• KAKAO INDONESIA merupakan pusat informasi dan jejaring pertama di Indonesia, yang fokus pada komoditas kakao. KAKAO INDONESIA didukung para pakar, praktisi, pabrikan kakao yang ada di Indonesia. Melalui layanan yang disediakan, para pekebun kakao diharapkan bisa mendapatkan informasi teraktual, dan terhubung dengan para pakar kakao terbaik di Indonesia.

    OFFICE: Jl. Duta III no. 11, Pondok Duta I, Cimanggis Jawa Barat. (CALL CANTRE: 085395459624. Email: kakaoindonesia1@gmail.com)

  • Kakao Indonesia menyediakan informasi tentang klon-klon kakao terbaik dan sumber bahan tanam kakao bermutu. Melalui layanan ini, para pekebun kakao di seluruh Indonesia diharapkan bisa memperoleh bahan tanam unggu

     

  • KAKAO INDONESIA menyediakan informasi terkini terkait budidaya kakao. Kami juga siap membantu pekebun kakao yang ingin terhubung dengan praktisi atau para-para ahli kakao terbaik di Indonesia, melalui layanan konsultasi atau pelatihan

    .

  • KAKAO INDONESIA menyediakan informasi terkait pengolahan biji kakao dan pemasaran. Kami juga siap membantu pekebun, kelompok tani, atau GAPOKTAN yang ingin memasok biji kakaonya secara langsung ke "pabrik pengolahan" untuk jumlah besar, dan kepada pemasok besar untuk jumlah yang terbatas. Melalui layanan ini diharapkan para kebun bisa mendapatkan harga jual yang lebih baik.

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterToday2035
mod_vvisit_counterYesterday2883
mod_vvisit_counterThis week11998
mod_vvisit_counterLast week12518
mod_vvisit_counterThis month14249
mod_vvisit_counterLast month47314
mod_vvisit_counterAll days489134

We have: 19 guests online
Your IP: 3.238.96.184
 , 
Today: May 07, 2021

Cara Menyimpan Biji Kakao dalam Karung

PDF 

https://techcompanynews.com/wp-content/uploads/2018/10/IronFx-cocoa_beans.jpg

JAKARTA-KAKAO INDONESIA. Biji kakao dapat disimpan dalam jangka waktu lama. Namun di sisi lain jika tidak dengan perlakukan yang tepat bahan baku cokelat tersebut beresiko terkontaminasi jamur atau mengalami kerusakan. Salah satu faktor yang dapat menurunkan mutu biji kakao adalah kesalahan dalam penyimpanan.

Lalu bagaimanakah seharusnya menyimpan biji kakao yang benar?

Menurut Buku Panduan Teknis Budidaya Kakao ( 2009) yang diterbitkan oleh Direktorat Jenderal Perkebunan disebutkan jika penyimpanan yang baik bertujuan menjaga biji kakao dengan kadar air yang ideal dan bebas kontaminasi hama atau bahan-bahan lainnya.

Hal pertama pertama yang harus diperhatikan adalah karung goni tidak boleh diletakkan di atas lantai semen karena biji kakao kering dapat menyerap air dari lantai. Sementara saat akan memasukkan biji ke dalam karung sebaiknya tidak dalam kondisi panas sehabis penjemuran karena dapat meningkatkan kelembapan di dalam karung. Sebaiknya ditunggu hingga dingin.

Pastikan tempat penyimpanan bebas dari air hujan dan hama perusak, bersih, dan memiliki sirkulasi udara yang baik. Sebaiknya tidak digabung dengan benda-benda lain seperti ikan, cengkeh, kopi, kopra, minyak diesel, bahan kimia atau benda berbau tajam lainnya. Mengingat biji kakao dapat menyerap aroma di sekitarnya.

Karung goni yang telah digunakan dan terdapat sisa biji kakao sebaiknya dibersihkan dahulu sebelum dipakai kembali. Jika perlu dibalikkan dan dijemur terlebih dahulu sehingga dapat dipastikan kondisinya bersih dan kering.

 

Call Kakao Indonesia 

+6285395459624

+6285395459624 (WA)

kakaoindonesia1@gmail.com

versi

English French German Italian Portuguese Russian Spanish