• KAKAO INDONESIA merupakan pusat informasi dan jejaring pertama di Indonesia, yang fokus pada komoditas kakao. KAKAO INDONESIA didukung para pakar, praktisi, pabrikan kakao yang ada di Indonesia. Melalui layanan yang disediakan, para pekebun kakao diharapkan bisa mendapatkan informasi teraktual, dan terhubung dengan para pakar kakao terbaik di Indonesia.

    OFFICE: Jl. Duta III no. 11, Pondok Duta I, Cimanggis Jawa Barat. (CALL CANTRE: 085395459624. Email: kakaoindonesia1@gmail.com)

  • Kakao Indonesia menyediakan informasi tentang klon-klon kakao terbaik dan sumber bahan tanam kakao bermutu. Melalui layanan ini, para pekebun kakao di seluruh Indonesia diharapkan bisa memperoleh bahan tanam unggu

     

  • KAKAO INDONESIA menyediakan informasi terkini terkait budidaya kakao. Kami juga siap membantu pekebun kakao yang ingin terhubung dengan praktisi atau para-para ahli kakao terbaik di Indonesia, melalui layanan konsultasi atau pelatihan

    .

  • KAKAO INDONESIA menyediakan informasi terkait pengolahan biji kakao dan pemasaran. Kami juga siap membantu pekebun, kelompok tani, atau GAPOKTAN yang ingin memasok biji kakaonya secara langsung ke "pabrik pengolahan" untuk jumlah besar, dan kepada pemasok besar untuk jumlah yang terbatas. Melalui layanan ini diharapkan para kebun bisa mendapatkan harga jual yang lebih baik.

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterToday188
mod_vvisit_counterYesterday918
mod_vvisit_counterThis week6707
mod_vvisit_counterLast week10394
mod_vvisit_counterThis month6707
mod_vvisit_counterLast month30043
mod_vvisit_counterAll days180852

We have: 13 guests online
Your IP: 3.228.220.31
 , 
Today: Aug 07, 2020

Karakteristik Mutu Biji Kakao Fermentasi

PDF 

JAKARTA-KAKAO INDONESIA. Biji kakao menjadi salah satu hasil perkebunan yang diekspor dan sangat menguntungkan untuk negara. Namun sayangnya biji Kakao dari Indonesia dinilai berkualitas rendah. Hal ini disebabkan karena beberapa hal, misalnya biji kakao Indonesia yang jarang difermentasi terlebih dahulu. Karena biji kakao yang sudah difermentasi lebih baik kualitasnya, dibandingkan biji kakao yang belum difermentasi.

Pasalnya proses fermentasi Kakao dinilai sangat penting sebelum diekspor, agar dapat bersaing dengan pasar internasional dan untuk menjawab peluang tren kenaikan harga komoditas perkebunan di pasar dunia. Lalu, bagaimana hasilnya jika biji kakao Indonesia difermentasi?

Dengan proses fermentasi maka dapat menghasilkan kakao lebih berkualitas, mulai dari aroma, warna bijinya dan cita rasa yang hampir sama dengan Kakao dari Ghana. Adapun kelebihan Kakao Indonesia yaitu tidak mudah meleleh dan cocok untuk blending (proses pencampuran dari beberapa jenis kakao yang berbeda dan menghasilkan rasa yang tepat).

Terdapat sebuah penelitian yang dilakukan oleh Melia Ariyanti, Balai Besar Industri Hasil Perkebunan mengenai mutu biji kakao fermentasi. Penelitian ini dilakukan terhadap biji kakao yang difermentasi 5-6 hari di Belopa, Kab. Luwu Sulawesi Selatan berdasarkan SNI 2323-2008. Biji Kakao ini didapatkan dari petani di Dusun Batu Titik Desa Batu Lappa, Belopa Kab. Luwu.

Setelah biji Kakao difermentasi selama 56 hari, selanjutnya proses penjemuran di bawah sinar matahari, lalu dianalisa di Laboratorium Pengujian Balai Besar Industri Hasil Perkebunan Makassar pada bulan Mei-Juli, 2016. Parameter pengujian dilakukan sesuai dengan syarat umum dan syarat khusus mutu biji kakao SNI 2323-2008.

Hasil penelitian menunjukkan, biji Kakao fermentasi 5 dan 6 hari belum dapat memenuhi syarat mutu kadar air berdasarkan syarat umum SNI 2323-2008, sedangkan berdasarkan syarat khusus SNI 2323-2008, biji Kakao fermentasi belum memenuhi syarat mutu untuk kadar kotoran. Berdasar syarat khusus, biji kakao fermentasi 5 dan 6 hari hasil penelitian dari Kab. Luwu termasuk mutu III.

Adapun beberapa faktor yang dapat mempengaruhi proses fermentasi yaitu lamanya fermentasi, keselarasan terhadap kecepatan pengadukan atau pembalikan, aerasi, iklim, kematangan buah, wadah dan kuantitas fermentasi.

Source:

Karakteristik Mutu Biji Kakao (Theobroma cacao L) Dengan Perlakuan Waktu Fermentasi Berdasar SNI 2323-2008; oleh Melia Ariyanti. Jurnal Industri Hasil Perkebunan Vol. 12 No. 1 Juni 2017: 34-42.

 

Call Kakao Indonesia 

+6285395459624

+6285395459624 (WA)

kakaoindonesia1@gmail.com

versi

English French German Italian Portuguese Russian Spanish