• KAKAO INDONESIA merupakan pusat informasi dan jejaring pertama di Indonesia, yang fokus pada komoditas kakao. KAKAO INDONESIA didukung para pakar, praktisi, pabrikan kakao yang ada di Indonesia. Melalui layanan yang disediakan, para pekebun kakao diharapkan bisa mendapatkan informasi teraktual, dan terhubung dengan para pakar kakao terbaik di Indonesia.

    OFFICE: Jl. Duta III no. 11, Pondok Duta I, Cimanggis Jawa Barat. (CALL CANTRE: 085395459624. Email: kakaoindonesia1@gmail.com)

  • Kakao Indonesia menyediakan informasi tentang klon-klon kakao terbaik dan sumber bahan tanam kakao bermutu. Melalui layanan ini, para pekebun kakao di seluruh Indonesia diharapkan bisa memperoleh bahan tanam unggu

     

  • KAKAO INDONESIA menyediakan informasi terkini terkait budidaya kakao. Kami juga siap membantu pekebun kakao yang ingin terhubung dengan praktisi atau para-para ahli kakao terbaik di Indonesia, melalui layanan konsultasi atau pelatihan

    .

  • KAKAO INDONESIA menyediakan informasi terkait pengolahan biji kakao dan pemasaran. Kami juga siap membantu pekebun, kelompok tani, atau GAPOKTAN yang ingin memasok biji kakaonya secara langsung ke "pabrik pengolahan" untuk jumlah besar, dan kepada pemasok besar untuk jumlah yang terbatas. Melalui layanan ini diharapkan para kebun bisa mendapatkan harga jual yang lebih baik.

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterToday33
mod_vvisit_counterYesterday357
mod_vvisit_counterThis week33
mod_vvisit_counterLast week4113
mod_vvisit_counterThis month33
mod_vvisit_counterLast month24145
mod_vvisit_counterAll days956209

We have: 13 guests online
Your IP: 44.200.137.63
 , 
Today: Oct 01, 2022

Tips Memasarkan Biji Kakao Premium Ala Petani Jembrana, Bali

PDF 

JAKARTA-KAKAO INDONESIA. Kakao, salah satu komoditi perkebunan yang berkembang di Indonesia namun masih banyak petani yang tidak tahu cara memasarkan biji kakao dengan harga pasar yang ada saat ini.

Dalam webinar Gamal Institute yang bertajuk “Rahasia Pemasaran Biji Kakao Premium Organik Rp 60.000/kg”, Kamis (04/08/2022). Ketut Wiadnyana (Ketua KSS Jembrana, Bali) mengatakan keterbukaan cara pengolahan biji kakao yang dilakukan kepada buyer dan terbuka atas masukannya menjadi metode yang pas untuk mendapat harga yang layak.

“Fermentasi kakao harus dilakukan dengan baik, tapi tidak terpaku kepada apa yang telah dilakukan, kita terbuka atas masukan dari manapun, misalnya dari buyer, mereka menyarankan pembalikan dilakukan 2-3 kali dilihat dari besar kecilnya biji” jelas Ketut Wiadnyana.

Selain itu, kita harus membangun kerjasama yang baik dengan buyer dan stakeholder lainnya. Serta melampirkan sertifikasi yang dimiliki saat menawarkan prodak guna meyakinkan buyer.

Biji kakao dari Jembara, Bali ini merupakan biji kakao yang banyak diminati buyer dari luar. Hal ini karena biji kakao Jembrana memiliki varian rasa yang cukup banyak dan unik. Aroma dan cita rasa ini terbentuk dari fermentasi, dimana di daerah lain juga pasti mempunyai ciri khasnya masing-masing.

Proses fermentasi prinsipnya mematikan pulp biji kakao, proses inilah yang penting agar aroma dan cita rasa kakao diciptakan. Kualitas yang diciptakan dilihat dari warna bijinya, jika tidak fermentasi warnanya cerah, jika difermentasi warnanya agak kusam karena pulpnya sudah mati. (TW)

 

CP : +62 852-3367-7810 (Yulivia)

 

Call Kakao Indonesia 

+6285395459624

+6285395459624 (WA)

kakaoindonesia1@gmail.com

versi

English French German Italian Portuguese Russian Spanish