• KAKAO INDONESIA merupakan pusat informasi dan jejaring pertama di Indonesia, yang fokus pada komoditas kakao. KAKAO INDONESIA didukung para pakar, praktisi, pabrikan kakao yang ada di Indonesia. Melalui layanan yang disediakan, para pekebun kakao diharapkan bisa mendapatkan informasi teraktual, dan terhubung dengan para pakar kakao terbaik di Indonesia.

    OFFICE: Jl. Duta III no. 11, Pondok Duta I, Cimanggis Jawa Barat. (CALL CANTRE: 085395459624. Email: kakaoindonesia1@gmail.com)

  • Kakao Indonesia menyediakan informasi tentang klon-klon kakao terbaik dan sumber bahan tanam kakao bermutu. Melalui layanan ini, para pekebun kakao di seluruh Indonesia diharapkan bisa memperoleh bahan tanam unggu

     

  • KAKAO INDONESIA menyediakan informasi terkini terkait budidaya kakao. Kami juga siap membantu pekebun kakao yang ingin terhubung dengan praktisi atau para-para ahli kakao terbaik di Indonesia, melalui layanan konsultasi atau pelatihan

    .

  • KAKAO INDONESIA menyediakan informasi terkait pengolahan biji kakao dan pemasaran. Kami juga siap membantu pekebun, kelompok tani, atau GAPOKTAN yang ingin memasok biji kakaonya secara langsung ke "pabrik pengolahan" untuk jumlah besar, dan kepada pemasok besar untuk jumlah yang terbatas. Melalui layanan ini diharapkan para kebun bisa mendapatkan harga jual yang lebih baik.

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterToday185
mod_vvisit_counterYesterday559
mod_vvisit_counterThis week744
mod_vvisit_counterLast week3848
mod_vvisit_counterThis month15277
mod_vvisit_counterLast month26821
mod_vvisit_counterAll days647045

We have: 9 guests online
Your IP: 3.234.211.61
 , 
Today: Oct 25, 2021

Step by Step Fermentasi Biji Kakao

PDF 

JAKARTA- KAKAO INDONESIA. Pasca panen dalam budidaya kakao salah satunya adalah fermentasi, langkah fermentasi menjadi sangat penting karena dalam proses inilah kualitas dari biji cokelat akan terlihat.

Azhar Mahir, pembina petani asal Kolaka Timur menjelaskan jika fermentasi kakao membutuhkan waktu 4-5 hari untuk siap dilanjutkan ke proses selanjutnya. Perlu perlakuan yang tepat untuk mendapatkan kualitas prima.

 

Hari pertama,  pekebun harus cek kondisi plasenta, biji pecah, kulit kakao atau bahan lainnya agar tidak tercampur. Lalu pastikan tinggi tumpukan minimal 40-60 cm. Awalnya temperatur sekitar 40°C, pastikan terus ada peningkatan suhu.

Hari kedua, warna biji kakao akan berubah dan mulai muncul bau asam, kemudian dibalikkan dalam waktu 48 jam. Pada tahap ini suhu akan berkisar 48-52°C.

Hari ketiga,  bau asam akan semakin kuat diikuti dengan terjadinya proses kimia atau zat gula-alkohol.

Hari keempat, biji kakao akan semakin berwarna cokelat dan baunya pun meningkat,  pada tahap ini fermentasi biji kakao ini akan menghasilkan reaksi kimia dari alkohol ke asam asetat.

Selanjutnya hari terakhir, kulit kakao akan mulai mengering dan biji kakao akan berwarna ungu apabila dibelah. Suhu berkisar 46°C.

Setelah rangkaian proses tersebut selesai,  biji kakao dikeluarkan dari kotak fermentasi dan siap diolah pada proses selanjutnya.

Jadi,  proses dari buah biji kakao hingga biji kakao siap olah butuh tahap yang benar-benar harus diperhatikan. Guna menghasilkan cokelat dengan kualitas yang baik. (AA)

 

Call Kakao Indonesia 

+6285395459624

+6285395459624 (WA)

kakaoindonesia1@gmail.com

versi

English French German Italian Portuguese Russian Spanish