• KAKAO INDONESIA merupakan pusat informasi dan jejaring pertama di Indonesia, yang fokus pada komoditas kakao. KAKAO INDONESIA didukung para pakar, praktisi, pabrikan kakao yang ada di Indonesia. Melalui layanan yang disediakan, para pekebun kakao diharapkan bisa mendapatkan informasi teraktual, dan terhubung dengan para pakar kakao terbaik di Indonesia.

    OFFICE: Jl. Duta III no. 11, Pondok Duta I, Cimanggis Jawa Barat. (CALL CANTRE: 085395459624. Email: kakaoindonesia1@gmail.com)

  • Kakao Indonesia menyediakan informasi tentang klon-klon kakao terbaik dan sumber bahan tanam kakao bermutu. Melalui layanan ini, para pekebun kakao di seluruh Indonesia diharapkan bisa memperoleh bahan tanam unggu

     

  • KAKAO INDONESIA menyediakan informasi terkini terkait budidaya kakao. Kami juga siap membantu pekebun kakao yang ingin terhubung dengan praktisi atau para-para ahli kakao terbaik di Indonesia, melalui layanan konsultasi atau pelatihan

    .

  • KAKAO INDONESIA menyediakan informasi terkait pengolahan biji kakao dan pemasaran. Kami juga siap membantu pekebun, kelompok tani, atau GAPOKTAN yang ingin memasok biji kakaonya secara langsung ke "pabrik pengolahan" untuk jumlah besar, dan kepada pemasok besar untuk jumlah yang terbatas. Melalui layanan ini diharapkan para kebun bisa mendapatkan harga jual yang lebih baik.

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterToday176
mod_vvisit_counterYesterday559
mod_vvisit_counterThis week735
mod_vvisit_counterLast week3848
mod_vvisit_counterThis month15268
mod_vvisit_counterLast month26821
mod_vvisit_counterAll days647036

We have: 11 guests online
Your IP: 3.234.211.61
 , 
Today: Oct 25, 2021

Selama Pandemi, Petani Milenial Ini Memasarkan dan Mengolah Biji Kakao Premium

PDF 

MAKASSAR-KAKAO INDONESIA. Petani muda atau akrab disebut petani milenial ini sudah mampu membudidayakan kakao hingga menjadi produk cokelat. Mereka merupakan pemuda usia 20 tahun dari Luwu Timur yang merupakan binaan kelompok tani Pemuda Tani Milenial.

"Umurnya sekitar 20 tahun, sudah bisa budidaya kakao, fermentasi, hingga mengolah biji kakao menjadi produk cokelat, serta membuat pupuk organik cair" ungkap Anto pengurus Koperasi Cahaya Tani.

Mereka adalah Jalaluddin, Candra, Akbar, Fahmi, Darwan, Nur Hidayat, Nur Fahri, Fahrul, Ayun, dan Khaerul. Pencapaian luar biasa di umur yang masih muda bagi para petani di Luwu Timur yaitu sudah berhasil mengirim biji fermentasi ke Mason Bali, Pod Chocolate di Bali, dan membuat single original di Onuka Cokelat.

Para milenial ini sudah mampu menghasilkan 900 kg biji fermentasi dalam satu kali produksi di dampingi para senior dari koperasi. Mereka memanfaatkan waktu selama pandemi disela tidak sekolah tatap muka.

"Luas demo plot ada sekitar 4 hektar, masing-masing juga masih merupakan kebun milik orang tuanya" Jelas Anto.

Pandemi bukanlah penghalang bagi mereka yang ingin mengembangkan niat belajar dan usaha bagi para petani milenial di Luwu Timur. Dengan demikian mereka layak menjadi contoh milenial teladan yang mampu mengoptimalkan waktunya di tengah pandemi. (AA)

 

Call Kakao Indonesia 

+6285395459624

+6285395459624 (WA)

kakaoindonesia1@gmail.com

versi

English French German Italian Portuguese Russian Spanish