• KAKAO INDONESIA merupakan pusat informasi dan jejaring pertama di Indonesia, yang fokus pada komoditas kakao. KAKAO INDONESIA didukung para pakar, praktisi, pabrikan kakao yang ada di Indonesia. Melalui layanan yang disediakan, para pekebun kakao diharapkan bisa mendapatkan informasi teraktual, dan terhubung dengan para pakar kakao terbaik di Indonesia.

    OFFICE: Jl. Duta III no. 11, Pondok Duta I, Cimanggis Jawa Barat. (CALL CANTRE: 085395459624. Email: kakaoindonesia1@gmail.com)

  • Kakao Indonesia menyediakan informasi tentang klon-klon kakao terbaik dan sumber bahan tanam kakao bermutu. Melalui layanan ini, para pekebun kakao di seluruh Indonesia diharapkan bisa memperoleh bahan tanam unggu

     

  • KAKAO INDONESIA menyediakan informasi terkini terkait budidaya kakao. Kami juga siap membantu pekebun kakao yang ingin terhubung dengan praktisi atau para-para ahli kakao terbaik di Indonesia, melalui layanan konsultasi atau pelatihan

    .

  • KAKAO INDONESIA menyediakan informasi terkait pengolahan biji kakao dan pemasaran. Kami juga siap membantu pekebun, kelompok tani, atau GAPOKTAN yang ingin memasok biji kakaonya secara langsung ke "pabrik pengolahan" untuk jumlah besar, dan kepada pemasok besar untuk jumlah yang terbatas. Melalui layanan ini diharapkan para kebun bisa mendapatkan harga jual yang lebih baik.

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterToday184
mod_vvisit_counterYesterday849
mod_vvisit_counterThis week4893
mod_vvisit_counterLast week6764
mod_vvisit_counterThis month28452
mod_vvisit_counterLast month33362
mod_vvisit_counterAll days235959

We have: 12 guests online
Your IP: 75.101.220.230
 , 
Today: Sep 30, 2020

Aroma Jawa di Cokelat Belgia

PDF 

SURABAYA-KAKAO INDONESIA. Apakah Anda suka dengan cokelat Belgia? Siapa sangka, ternyata dalam cokelat Belgia terkandung spirit dan kekayaan alam Indonesia. Pasalnya biji kakao mulia asal Jawa Timur menjadi bahan baku cokelat di negara tersebut.

Perkebunan kakao mulia (trinitario) yang masih tersisa di Indonesia ada di Jember dan Banyuwangi yang dikelola oleh PTPN XII. Hasilnya dikenal sebagai fine cocoa yang memiliki aroma yang khas sehingga menjadi bahan baku cokelat premium.

Setiap tahun PTPN XII mampu memproduksi hingga 500 ton biji kakao mulia. Mayoritas biji kakao tersebut diekspor ke Belgia, selebihnya dijual ke Singapura, dan pasar lokal. Sehingga tidak heran jika sejumlah produk cokelat lezat asal negara di Eropa Barat tersebut mengandung aroma Java Cocoa.

Memproduksi kakao mulia sesungguhnya bukanlah hal yang mudah. Pasalnya tanaman ini rentan terkena hama dan penyakit. Maka jangan heran jika jenis mulia ini jarang dikembangkan petani. Namun fine java cocoa bukti jika Indonesia juga penghasil biji kakao premium yang mendunia.

 

Call Kakao Indonesia 

+6285395459624

+6285395459624 (WA)

kakaoindonesia1@gmail.com

versi

English French German Italian Portuguese Russian Spanish