• KAKAO INDONESIA merupakan pusat informasi dan jejaring pertama di Indonesia, yang fokus pada komoditas kakao. KAKAO INDONESIA didukung para pakar, praktisi, pabrikan kakao yang ada di Indonesia. Melalui layanan yang disediakan, para pekebun kakao diharapkan bisa mendapatkan informasi teraktual, dan terhubung dengan para pakar kakao terbaik di Indonesia.

    OFFICE: Jl. Duta III no. 11, Pondok Duta I, Cimanggis Jawa Barat. (CALL CANTRE: 085395459624. Email: kakaoindonesia1@gmail.com)

  • Kakao Indonesia menyediakan informasi tentang klon-klon kakao terbaik dan sumber bahan tanam kakao bermutu. Melalui layanan ini, para pekebun kakao di seluruh Indonesia diharapkan bisa memperoleh bahan tanam unggu

     

  • KAKAO INDONESIA menyediakan informasi terkini terkait budidaya kakao. Kami juga siap membantu pekebun kakao yang ingin terhubung dengan praktisi atau para-para ahli kakao terbaik di Indonesia, melalui layanan konsultasi atau pelatihan

    .

  • KAKAO INDONESIA menyediakan informasi terkait pengolahan biji kakao dan pemasaran. Kami juga siap membantu pekebun, kelompok tani, atau GAPOKTAN yang ingin memasok biji kakaonya secara langsung ke "pabrik pengolahan" untuk jumlah besar, dan kepada pemasok besar untuk jumlah yang terbatas. Melalui layanan ini diharapkan para kebun bisa mendapatkan harga jual yang lebih baik.

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterToday152
mod_vvisit_counterYesterday918
mod_vvisit_counterThis week6671
mod_vvisit_counterLast week10394
mod_vvisit_counterThis month6671
mod_vvisit_counterLast month30043
mod_vvisit_counterAll days180816

We have: 15 guests online
Your IP: 3.228.220.31
 , 
Today: Aug 07, 2020

Biji Kakao Akan Wajib Difermentasi

PDF Print

 

 

 

 

JAKARTA,-KAKAO INDONESIA, Pemerintah akan mengeluarkan aturan yang mewajibkan fermentasi kakao. Aturan ini sudah ditunggu kalangan industri.

Rendahnya mutu kakao Indonesia memang sungguh ironis. Padahal Indonesia dikenal sebagai produsen kakao terbesar ketiga di dunia. Dengan produksi 810 ribu ton per tahun, hanya 10 persen saja yang sudah dilakukan fermentasi. Tak heran jika ekspor biji kakao ke negara-negara Eropa dan Amerika Serikat pun dikenakan pemotongan harga.

Untuk itu Direktorat Jenderal Pengolahan dan Pemasaran Hasil Pertanian (PPHP), Kementerian Pertanian tengah menggodok draft Peraturan Menteri Pertanian tentang Persyaratan Mutu dan Pemasaran Biji Kakao. “Dengan disyahkannya aturan ini nantinya semua biji kakao wajib difermentasi,” kata Pelaksana Tugas (Plt) Direktur Jenderal PPHP Haryono.

Menurut Haryono, mutu kakao yang baik secara massal pada gilirannya akan memperbaiki harga. “Karena itu diharapkan dengan membaiknya harga kakao akan menjadikan petani semakin bergairah memproduksi biji kakao,” katanya.

Haryono berharap, adanya regulasi itu akan mendorong peningkatan mutu dan memudahkan penelusuran kembali kemungkinan terjadinya penyimpangan produksi dan peredaran biji kakao. Sehingga pada gilirannya meningkatkan daya saing dan nilai tambah biji kakao Indonesia.

Selain itu juga mendukung pengembangan kakao dalam negeri, memberi perlindungan pada konsumen dari peredaran biji kakao yang tidak memenuhi persyaratan mutu.

Haryono menuturkan, pada era perdagangan bebas saat ini sektor pertanian, termasuk kakao, diharapkan dapat merebut pasar, baik domestik maupun internasional. Apalagi Indonesia telah meratifikasi berbagai perjanjian perdagangan, seperti WTO, ASEAN Free Trade Area (AFTA) dan China-ASEAN Free Trade (CAFTA).

Hal tersebut tentu menjadi tantangan semua pihak. “Karena itu daya saing menjadi penting bagi komoditi kakao Indonesia,” ungkap Haryono

 

 

Call Kakao Indonesia 

+6285395459624

+6285395459624 (WA)

kakaoindonesia1@gmail.com

versi

English French German Italian Portuguese Russian Spanish