• KAKAO INDONESIA merupakan pusat informasi dan jejaring pertama di Indonesia, yang fokus pada komoditas kakao. KAKAO INDONESIA didukung para pakar, praktisi, pabrikan kakao yang ada di Indonesia. Melalui layanan yang disediakan, para pekebun kakao diharapkan bisa mendapatkan informasi teraktual, dan terhubung dengan para pakar kakao terbaik di Indonesia.

    OFFICE: Jl. Duta III no. 11, Pondok Duta I, Cimanggis Jawa Barat. (CALL CANTRE: 085395459624. Email: kakaoindonesia1@gmail.com)

  • Kakao Indonesia menyediakan informasi tentang klon-klon kakao terbaik dan sumber bahan tanam kakao bermutu. Melalui layanan ini, para pekebun kakao di seluruh Indonesia diharapkan bisa memperoleh bahan tanam unggu

     

  • KAKAO INDONESIA menyediakan informasi terkini terkait budidaya kakao. Kami juga siap membantu pekebun kakao yang ingin terhubung dengan praktisi atau para-para ahli kakao terbaik di Indonesia, melalui layanan konsultasi atau pelatihan

    .

  • KAKAO INDONESIA menyediakan informasi terkait pengolahan biji kakao dan pemasaran. Kami juga siap membantu pekebun, kelompok tani, atau GAPOKTAN yang ingin memasok biji kakaonya secara langsung ke "pabrik pengolahan" untuk jumlah besar, dan kepada pemasok besar untuk jumlah yang terbatas. Melalui layanan ini diharapkan para kebun bisa mendapatkan harga jual yang lebih baik.

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterToday611
mod_vvisit_counterYesterday1606
mod_vvisit_counterThis week6078
mod_vvisit_counterLast week4657
mod_vvisit_counterThis month14589
mod_vvisit_counterLast month23036
mod_vvisit_counterAll days918865

We have: 22 guests online
Your IP: 3.235.140.84
 , 
Today: Aug 17, 2022

Inilah Standar Kelas Mutu Biji Kakao

PDF 

JAKARTA-KAKAO INDONESIA. Mutu biji kakao yang dihasilkan dari pengolahan kakao sendiri berpengaruh langsung terhadap harga jual yang didapatkan.

Biasanya terdapat standar yang sudah ditetapkan baik dengan menjual dari biji kakao basah, biji kakao kering belum terfermentasi, maupun biji kakao kering yang telah terfermentasi.

Standar mutu kakao mengacu pada SNI 01-2323-2008, dimana biji kakao yang diperdagangkan harus telah memenuhi standar ini.

Biji kakao harus memiliki kaar air maksimal sebesar 7,5%, terbebas dari pathogen, biji tidak berbau asap atau bau asing yang tidak normal, kadar biji pecah masimal 3% dan tidak tercampur benda asing.

Biji kakao kering dapat dikelompokan menjadi tiga kelas mutu. Dimana kelas mutu I, yaitu biji kakao yang memiliki kriteria kadar biji berjamur maksimal 2 biji, kadar biji berserangga maksimal 1, biji kadar biji tidak terfermentasi maksimal 3 biji, kadar kotoran maksimal 1,5 biji dan kadar biji berkecambah maksimal 2 biji.

Kelas II, kadar biji berjamur maksimal 4 biji, kadar biji berserangga maksimal 2 biji, kadar biji tidak terfermentasi maksimal 8 biji, kadar kotoran maksimal 2 biji dan kadar biji berkecambah maksimal 3 biji.

Kelas III, kadar biji berserangga maksimal 2 biji, kadar biji berjamur maksimal 4 biji, kadar biji tidak terfermentasi maksimal 20 biji, kadar kotoran maksimal 3 biji dan kadar biji berkecambah maksimal 3 biji. (TW)

 

Call Kakao Indonesia 

+6285395459624

+6285395459624 (WA)

kakaoindonesia1@gmail.com

versi

English French German Italian Portuguese Russian Spanish