dan kepada pemasok besar untuk jumlah yang terbatas. Melalui layanan ini diharapkan para kebun bisa mendapatkan harga jual yang lebih baik.

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterToday324
mod_vvisit_counterYesterday622
mod_vvisit_counterThis week324
mod_vvisit_counterLast week6797
mod_vvisit_counterThis month17939
mod_vvisit_counterLast month25593
mod_vvisit_counterAll days734964

We have: 9 guests online
Your IP: 54.225.57.230
 , 
Today: Aug 19, 2018

Desa Mandiri Benih: Tempat Kunjungan Orang Kakao di Sulsel

PDF 

MAKASSAR-KAKAO INDONESIA. Ternyata tempat yang layak dikunjungi para pelaku kakao tidak hanya perkebunan kakao atau pengolahan cokelat. Salah satu tempat yang saat ini ramai dikunjungi adalah Desa Mandiri Benih Toradda yang merupakan pusat pembibitan kakao di Sulawesi Selatan.

Pusat pembibitan kakao tersebut berada di Desa Toradda, Kabupaten Luwu Utara, Sulawesi Selatan, dimana di daerah tersebut berdiri sebuah unit pembibitan kakao megah  yang dikelola oleh Asosiasi Penangkar Kakao Luwu Utara. Di atas lahan kurang lebih setengah ha sejumlah petani kakao mengembangkan sebuah unit pembibitan dengan jumlah bibit yang ditangkarkan 50 ribu batang.

 


Gambar. Desa Mandiri Kakao Desa Toradda menerima kunjungan Dirjen Perkebunan

Namun entah bagaimaan tempat ini mendadak ramai dikunjungi para pelajar, pejabat negara. Kabarnya sejumlah anggota DPR, DPRD, pejabat dari Jakarta telah menyambangi tempat ini. Tempat ini juga telah diliput media lokal.

Di pusat pembibitan ini para pengunjung dapat melihat proses pembibitan kakao serta mendapatkan pelatihan cara membuat bibit sambung pucuk dengan klon MCC 02. Saat ini bibit yang dikelola petani di Desa Mandiri Benih ini sebanyak 150 ribu batang.

Jadi jika Anda ingin belajar tentang pembibitan  dan melihat proses penangkaran kakao maka Desa Toradda , Luwu Utara ini layak menjadi pilihan.

 

Add comment


Security code
Refresh

Call Kakao Indonesia 

+6285395459624

+6285395459624 (WA)

kakaoindonesia1@gmail.com

versi

English French German Italian Portuguese Russian Spanish