• KAKAO INDONESIA merupakan pusat informasi dan jejaring pertama di Indonesia, yang fokus pada komoditas kakao. KAKAO INDONESIA didukung para pakar, praktisi, pabrikan kakao yang ada di Indonesia. Melalui layanan yang disediakan, para pekebun kakao diharapkan bisa mendapatkan informasi teraktual, dan terhubung dengan para pakar kakao terbaik di Indonesia.

    OFFICE: Jl. Duta III no. 11, Pondok Duta I, Cimanggis Jawa Barat. (CALL CANTRE: 085395459624. Email: kakaoindonesia1@gmail.com)

  • Kakao Indonesia menyediakan informasi tentang klon-klon kakao terbaik dan sumber bahan tanam kakao bermutu. Melalui layanan ini, para pekebun kakao di seluruh Indonesia diharapkan bisa memperoleh bahan tanam unggu

     

  • KAKAO INDONESIA menyediakan informasi terkini terkait budidaya kakao. Kami juga siap membantu pekebun kakao yang ingin terhubung dengan praktisi atau para-para ahli kakao terbaik di Indonesia, melalui layanan konsultasi atau pelatihan

    .

  • KAKAO INDONESIA menyediakan informasi terkait pengolahan biji kakao dan pemasaran. Kami juga siap membantu pekebun, kelompok tani, atau GAPOKTAN yang ingin memasok biji kakaonya secara langsung ke "pabrik pengolahan" untuk jumlah besar, dan kepada pemasok besar untuk jumlah yang terbatas. Melalui layanan ini diharapkan para kebun bisa mendapatkan harga jual yang lebih baik.

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterToday851
mod_vvisit_counterYesterday1027
mod_vvisit_counterThis week6583
mod_vvisit_counterLast week7981
mod_vvisit_counterThis month25101
mod_vvisit_counterLast month24275
mod_vvisit_counterAll days726315

We have: 15 guests online
Your IP: 23.20.20.52
 , 
Today: Jan 25, 2022

Kakao dan Kesehatan Jantung

PDF 

JAKARTA-KAKAO INDONESIA. Buah kakao. memiliki banyak manfaat kesehatan, salah satunya khasiat cokelat untuk kesehatan jantung. Dari berbagai hasil penelitian yang ada, bahan penting dalam kakao yang memiliki khasiat pada kesehatan jantung adalah phenol baik itu yang disebut catechin, epicatechin maupun flavanols dan jenis lemak kokoa.

Pada penelitian terbaru, kandungan phenol pada kakao jauh lebih banyak dibanding pada teh maupun anggur (Jalil dan Ismail, 2008). Banyak penelitian yang membuktikan adanya hubungan positif antara kandungan phenol pada kakao dengan kesehatan jantung, baik meningkatkan kadar HDL (kolesterol baik) dan menurunkan kolesterol jahat (kadar LDL), mengurangi tekanan darah, maupun keluhan-keluhan lain terkait kesehatan jantung.

Kadar senyawa phenol pada kakao dipengaruhi oleh bibit asalnya, lingkungan tumbuhnya, maupun proses pengolahan. Menurut Hii, Law, Suzannah, Misnawi dan Cloke (2009), kandungan phenol pada cocoa powder (bubuk kokoa) adalah yang tertinggi dibanding produk turunan kakao yang lain, terutama yang natural cocoa powder daripada yang alkalized cocoa powder.

Natural cocoa powder diperoleh dari biji kakao kering (setelah difermentasi) yang dihilangkan kulitnya, dipanggang (roasting), dihaluskan, dipres untuk diambil lemaknya hingga tersisa sekitar 10-12% lemak dalam cocoa powder atau bubuk kakaonya. Sementara itu, alkalized cocoa powder dibuat dengan menambahkan larutan alkali selama proses pemangganggan sehingga dapat diperoleh variasi warna dan rasa untuk berbagai kebutuhan industri pangan pemakainya.

Senyawa phenol dalam kokoa mempunyai kemampuan untuk menghambat oksidasi kolesterol LDL (kolesterol jahat) dan kandungan lemak pada cokelat kualitas tinggi terbukti bebas kolesterol dan tidak menyumbat pembuluh darah. Pada tahun 2007, sebuah penelitian mempublikasikan dalam arsip Internal Medicine bahwa makan makanan kaya phenol seperti kokoa dapat mengurangi tekanan darah.

Sejumlah peneliti di Harvard School of Public Health mengemukakan bahwa kandungan phenolik maupun jenis lemak dalam kokoa tidak memiliki akibat apapun dalam aliran darah, tingkat kolesterol maupun segala hal yang terkait kesehatan jantung karena lemak kakao diserap secara berbeda dibanding lemak jenuh lainnya. Dalam Jurnal American Medical Association, Juli 2007, melaporkan dengan 30 kalori cokelat kaya phenol per hari dapat berangsur angsur menurunkan tekanan darah setelah 18 minggu.

 

Call Kakao Indonesia 

+6285395459624

+6285395459624 (WA)

kakaoindonesia1@gmail.com

versi

English French German Italian Portuguese Russian Spanish