• KAKAO INDONESIA merupakan pusat informasi dan jejaring pertama di Indonesia, yang fokus pada komoditas kakao. KAKAO INDONESIA didukung para pakar, praktisi, pabrikan kakao yang ada di Indonesia. Melalui layanan yang disediakan, para pekebun kakao diharapkan bisa mendapatkan informasi teraktual, dan terhubung dengan para pakar kakao terbaik di Indonesia.

    OFFICE: Jl. Duta III no. 11, Pondok Duta I, Cimanggis Jawa Barat. (CALL CANTRE: 085395459624. Email: kakaoindonesia1@gmail.com)

  • Kakao Indonesia menyediakan informasi tentang klon-klon kakao terbaik dan sumber bahan tanam kakao bermutu. Melalui layanan ini, para pekebun kakao di seluruh Indonesia diharapkan bisa memperoleh bahan tanam unggu

     

  • KAKAO INDONESIA menyediakan informasi terkini terkait budidaya kakao. Kami juga siap membantu pekebun kakao yang ingin terhubung dengan praktisi atau para-para ahli kakao terbaik di Indonesia, melalui layanan konsultasi atau pelatihan

    .

  • KAKAO INDONESIA menyediakan informasi terkait pengolahan biji kakao dan pemasaran. Kami juga siap membantu pekebun, kelompok tani, atau GAPOKTAN yang ingin memasok biji kakaonya secara langsung ke "pabrik pengolahan" untuk jumlah besar, dan kepada pemasok besar untuk jumlah yang terbatas. Melalui layanan ini diharapkan para kebun bisa mendapatkan harga jual yang lebih baik.

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterToday169
mod_vvisit_counterYesterday918
mod_vvisit_counterThis week6688
mod_vvisit_counterLast week10394
mod_vvisit_counterThis month6688
mod_vvisit_counterLast month30043
mod_vvisit_counterAll days180833

We have: 13 guests online
Your IP: 3.228.220.31
 , 
Today: Aug 07, 2020

Sekolah Kakao Gratis

PDF Print

Syamsuddin Hatta dengan salah satu klon unggulnya

MAMUJU-KAKAO INDONESIA, Tentu ini adalah kabar baik bagi para calon pekebun kakao. Karena Anda bisa belajar tentang budidaya kakao secara gratis. Lokasinya kliniknya  tepatnya di Kec. Tarailu Kabupaten Mamuju, Sulawesi Barat.

“ Saya telah memulai kegiatan ini sejak 5 tahun yang lalu”, ungkap Syamsuddin Hatta pemilik klinik Kakao Agro Prima. Di atas lahan seluas 50 ha ia mendirikan kebun koleksi kakao, berisikan tanaman unggul lokal asal Sulbar. Lalu kebun kakao uji coba dimana ia menerapkan beberapa alternatif budiaya daya kakao tumpang sari dengan cabe, jagung atau tanaman lainnya. Di kebun yang sama ia juga mencoba beberapa pola jarak tanam. Serta unit pembibitan dan pengolahan biji kakao.

Tanaman kakao di kebun percobaannya terlihat sangat menarik karena seluruhnya tengah berbuah cukup lebat untuk setiap pohon dan buah berukuran besar. Hal ini karena kebun dikelola sesuai dengan standar budidaya kakao. “Jadi dengan mengamati kebun saya, maka para peserta pelatihan melihat dampaknya terdapat produksi jika merawat kebun dengan baik”, ungkapnya.

 

Kebun Koleksi Milik Syamsuddin Hatta

Gambar. Kebun Kakao Display

“Jadi dengan mengunjungi tempat ini maka para pekebun bisa belajar mulai dari pembibitan, budidaya hingga pasca panen”, jelasnya. Ketika ditanyakan soal lamanya pelaksanaan pelatihan, ia menjelaskan, biasanya sekitar 3 bulan. “Tapi kami juga menerima pelatihan yang waktunya hanya 3 minggu sd 1 bulan, tentu itu sesuai dengan kebutuhan para pekebun”, tambahnya. Harapannya, setelah lulus dari sekolah lapangannya para pekebun benar-benar mengenali kakao dengan baik dan mampu membantu kebun tanaman penghasil coklat yang baik di tempat asalnya.

Seluruh aktivitas pelatihan di kebun kliniknya tidak dikenalan biaya. Bahkan ia menyediakan pondokan bagi peserta yang ingin menginap, hanya untuk konsumsi ditanggu sendiri oleh peserta. Itu sebabnya kliniknya telah dikunjungi banyak “siswa kakao” dari dalam dan luar negeri.

Ketika ditanyakan motivasinya mendirikan sekolah coklat, ia menjawab santai , “ Ini adalah cara saya berbagi pada masyarakat. Karena saya bisa merasakan kesuksesan seperti ini saat ini karena adanya orang-orang yang mau berbagi ilmu secara cuma-cuma kepada saya”.

 

 

Call Kakao Indonesia 

+6285395459624

+6285395459624 (WA)

kakaoindonesia1@gmail.com

versi

English French German Italian Portuguese Russian Spanish