• KAKAO INDONESIA merupakan pusat informasi dan jejaring pertama di Indonesia, yang fokus pada komoditas kakao. KAKAO INDONESIA didukung para pakar, praktisi, pabrikan kakao yang ada di Indonesia. Melalui layanan yang disediakan, para pekebun kakao diharapkan bisa mendapatkan informasi teraktual, dan terhubung dengan para pakar kakao terbaik di Indonesia.

    OFFICE: Jl. Duta III no. 11, Pondok Duta I, Cimanggis Jawa Barat. (CALL CANTRE: 085395459624. Email: kakaoindonesia1@gmail.com)

  • Kakao Indonesia menyediakan informasi tentang klon-klon kakao terbaik dan sumber bahan tanam kakao bermutu. Melalui layanan ini, para pekebun kakao di seluruh Indonesia diharapkan bisa memperoleh bahan tanam unggu

     

  • KAKAO INDONESIA menyediakan informasi terkini terkait budidaya kakao. Kami juga siap membantu pekebun kakao yang ingin terhubung dengan praktisi atau para-para ahli kakao terbaik di Indonesia, melalui layanan konsultasi atau pelatihan

    .

  • KAKAO INDONESIA menyediakan informasi terkait pengolahan biji kakao dan pemasaran. Kami juga siap membantu pekebun, kelompok tani, atau GAPOKTAN yang ingin memasok biji kakaonya secara langsung ke "pabrik pengolahan" untuk jumlah besar, dan kepada pemasok besar untuk jumlah yang terbatas. Melalui layanan ini diharapkan para kebun bisa mendapatkan harga jual yang lebih baik.

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterToday243
mod_vvisit_counterYesterday559
mod_vvisit_counterThis week802
mod_vvisit_counterLast week3848
mod_vvisit_counterThis month15335
mod_vvisit_counterLast month26821
mod_vvisit_counterAll days647103

We have: 9 guests online
Your IP: 3.234.211.61
 , 
Today: Oct 25, 2021

Strategi Sektor Perkebunan Kakao dalam Melewati Pandemi

PDF 

JAKARTA-KAKAO INDONESIA. Sub sektor perkebunan kakao dimasa Covid-19 winner or looser? bukan hanya dalam perkebunan saja namun pada semua sub sektor perindustrian mengalami hal serupa. Maka para pelaku perkebunan harus bisa memanfaatkan masa pandemi ini menjadi momentum peningkatan kesejahteraan petani.

Beberapa dampak Covid-19 terhadap sektor perkebunan kakao yang disampaikan oleh Prof. Laode Asrul diantaranya, stabilitas harga kakao ini mengalami penurunan harga referensi dan HPE biji kakao, yang disebabkan karena melemahnya harga internasional. Kemudian adanya perubahan rantai pasok pangan yang jalur pasoknya banyak menuju pasar modern berbasis online, dan transaksi dalam menggunakan platform digital meningkat pesat. Kemudian terhambatnya kegiatan ekspor karena adanya pembatasan perdagangan dari berbagai negara.

“Kita harus mempunyai strategi dalam sektor perkebunan kakao pada masa pandemi ini. Yang pertama yaitu dengan mengubah stategi pemasaran dengan memperluas target pasar dan pasar berbasis online. Kedua, meningkatkan fasilitas produksi dan konsumsi seperti mesin, subsidi pupuk, benih. Ketiga, Optimasi distribusi dan pentingnya protokol logistik terutama dalam penanganan Covid. Keempat, meningkatkan kapasitas industri, membuat penguatan kelembagaan petani dan terakhir kerjasama antar stakeholder” jelasnya.

Dengan strategi ini diharapkan petani bisa melewati masa pandemi. Sebelum akhirnya memikirkan stategi apa yang harus dilakukan pasca Covid-19 nanti.

 

Call Kakao Indonesia 

+6285395459624

+6285395459624 (WA)

kakaoindonesia1@gmail.com

versi

English French German Italian Portuguese Russian Spanish