• KAKAO INDONESIA merupakan pusat informasi dan jejaring pertama di Indonesia, yang fokus pada komoditas kakao. KAKAO INDONESIA didukung para pakar, praktisi, pabrikan kakao yang ada di Indonesia. Melalui layanan yang disediakan, para pekebun kakao diharapkan bisa mendapatkan informasi teraktual, dan terhubung dengan para pakar kakao terbaik di Indonesia.

    OFFICE: Jl. Duta III no. 11, Pondok Duta I, Cimanggis Jawa Barat. (CALL CANTRE: 085395459624. Email: kakaoindonesia1@gmail.com)

  • Kakao Indonesia menyediakan informasi tentang klon-klon kakao terbaik dan sumber bahan tanam kakao bermutu. Melalui layanan ini, para pekebun kakao di seluruh Indonesia diharapkan bisa memperoleh bahan tanam unggu

     

  • KAKAO INDONESIA menyediakan informasi terkini terkait budidaya kakao. Kami juga siap membantu pekebun kakao yang ingin terhubung dengan praktisi atau para-para ahli kakao terbaik di Indonesia, melalui layanan konsultasi atau pelatihan

    .

  • KAKAO INDONESIA menyediakan informasi terkait pengolahan biji kakao dan pemasaran. Kami juga siap membantu pekebun, kelompok tani, atau GAPOKTAN yang ingin memasok biji kakaonya secara langsung ke "pabrik pengolahan" untuk jumlah besar, dan kepada pemasok besar untuk jumlah yang terbatas. Melalui layanan ini diharapkan para kebun bisa mendapatkan harga jual yang lebih baik.

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterToday289
mod_vvisit_counterYesterday734
mod_vvisit_counterThis week289
mod_vvisit_counterLast week6310
mod_vvisit_counterThis month27012
mod_vvisit_counterLast month40295
mod_vvisit_counterAll days784332

We have: 18 guests online
Your IP: 54.92.164.184
 , 
Today: Sep 23, 2018

Pengaturan Suhu Roasting Biji Kakao untuk Kesehatan

PDF 

Image result for roasting cocoa

JAKARTA-KAKAO INDONESIA. Pengaturan suhu dan waktu roasting dapat meningkatkan pemanfaatan bioactive dan antioksidan pada saat bersamaan bisa menghasilkan aroma yang disukai menurut peneliti dari Penn State, Universitas asal Pennsylvania Amerika Serikat.

Dari penelitian terdahulu diketahui jika roasting selalu berdampak pada pengurangan kandungan polifenol di dalam biji. Padahal polifenol pada kakao memiliki efek positif terhadap kesehatan manusia, khususnya terhadap sirkulasi darah dan mencegah penyakit akibat inflammatory, penyakit metabolisme dan kanker.

Para peneliti tersebut coba menginvestigasi dampak roasting biji kakao terhadap kandungan polifenol, aroma dan aktivitas pankreas yang memiliki dampak terhadap anti kegemukan.

Lipase pada pankreas diketahui memacah triglycerides menjadi asam lemak, untuk kemudian diserap oleh tubuh. Sementara penghambat lipase mencegah pembentukan asam lemak dan mencegah penyerapan lemak oleh tubuh.

Hasil studi para peneliti dari Penn State, menunjukkan jika total phenolics, epicatechin, dan dalam ukuran yang kecil proanthocyanidins tereduksi karena roasting pada suhu kurang dari 302 derajat Fahrenheit. Sementara, melakukan roasting pada suhu di atas 302 F dapat meningkatkan kandungan catechin dan mengandung lebih banyak proanthocyanidins, yang memiliki kemampuan menghambat kerja lipase pada pankreas.

Sementara itu aroma kakao akan terbentuk jika roasting dilakukan pada suhu di atas 212 F, sementara aroma yang tidak diinginkan terbentuk jika dilakukan roasting pada suhu di atas 338 F.

Sehingga para peneliti menyimpulkan bahwa roasting kakao pada suhu tertentu masih dapat menjaga kandungan polifenol dan meningkatkan anti-pancreas-lipase activity, namun dengan tetap mempertahankan aroma yang diinginkan.

Hasil penelitian ini sangat menarik, mengingat saat ini terdapat kebutuhan menikmati cokelat dengan aroma yang khas tetapi juga baik untuk kesehatan. Penelitian terhadap roasting ini bisa sesuatu yang sangat penitng bagi chocolate maker

 

Add comment


Security code
Refresh

Call Kakao Indonesia 

+6285395459624

+6285395459624 (WA)

kakaoindonesia1@gmail.com

versi

English French German Italian Portuguese Russian Spanish