• KAKAO INDONESIA merupakan pusat informasi dan jejaring pertama di Indonesia, yang fokus pada komoditas kakao. KAKAO INDONESIA didukung para pakar, praktisi, pabrikan kakao yang ada di Indonesia. Melalui layanan yang disediakan, para pekebun kakao diharapkan bisa mendapatkan informasi teraktual, dan terhubung dengan para pakar kakao terbaik di Indonesia.

    OFFICE: Jl. Duta III no. 11, Pondok Duta I, Cimanggis Jawa Barat. (CALL CANTRE: 085395459624. Email: kakaoindonesia1@gmail.com)

  • Kakao Indonesia menyediakan informasi tentang klon-klon kakao terbaik dan sumber bahan tanam kakao bermutu. Melalui layanan ini, para pekebun kakao di seluruh Indonesia diharapkan bisa memperoleh bahan tanam unggu

     

  • KAKAO INDONESIA menyediakan informasi terkini terkait budidaya kakao. Kami juga siap membantu pekebun kakao yang ingin terhubung dengan praktisi atau para-para ahli kakao terbaik di Indonesia, melalui layanan konsultasi atau pelatihan

    .

  • KAKAO INDONESIA menyediakan informasi terkait pengolahan biji kakao dan pemasaran. Kami juga siap membantu pekebun, kelompok tani, atau GAPOKTAN yang ingin memasok biji kakaonya secara langsung ke "pabrik pengolahan" untuk jumlah besar, dan kepada pemasok besar untuk jumlah yang terbatas. Melalui layanan ini diharapkan para kebun bisa mendapatkan harga jual yang lebih baik.

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterToday2282
mod_vvisit_counterYesterday840
mod_vvisit_counterThis week4442
mod_vvisit_counterLast week3561
mod_vvisit_counterThis month22472
mod_vvisit_counterLast month23515
mod_vvisit_counterAll days1002163

We have: 208 guests online
Your IP: 44.192.52.167
 , 
Today: Nov 30, 2022

Pemerintah Daerah dan Aparatur Sipil Perkebunan Mendapatkan Penghargaan Gamal Award

PDF 

JAKARTA-KAKAO INDONESIA. Ditengah berbagai gelombang yang dihadapi perkebunan nasional dan isu hangat terkait masalah integritasi dari aparatur sipil negara, Gamal Institute kembali memberikan memberikan Gamal Award kepada pemerintah dan aparatur sipil. Adapun tema yang diusung "Saatnya Pemerintah dan Aparatur Perkebunan Menjadi Katalisator Pengembangan Perkebunan" (28/10).

Ir. Gamal Nasir, MS selaku founder Gamal Institute menyampaikan dalam sambutannya, pemberian Gamal Award bertujuan untuk menunjukkan bahwa masih banyak aparatur sipil negara yang memiliki visi, integritas dan memiliki spirit melayani masyarakat, sehingga berkontribusi terhadap kemajuan di bidang perkebunan.  Sehingga memberikan jawaban ditengah tumbuhnya generalisasi persepsi negatif terhadap aparatus sipil negara. Di sisi lain, diharapkan keberadaan tokoh-tokoh penerima penghargaan dapat menjadi inspirasi bagi aparatus sipil lainnya.

Untuk pemerintah daerah, Gamal Institute memberikan Gamal Award kepada Kabupaten Meranti, Riau dan Kolaka Utara, Sulawesi Tenggara. Kabupaten Meranti mendapatkan penghargaan dengan kategori Pemerintah Daerah sebagai Pemerintah Daerah Sukses Mengembangkan Perkebunan Sagu Bernilai Tambah karena sukses mengembangkan sagu, komoditas yang indentik dengan Indonesia bagian Timur. Saat ini kabupaten ini sudah mampu memproduksi sagu sebanyak   676 ton/hari. Ketersediaan bahan baku ini telah menciptakan industri pengolahan yang menciptakan perputaran uang yang cukup besar di Kabupaten ini. Tercatat terdapat  360 Produk olahan dari kabupaten ini dan dihasilkan sekitar 70  Perusahaan.

Kabupaten Kolaka Utara mendapatkan penghargaan dengan kategori Pemerintah Daerah Kolaka Utara sebagai Pemerintah Daerah Sukses Mengembangkan Kakao Bernilai Tambah, karena dianggap konsisten dalam mengembangan kakao, ditengah tingginya laju konversi  komoditas bahan baku cokelat kepada tanaman lain. Sejak tahun 2018 7,900.000 batang bibit dibagikan dan mencanangkan program revitalisasi kakao 43.000 ha. Selin itu pembinaan petani dilakukan secara konsisten melalui Lembaga Ekonomi Masyarakat Sejahtera dan Pengembangan Koperasi. Saat ini petani kakao asal Kolaka Utara sukses menembus pasar Jepang sebagai biji kakao premium

Sementara untuk kategori aparatur sipil, Gamal Institute memberikan penghargaan kepada Prof. Dr. Ir. Novarianto Hengky, MS untuk kategori sebagai Penggagas, Pemulia dan Penghasil Varietas kelapa katalisator pengembangan perkebunan  karena memiliki peran dalam pelepasan varietas unggul  kelapa. Setidaknya tercatat lebih dari 10 varietas kelapa yang telah beliau lepaskan bersama tim peneliti Balitpalma dan sekitar 20 varietas untuk kelapa, aren, pinang dan palma lainnya . Puncaknya pencapaiannya sebagai pemulia Hengniu ini yang melalui kerjasama dengan swasta tahun 2023 sudah mulai berproduksi, yang merupakan lompatan dalam industri perbenihan kelapa.

Gamal Institute memberikan penghargaan kepada Dra. Endang Hadipoentyanti, MS, untuk kategori Penggagas, Penghasil Varietas atsiri dan vanili, katalisator pengembangan perkebunan yang pernah menjadi peneliti di Balai Penelitian Tanaman Rempah dan Obat dan saat ini berkiprah di Badan Riset dan Inovasi Nasional Pelaku. Pemulia ini memiliki peran penting dalam varietas unggul  vanili, maupun atsiri yang saat ini telah digunakan secara luas dalam pengembangan. Sebut saja, sitrona 1, vania 1, vania 2,  dan baru saja juga dilepas vanili dengan kadar vanili yang fantastik dan tahan penyakit busuk batang yakni Sovania Agribun. Setidaknya ada 12 varietas yang dilepas oleh pemulia ini, dan jutaan benih varietas tersebut sudah digunakan secara luas oleh masyarakat dan menciptakan bisnis benilai milyaran rupiah.

Untuk aparatur yang berasal dari Dinas Gamal Institute memberikan penghargaan kepada Ir, Nurdan dengan kategori Penggagas dan ininsiator pengembangan kebun sumber benih. Selama sebagai kelapa Balai Balai Pengawasan dan Pengujian Mutu Benih (BP2MB) Provinsi Sumatera Barat, memiliki peran dibalik terbangunnya sejumlah kebun sumber benih tanaman perkebunan. Sementara di provinsi lain realisasi pembangunan kebun sumber benih tidak mencapai 10 persen. Tidak heran hampir seluruh sumber benih komoditas unggulan perkebunan bisa dijumpai di Provinsi Ranah Minang in, seperti kebun induk kakao, gambir, sereh wangi, kelapa, pinang, kebun entres kopi, kakao, kebun sumber benih tembakau. Keberadaan kebun sumber benih tersebut berkontribusi pada peningkatan akses bagi masyarakat mendapatkan bibit unggul.

 

Call Kakao Indonesia 

+6285395459624

+6285395459624 (WA)

kakaoindonesia1@gmail.com

versi

English French German Italian Portuguese Russian Spanish