• KAKAO INDONESIA merupakan pusat informasi dan jejaring pertama di Indonesia, yang fokus pada komoditas kakao. KAKAO INDONESIA didukung para pakar, praktisi, pabrikan kakao yang ada di Indonesia. Melalui layanan yang disediakan, para pekebun kakao diharapkan bisa mendapatkan informasi teraktual, dan terhubung dengan para pakar kakao terbaik di Indonesia.

    OFFICE: Jl. Duta III no. 11, Pondok Duta I, Cimanggis Jawa Barat. (CALL CANTRE: 085395459624. Email: kakaoindonesia1@gmail.com)

  • Kakao Indonesia menyediakan informasi tentang klon-klon kakao terbaik dan sumber bahan tanam kakao bermutu. Melalui layanan ini, para pekebun kakao di seluruh Indonesia diharapkan bisa memperoleh bahan tanam unggu

     

  • KAKAO INDONESIA menyediakan informasi terkini terkait budidaya kakao. Kami juga siap membantu pekebun kakao yang ingin terhubung dengan praktisi atau para-para ahli kakao terbaik di Indonesia, melalui layanan konsultasi atau pelatihan

    .

  • KAKAO INDONESIA menyediakan informasi terkait pengolahan biji kakao dan pemasaran. Kami juga siap membantu pekebun, kelompok tani, atau GAPOKTAN yang ingin memasok biji kakaonya secara langsung ke "pabrik pengolahan" untuk jumlah besar, dan kepada pemasok besar untuk jumlah yang terbatas. Melalui layanan ini diharapkan para kebun bisa mendapatkan harga jual yang lebih baik.

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterToday733
mod_vvisit_counterYesterday1606
mod_vvisit_counterThis week6200
mod_vvisit_counterLast week4657
mod_vvisit_counterThis month14711
mod_vvisit_counterLast month23036
mod_vvisit_counterAll days918987

We have: 56 guests online
Your IP: 3.235.140.84
 , 
Today: Aug 17, 2022

Saatnya Petani Kakao Membentu Koperasi

PDF 

Apa Itu Koperasi: Pengertian, Sejarah, Fungsi, Tujuan, dan Prinsipnya  Halaman all - Kompas.com

JAKARTA-KAKAO INDONESIA. Keberadaan koperasi kakao boleh dikatakan sangat langka. Kalaupun ada, kondisinya tidak semuanya cukup baik. Namun membangun koperasi kakao sudah menjadi keharusan untuk mengatasi sulitnya memasarkan biji kakao dengan harga menarik.

Koperasi Kerta Semaya Samaniya (KSS) di Kabupaten Jembrana merupakan salah satu dari sekian banyak kelembagaan petani yang sukses melakukan ekspor biji kakao secara langsung ke Prancis. Demikian juga dengan Koperasi Kakao Mitra Agribisnis Mandiri (MAM) yang berhasil memasarkan kakao premium dengan harga menarik bekerjasama dengan artisan cokelat.

Hanya tidak banyak inisiatif membentuk koperasi di perkebunan kakao. Padahal dengan memiliki koperasi maka hasil panen petani dapat dikumpulkan secara kolektif untuk diolah dengan standar sesuai kebutuhan buyer.

Selain itu dengan adanya koperasi akan memudahkan buyer menjalin kemitraan. Pasalnya satu koperasi bisa mewadahi anggota hingga ribuan orang, dan mengelola ratusan ha. Selain pembinaan petani menjadi lebih mudah.

Jadi untuk mewujudkan tata niaga kakao yang lebih baik, maka sangat dibutuhkan koperasi kakao yang ditangani secara profesional. Sebaiknya melibatkan entrepreneur muda dalam pengelolaan koperasi ini.

 

Call Kakao Indonesia 

+6285395459624

+6285395459624 (WA)

kakaoindonesia1@gmail.com

versi

English French German Italian Portuguese Russian Spanish