• KAKAO INDONESIA merupakan pusat informasi dan jejaring pertama di Indonesia, yang fokus pada komoditas kakao. KAKAO INDONESIA didukung para pakar, praktisi, pabrikan kakao yang ada di Indonesia. Melalui layanan yang disediakan, para pekebun kakao diharapkan bisa mendapatkan informasi teraktual, dan terhubung dengan para pakar kakao terbaik di Indonesia.

    OFFICE: Jl. Duta III no. 11, Pondok Duta I, Cimanggis Jawa Barat. (CALL CANTRE: 085395459624. Email: kakaoindonesia1@gmail.com)

  • Kakao Indonesia menyediakan informasi tentang klon-klon kakao terbaik dan sumber bahan tanam kakao bermutu. Melalui layanan ini, para pekebun kakao di seluruh Indonesia diharapkan bisa memperoleh bahan tanam unggu

     

  • KAKAO INDONESIA menyediakan informasi terkini terkait budidaya kakao. Kami juga siap membantu pekebun kakao yang ingin terhubung dengan praktisi atau para-para ahli kakao terbaik di Indonesia, melalui layanan konsultasi atau pelatihan

    .

  • KAKAO INDONESIA menyediakan informasi terkait pengolahan biji kakao dan pemasaran. Kami juga siap membantu pekebun, kelompok tani, atau GAPOKTAN yang ingin memasok biji kakaonya secara langsung ke "pabrik pengolahan" untuk jumlah besar, dan kepada pemasok besar untuk jumlah yang terbatas. Melalui layanan ini diharapkan para kebun bisa mendapatkan harga jual yang lebih baik.

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterToday713
mod_vvisit_counterYesterday2412
mod_vvisit_counterThis week8264
mod_vvisit_counterLast week9347
mod_vvisit_counterThis month21314
mod_vvisit_counterLast month53674
mod_vvisit_counterAll days391618

We have: 60 guests online
Your IP: 54.226.34.209
 , 
Today: Dec 13, 2017

Beberapa Arahan Dirjen Perkebunan Terkait Pengembangan Kakao

PDF 

https://www.fast-growing-trees.com/images/P/Chocolate-Cocoa-%27Cacao%27-Plant-450w.jpg

JAKARTA-KAKAO INDONESIA. Pengembangan tanaman kakao tetap menjadi prioritas pemerintah pusat. Hanya saja Direktur Jenderal Perkebunan, Bambang, memberikan rambu-rambu, agar program ke depan menjadi lebih jelas dan terarah.

Ada beberapa hal yang disampaikan oleh Dirjen terkait pengembangan kakao pada saat acara koordinasi dengan Dinas yang Membidangi Perkebunan di Bogor ( 27/1).

Pertama, pengembangan kakao harus diarahkan pada petani yang siap merawat. Dirjen Perkebunan mengarahkan agar petani yang tidak terbisa merawat kebun atau menjadi perkebunan sebagai pekerjaan sampingan untuk tidak mendapatkan kakao. Sarannya adalah komoditas lain yang relatif tidak membutuhkan pemeliharaan intensif seperti kelapa atau pala. Pasalnya, ketika petani yang tidak  fokus pada kakaonya mendapatkan bantuan, pada akhirnya kebun tersebut tidak terawat dan produksinya rendah.

Kedua, pengembangan kakao harus dilakukan berbasis kawasan dan terkait dengan agroindustri. Namun petani tidak diajurkan melakukan pengolahan biji kakaonya sendiri, karena membuat pasta membutuhkan peralatan yang mahal dan pengetahuan. Ia menyarankan agar pemerintah daerah memfasilitasi petani membangun kemitraan dengan industri sehingga harga pembelian biji lebih baik sementara itu petani bisa mendapatkan cokelat atau powder dengan mudah dan murah yang dapat diolah lebih lanjut. Akan lebih mudah mengajarkan petani cara mengolah cokelat yang sudah jadi daripada mengolah pasta dari biji.

Ketiga, Dirjen akan mencoba mengembangkan kakao mulia karena pasarnya yang cukup stabil. Namun harapannya kegiatan ini dilakukan oleh petani yang terampil. Pasalnya kakao mulia ini harganya cukup stabil dan jauh di atas harga pasar tapi pemeliharaannya sangat sulit.

Keempat, Dirjen meminta agar daerah atau swasta mempersiapkan dan merawat kebun-kebun sumber benih kakaonya, khususnya kebun induk, agar pengembangan kakao ke depan tidak lagi terbengkalai soal benih.

Kelima, Dirjen mengharapkan pengembangan kakao harus seiring dengan penguatan kelembagaan petani. Tanpa adanya upaya tersebut maka pemberian bantuan fisik menjadi kurang berdaya guna. .

 

 

Add comment


Security code
Refresh

Call Kakao Indonesia 

+6285395459624

+6285395459624 (WA)

kakaoindonesia1@gmail.com

versi

English French German Italian Portuguese Russian Spanish