• KAKAO INDONESIA merupakan pusat informasi dan jejaring pertama di Indonesia, yang fokus pada komoditas kakao. KAKAO INDONESIA didukung para pakar, praktisi, pabrikan kakao yang ada di Indonesia. Melalui layanan yang disediakan, para pekebun kakao diharapkan bisa mendapatkan informasi teraktual, dan terhubung dengan para pakar kakao terbaik di Indonesia.

    OFFICE: Jl. Duta III no. 11, Pondok Duta I, Cimanggis Jawa Barat. (CALL CANTRE: 085395459624. Email: kakaoindonesia1@gmail.com)

  • Kakao Indonesia menyediakan informasi tentang klon-klon kakao terbaik dan sumber bahan tanam kakao bermutu. Melalui layanan ini, para pekebun kakao di seluruh Indonesia diharapkan bisa memperoleh bahan tanam unggu

     

  • KAKAO INDONESIA menyediakan informasi terkini terkait budidaya kakao. Kami juga siap membantu pekebun kakao yang ingin terhubung dengan praktisi atau para-para ahli kakao terbaik di Indonesia, melalui layanan konsultasi atau pelatihan

    .

  • KAKAO INDONESIA menyediakan informasi terkait pengolahan biji kakao dan pemasaran. Kami juga siap membantu pekebun, kelompok tani, atau GAPOKTAN yang ingin memasok biji kakaonya secara langsung ke "pabrik pengolahan" untuk jumlah besar, dan kepada pemasok besar untuk jumlah yang terbatas. Melalui layanan ini diharapkan para kebun bisa mendapatkan harga jual yang lebih baik.

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterToday197
mod_vvisit_counterYesterday927
mod_vvisit_counterThis week197
mod_vvisit_counterLast week8855
mod_vvisit_counterThis month29970
mod_vvisit_counterLast month33472
mod_vvisit_counterAll days392077

We have: 53 guests online
Your IP: 3.239.33.139
 , 
Today: Feb 27, 2021

Ditengah Pandemik Java Cocoa Tembus Pasar Luar Negeri

PDF 

JAKARTA-KAKAO INDONESIA. Walaupun dikenal sebagai produsen cocoa bulk, ternyata Indonesia juga merupakan penghasil kakao mulia. Biji kakao asal PTPN XII ternyata masih mampu menembus pasar Eropa  dan Amerika, di tengah kondisi krisis ekonomi global akibat pandemik.

Menurut Winarto, Kepala Bagian Sekretaris Perusahaan PTPN XII, tahun 2020 perusahaan BUMN tersebut berhasil mengekspor biji kakao mulia hingga 152 ton. Dengan negara tujuan Prancis, Jerman, Belgia dan Amerika Serikat.

“Java Cocoa memiliki keunggulan antara lain aromanya yang khas. Sehingga lazim digunakan untuk membuat cokelat premium. Sementara harga jualnya umumnya 2 kali harga kakao bulk”, jelas Winarto.

Gambar. Tampilan biji kakao mulia

Hanya saja keberadaan kebun kakao mulia yang berada di Jember dan Banyuwangi Provinsi Jawa Timur, tersebut saat ini sedang berada dalam tahap evaluasi. PTPN XII berencana mengkonversi areal tanaman kakao yang tidak produktif ke komoditas lain yang lebih menguntungkan. Kakao mulia berpeluang untuk digantikan dengan tanaman lain mengingat pemeliharaan fine cocoa relatif lebih rumit daripada kakao lindak.

Tentu banyak yang berharap agar perkebunan penghasil biji kakao mulia dan berwarna terang tersebut tetap dipertahankan. Selain karena harganya yang menarik, kebun kakao mulia di PTPN XII adalah kebun fine cocoa yang masih tersisa di Indonesia.

 

Call Kakao Indonesia 

+6285395459624

+6285395459624 (WA)

kakaoindonesia1@gmail.com

versi

English French German Italian Portuguese Russian Spanish