• KAKAO INDONESIA merupakan pusat informasi dan jejaring pertama di Indonesia, yang fokus pada komoditas kakao. KAKAO INDONESIA didukung para pakar, praktisi, pabrikan kakao yang ada di Indonesia. Melalui layanan yang disediakan, para pekebun kakao diharapkan bisa mendapatkan informasi teraktual, dan terhubung dengan para pakar kakao terbaik di Indonesia.

    OFFICE: Jl. Duta III no. 11, Pondok Duta I, Cimanggis Jawa Barat. (CALL CANTRE: 085395459624. Email: kakaoindonesia1@gmail.com)

  • Kakao Indonesia menyediakan informasi tentang klon-klon kakao terbaik dan sumber bahan tanam kakao bermutu. Melalui layanan ini, para pekebun kakao di seluruh Indonesia diharapkan bisa memperoleh bahan tanam unggu

     

  • KAKAO INDONESIA menyediakan informasi terkini terkait budidaya kakao. Kami juga siap membantu pekebun kakao yang ingin terhubung dengan praktisi atau para-para ahli kakao terbaik di Indonesia, melalui layanan konsultasi atau pelatihan

    .

  • KAKAO INDONESIA menyediakan informasi terkait pengolahan biji kakao dan pemasaran. Kami juga siap membantu pekebun, kelompok tani, atau GAPOKTAN yang ingin memasok biji kakaonya secara langsung ke "pabrik pengolahan" untuk jumlah besar, dan kepada pemasok besar untuk jumlah yang terbatas. Melalui layanan ini diharapkan para kebun bisa mendapatkan harga jual yang lebih baik.

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterToday1223
mod_vvisit_counterYesterday869
mod_vvisit_counterThis week2684
mod_vvisit_counterLast week9831
mod_vvisit_counterThis month18599
mod_vvisit_counterLast month34381
mod_vvisit_counterAll days873437

We have: 36 guests online
Your IP: 54.147.16.12
 , 
Today: Dec 18, 2018

Anwar Adnan: Gubernur Kakao Indonesia

PDF 

JAKARTA-KAKAO INDONESIA. Tidak banyak pemimpin daerah yang berani menjadikan kakao sebagai ikon daerahnya. Namun gubernur yang satu ini menjadikan kakao sebagai komoditas utama di wilayahnya.

Gubernur yang saya maksud adalah Bapak Anwar Adnan, pemimpin daerah Sulawesi Barat. Sejak menjabat tahun 2006 beliau konsisten untuk mengembangkan kakao. Padalah di satu sisi daerah ini juga memiliki potensi tambang dan juga pengembangan kelapa sawit.

Ketika ditanyakan alasannya, “Ini adalah komoditas rakyat yang telah bertahun-tahun menghidupi masyarat di daerah saya”, katanya.

Namun kiprah sang gubernur tidak dirasakan di daerahnya saja. Berawal keinginannya untuk mendapatkan dukungan pusat bagi pengembangan kakao di Sulawesi Barat setelah pada tahun 2007 ia mencanangkan Gerakan Pembeharuan Kakao (GPK). Lalu pada tahun 2008 ia melakukan grilya untuk meyakinkan para pemangku  kebijakan di Jakarta.

Tapi siapa sangkan, upayanya tersebut menjadi pencetus lahirnya Gerakan Nasional Peningkatan Mutu dan Produksi Kakao Nasional yang dilaksanakan tahun 2009 sd 2013. Program ini menjadi  terobosan yang berhasil "menghambat laju" penurunan penurunan produksi nasional, yang kala itu sebagian besar tanaman kakao rakyat sudah melewati umur produktif dan rusak akibat serangan hama serta penyakit.

Terbukti pasca kegiatan di Sulawesi Barat kita bisa menjumpai kebun-kebun kakao dengan produksi lebih dari 2 ton/ha/tahun. Sejumlah perusahaan mengakui jika kakao Sulbar, khususnya dari Polewali Mandar dan Majene termasuk yang terbaik mutu bijinya. Tidak heran sebuah perusahaan Jepang mendirikan pabrik mini di Polman untuk mengolah biji menjadi pasta lalu diekspor ke Jepang.

Ternyata ia kembali lagi memberikan kontribusi pada kakao, pasca kunjungan Presiden RI ke Mamuju. Ia bisa meyakinkan Bapak Jokowi bahwa dengan dukungan  pusat, Indonesia bisa mencapai status produsen kakao terbesar di dunia. Sehingga lahirnya kegiatan Pengembangan Kakao Berkelanjutan pada tahun 2014 yang mengalokasikan dana Rp. 1,4 Trilyun.

Akibat kiprahnya dan konsistensinya mengembangan kakao di Indonesia, sehingga Bill Guyton, Presiden World Cocoa Fondation (WCF) mengundangnya hadir pada Pertemuan tahunan WCF di Washinton D.C, pada bulan Juni 2012 sebagai pembicara dihadapan 300 orang pelaku kakao dari seluruh dunia.

Pada periode kedua jabatannya, Bapak Anwar Adnan ingin berbagi inspirasi dan pemikiran soal kakao melalui bukunya yang berjudul “Bangga dengan Kakao Indonesia” yang rencananya akan diterbitkan oleh Grasindo, Penerbit Gramedia Group, pada Agustus atau September 2015 ini Semoga buku itu dapat menginsprasi munculnya para penjuang kakao Indonesia.Kiprahnya yang sangat panjang tersebut membuat orang-orang kakao mendaulatnya sebagai Gubernur Kakao Indonesia.

 

Add comment


Security code
Refresh

Call Kakao Indonesia 

+6285395459624

+6285395459624 (WA)

kakaoindonesia1@gmail.com

versi

English French German Italian Portuguese Russian Spanish