• KAKAO INDONESIA merupakan pusat informasi dan jejaring pertama di Indonesia, yang fokus pada komoditas kakao. KAKAO INDONESIA didukung para pakar, praktisi, pabrikan kakao yang ada di Indonesia. Melalui layanan yang disediakan, para pekebun kakao diharapkan bisa mendapatkan informasi teraktual, dan terhubung dengan para pakar kakao terbaik di Indonesia.

    OFFICE: Jl. Duta III no. 11, Pondok Duta I, Cimanggis Jawa Barat. (CALL CANTRE: 085395459624. Email: kakaoindonesia1@gmail.com)

  • Kakao Indonesia menyediakan informasi tentang klon-klon kakao terbaik dan sumber bahan tanam kakao bermutu. Melalui layanan ini, para pekebun kakao di seluruh Indonesia diharapkan bisa memperoleh bahan tanam unggu

     

  • KAKAO INDONESIA menyediakan informasi terkini terkait budidaya kakao. Kami juga siap membantu pekebun kakao yang ingin terhubung dengan praktisi atau para-para ahli kakao terbaik di Indonesia, melalui layanan konsultasi atau pelatihan

    .

  • KAKAO INDONESIA menyediakan informasi terkait pengolahan biji kakao dan pemasaran. Kami juga siap membantu pekebun, kelompok tani, atau GAPOKTAN yang ingin memasok biji kakaonya secara langsung ke "pabrik pengolahan" untuk jumlah besar, dan kepada pemasok besar untuk jumlah yang terbatas. Melalui layanan ini diharapkan para kebun bisa mendapatkan harga jual yang lebih baik.

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterToday527
mod_vvisit_counterYesterday1622
mod_vvisit_counterThis week2149
mod_vvisit_counterLast week8824
mod_vvisit_counterThis month20534
mod_vvisit_counterLast month27558
mod_vvisit_counterAll days349169

We have: 8 guests online
Your IP: 3.232.96.22
 , 
Today: Jan 18, 2021

Jembrana Sukses Ekspor Kakao Fermentasi di Tengah Pandemik

PDF 

JEMBRANA, BALI-KAKAO INDONESIA. Baru-baru ini Koperasi Kerta Semaya Samaniya (KSS) mendapatkan pencapaian yang sangat luar biasa dimana KSS mampu ekspor biji kakao fermentasi organik di tengah pandemik sebanyak satu kontainer yang mencapai 12 ton dengan harga lebih dari 660juta rupiah ke Deen Haag, Belanda, (10/20).

Petani kakao di Kabupaten Jembrana, Bali bagian barat melakukan pengolahan pascapanen sedikit berbeda. Atas komitmen bersama, Yayasan Kalimajari dan Koperasi Kerta Semaya Samaniya (KSS) Mengusung Program kakao lestari yang mana fokus pada biji kakao fermentasi yang tentunya organik. Hasilnya mereka mampu mendapatkan biji kakao berkualitas yang dijual ke pasar-pasar domestik maupun internasional.

Keberhasilan Koperasi KSS melakukan pemasaran kakao fermentsi bersama-sama karena adanya sinergi empat pilar antarapetani, koperasi KSS, Yayasan Kalimajari, dan Pemkab Jembrana. Yang tentunya perjuangan ini tidak mudah dan harus melewati proses yang berdarah-darah.

Ketua Koperasi KSS I Ketut Wiadnyana mengatakan, sebelum keberhasilan ini pada masa Covid-19, Koperasi KSS sudah kehilangan 3 purchase Order di luar negeri karena pandemik yang membuat berhentinya proses bisnis. Dari 22 buyer kami semuanya tidak ada yang mau menerima, namun dengan kerja keras bersama akhirnya kita bisa ekspor ke Belanda secara mandiri tanpa melalui pihak ketiga.

“Pencapaian saat ini bukanlah hal yang instan. Untuk mengumpulkan biji kakao satu kontainer tidak mudah. Dan kami sangat bangga khusunya para petani dari Jembrana karena biji kakao fermentasi kami dapat diterima di negara lain yang tentunya melewati proses sangat ketat untuk bisa sampai sana.” Imbuh I Gusti Ayu Agung Widiastuti, Direktur Yayasan Kalimajari.

Ia juga mengungkapkan sampel biji kakao kamipun baru diterima dan lolos ke Perancis, dengan berat 8 kilogram yang kami kirim ke Perancis untuk dites aromatic profile atau citarasa, fermentasi juga lainnya dan lolos setelah dua kali uji. Lalu Pada November mendatang kami akan mengirim ke Perancis dan Desember ke Jepang, semoga semua berjalan lancar.

 

Call Kakao Indonesia 

+6285395459624

+6285395459624 (WA)

kakaoindonesia1@gmail.com

versi

English French German Italian Portuguese Russian Spanish